Harga Minyak Naik di Tengah Kekhawatiran Konflik Timur Tengah dan Badai AS

Ilustrasi. Foto: Unplash

Kuala Lumpur: Harga minyak naik pada hari Selasa di tengah kekhawatiran bahwa konflik yang meningkat antara Israel dan Hizbullah.

 

Konflik itu dapat berdampak pada suplai di wilayah penghasil utama di Timur Tengah dan badai tropis dapat berdampak pada produksi di Amerika Perkumpulan (AS).

 

Melansir Channel News Asia, Selasa, 24 September 2024, harga minyak mentah berjangka Brent untuk November naik 21 sen, atau 0,3 persen, pada USD74,11 per barel pada 0030 GMT. Minyak mentah berjangka AS untuk November naik 24 sen, atau 0,3 persen, pada USD70,61.

 

Kedua kontrak ditutup lebih rendah pada hari Senin karena kekhawatiran permintaan menjadi perhatian utama investor setelah aktivitas bisnis zona euro yang mengecewakan dan karena kekhawatiran yang masih ada tentang konsumsi bahan bakar Tiongkok.
 

Cek Artikel:  Rumah Milenial Parkland Podomoro Karawang Ludes Terjual


Ilustrasi kegiatan offshore industri migas. Foto: Freepik

 

Militer Israel mengatakan telah melancarkan serangan udara terhadap situs-situs Hizbullah di Lebanon pada hari Senin, yang menurut pihak berwenang Lebanon telah menewaskan 492 orang dan membuat puluhan ribu orang mengungsi untuk menyelamatkan diri pada hari yang paling mematikan dalam beberapa dekade terakhir di negara itu.

 

Israel dan Hizbullah, sebuah kelompok yang didukung Iran yang berbasis di Lebanon, saling tembak setelah ribuan pager dan walkie-talkie yang digunakan oleh para anggota Hizbullah meledak pekan lalu. Serangan tersebut secara luas disalahkan pada Israel.

 

Hizbullah telah bertukar tembakan dengan pasukan Israel di sepanjang perbatasan sejak sekutunya, Hamas, di Gaza dan Israel berperang pada tanggal 7 Oktober.

Cek Artikel:  Tren Pertumbuhan Industri Waralaba Jadi Kesempatan yang Menjanjikan

 

“Pasar minyak telah mengkhawatirkan bahwa meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut menyeret produsen minyak OPEC lebih dekat ke keterlibatan,” kata bank ANZ dalam sebuah catatan, mengacu pada Iran.

 

“Para pedagang juga mengawasi cuaca. Pantai Teluk AS berisiko terkena serangan badai pada akhir pekan ini seiring dengan menguatnya cuaca bergejolak di Atlantik.”

 

Para produsen minyak AS mengevakuasi para staf dari anjungan produksi minyak Teluk Meksiko karena para peramal cuaca memperkirakan badai besar kedua dalam dua minggu ini akan menghancurkan ladang-ladang minyak lepas pantai.

 

Pusat Badai Nasional AS mengatakan bahwa badai tropis yang potensial di sebelah tenggara ujung barat Kuba diperkirakan akan berkembang menjadi badai pada hari Rabu dan meningkat dalam 72 jam ke depan saat bergerak melintasi Teluk Meksiko bagian timur.

Cek Artikel:  Berlatih Mengelola Aset Bermasalah Agar tidak Dilikuidasi

Mungkin Anda Menyukai