KPK Minta Publik Sabar Terkait Dugaan Gratifikasi Kaesang

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat untuk bersabar menunggu proses pembuktian terkait dugaan penerimaan gratifikasi yang melibatkan Ketua Lumrah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, yang juga merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo.

Juru bicara KPK, Tessa Mahardika, dalam keterangannya pada Sabtu (14/9), menjelaskan bahwa penanganan dugaan gratifikasi terhadap Kaesang kini telah difokuskan pada Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM).

“Dugaan gratifikasi saudara K sudah difokuskan proses penanganannya di Direktorat PLPM terkait pelaporan yang masuk,” ujar Tessa.

Baca juga : Sindir Jokowi, Nawawi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden Ketimbang KPK

Menurut Tessa, proses tersebut bersifat rahasia sehingga KPK tidak dapat mengakses rincian lebih lanjut mengenai siapa saja yang dipanggil untuk diperiksa. “Saya tidak diberi akses informasi karena bersifat rahasia. Jadi saya tidak tahu siapa yang dipanggil, kapan, materinya apa dan sebagainya. Jadi kita tunggu saja prosesnya,” ungkapnya.

Cek Artikel:  Antusias Masyarakat Tinggi Pemilu 2024 Sukses

Tessa menambahkan bahwa Direktorat Gratifikasi KPK telah menyerahkan semua bahan-bahan yang terkumpul kepada Direktorat PLPM, yang saat ini menangani laporan tersebut. Kaesang dan Bobby Nasution, menantu Presiden Joko Widodo, dapat melakukan klarifikasi terkait dugaan gratifikasi melalui website KPK.

Laporan terhadap Kaesang disampaikan oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaidilah Badrun, pada Rabu, 28 Agustus 2024. Mereka melaporkan Kaesang atas dugaan tindak pidana korupsi terkait penerimaan gratifikasi dalam bentuk fasilitas jet pribadi.

KPK juga menyebutkan adanya laporan atas nama Bobby Nasution, tetapi tidak mengungkapkan identitas pelapornya.

Sebelumnya, muncul video yang menunjukkan Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, menggunakan jet pribadi jenis Gulfstream G650 dengan nomor penerbangan N588SE dalam perjalanan ke Amerika Perkumpulan. Ketika perhatian publik masih tertuju pada jet pribadi tersebut, muncul juga foto menantu Presiden, Bobby Nasution, dan istrinya Kahiyang menggunakan jet pribadi. Foto tersebut diambil di eks Bandara Polonia Medan yang kini berfungsi sebagai Lanud Soewondo. (Z-8)

Cek Artikel:  PBNU Dukung Kemenag soal Penayangan Azan Diganti Running Text saat Misa Kudus Paus Fransiskus

Mungkin Anda Menyukai