Infertilitas Pria Penyebab, Pengaruh, dan Langkah Mengatasinya

Infertilitas Pria: Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi – Infertilitas pria, yang ditandai dengan penurunan jumlah atau kualitas sperma, merupakan penyebab sekitar 50% dari kasus ketidaksuburan pasangan.(freepik)

MENDAMBAKAN buah hari dalam pernikahan tentunya menjadi impian hampir setiap pasangan suami istri. Tetapi masalah kesuburan atau fertilitas tidak hanya dialami oleh perempuan. Pria juga bisa mengalami hal tersebut.

Secara klinis, infertilitas pria diartikan sebagai ketidakmampuan seseorang yang memiliki sistem reproduksi pria untuk membuahi pasangan seksualnya yang memiliki sistem reproduksi perempuan.

Barrett Cowan, MD, ahli urologi reproduksi jaringan CCRM Fertility dan salah satu pendiri Posterity Health, mengatakan ketidaksuburan pria diwakili penurunan jumlah sperma atau penurunan kualitas sperma. 

Baca juga : Mortalitas Kanker pada Pria Diperkirakan Meninggkat Hingga Pahamn 2050

“Dalam 10% kasus yang kami lihat, pria dengan infertilitas didiagnosis dengan kondisi kesehatan lain yang mendasarinya,” jelasnya.

Cek Artikel:  7 September Hari Tenun Nasional, Yuk, Mengenal Lebih Dekat Ragam Tenun Nusantara dan Tantangannya

Penelitian menunjukkan sekitar 50% pasangan yang tidak dapat hamil diperkirakan akibat infertilitas pria. 

“Selama ini ada kecenderungan untuk berfokus pada pasangan perempuan dalam hal ketidaksuburan,” Dr. Dubin menjelaskan, “tetapi pria juga bisa mengalami ketidaksuburan.”

Baca juga : Dua Teknologi Ini Tingkatkan Keberhasilan Bayi Tabung

Infertilitas pada pria bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari hal yang disebabkan oleh kendali diri sendiri seperti merokok ataupun vaping. Tetapi masalah genetik juga bisa menjadi penyebab infertilitas. 

Masalah genetik ini biasanya mempengaruhi proses kerja organ reproduksi seperti adanya penyumbatan sperma.

Infertilitas dapat diatasi dengan cara yang dianjurkan dalam pengobatannya. Rekomendasi seperti terami hormon, prosedur pembedahan, hingga membatasi diri dalam penggunaan rokok atau vape untuk gaya hidup.  Melakukan analisis untuk pengobatan lebih lanjut pun bisa dilakukan untuk mengatasi infertilitas. (Parents/Z-3)

Cek Artikel:  Penduduk Antusias Ikut Program Nikah Terpadu di MTQN ke-30

Mungkin Anda Menyukai