7 Bahaya Terlalu Lamban Tidur

7 Bahaya Terlalu Lama Tidur
Berikut bahaya terlalu lama tidur(freepik)

TIDUR merupakan salah satu cara untuk beristirahat setiap harinya. Tetapi jika terlalu banyak tidur hal tersebut tidaklah baik.

Terlalu lama tidur, juga dikenal sebagai oversleeping, dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental.

1. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Studi menunjukkan bahwa tidur lebih dari 8-9 jam per malam secara teratur dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Tidur berlebihan dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan masalah jantung lainnya.

Baca juga : Catat! Ini 4 Akibat jika Keseringan Tidur Larut Malam

2. Memicu Depresi

Terlalu banyak tidur bisa menjadi gejala sekaligus pemicu depresi. Orang yang tidur lebih dari 9 jam cenderung mengalami penurunan kualitas hidup dan penurunan fungsi mental yang dapat memperburuk gejala depresi.

Cek Artikel:  Integrasi Akademik dan Nonakademi Pusat perhatian Pengembangan Holistik Mahasiswa

3. Meningkatkan Risiko Obesitas

Tidur yang terlalu lama dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas. Kurangnya aktivitas fisik akibat oversleeping dan gangguan metabolisme bisa berkontribusi pada peningkatan berat badan.

4. Meningkatkan Risiko Diabetes

Tidur lebih dari 9 jam per malam dapat mengganggu keseimbangan hormon dan metabolisme, meningkatkan risiko resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Baca juga : Pengaruh Penggunaan Ponsel Terhadap Tidur Anak dan Kesehatan Mental

5. Menyebabkan Lara Kepala

Tidur terlalu lama dapat memicu sakit kepala, terutama pada orang yang cenderung mengalami migrain. Ketidakseimbangan neurotransmiter, seperti serotonin, saat oversleeping bisa menyebabkan sakit kepala.

6. Meningkatkan Risiko Gangguan Mental

Tidur berlebihan juga dikaitkan dengan gangguan kognitif dan penurunan fungsi otak, termasuk gangguan memori dan masalah konsentrasi. Terlalu banyak tidur bisa mempercepat penurunan fungsi mental, terutama pada usia lanjut.

Cek Artikel:  DPR Minta Perusahaan Penuhi Hak Pekerja yang di-PHK

7. Mengganggu Kesehatan Punggung dan Postur Tubuh

Menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat tidur dapat menyebabkan masalah pada otot punggung dan postur tubuh. Ketegangan dan ketidaknyamanan pada otot punggung bagian bawah bisa timbul karena tidur dalam posisi yang tidak tepat atau terlalu lama tanpa aktivitas fisik.

Buat menjaga kesehatan, disarankan tidur dalam rentang waktu yang ideal, yaitu sekitar 7-9 jam per malam untuk orang dewasa. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai