liputanindo.com – Yamaha memang konsern sekali di Pengembangan Sepeda motor roda tiga Khususnya dengan dua roda di depan. Setelah mencoba pertama kali dengan mesin 125 cc, Naik ke 155 cc dengan Brand Tricity, bahkan terakhir sempat Membangun Niken yang menggunakan Mesin MT09 dan tentunya Tricity 300 yang berbasiskan Pengembangan dari XMAX. Dan kali ini Mereka terlihat sedang mempersiapkan Sosok Derivatif berikutnya dari Skuter roda tiga dengan basis Skuter sport TMAX 560. Basis dan Root dari TMAX Pandai dilihat dari jenis Sasis Istimewa yang digunakannya sob dan Juga penggunaan swingarm sebagai kaki kaki belakang . .
Kalau di tricity Berbasis mesin 125 cc, 155cc dan 300 cc scooter Tamat bahkan Niken, Yamaha menggunakan sistem di mana hadir dua suspensi teleskopik di masing masing dari dua roda depan yang dipasang pada sepasang tautan Pivot paralel yang memungkinkan mereka memiringkan sepeda motor Sembari menjaga kedua roda di trotoar. Sistem Ini terbukti efektif tetapi Terdapat ‘harganya’ yakni berkontribusi pada ujung depan yang berat dan pusat gravitasi yang mengarah ke Bagian depan.
Sepertinya Yamaha Menyantap Masalah ini dan Buat sebuah Skuter sport butuh CoG yang lebih balance, Sehingga mereka terlihat sedang melakukan pendekatan sistem baru pada dua roda depan di Skuter roda tiga berbasis TMAX ini. Terlihat di Gambar patent, Yamaha menggunakan Model Double Wishbone yang awalnya dipatenkan oleh perusahaan teknologi Norwegia Brudeli, menghilangkan Suspensi teleskopik dan lebih menggunakan Dual Shock di sana
Tetapi begitu sebenarnya ini bukan pertama Kali Yamaha Membangun desain Dengan pengunaaan Double Wishbone. Tercatat pada gelaran Tokyo Motorshow 2019 yang Lewat, liputanindo Menyantap dengan mata kepala sendiri di Booth, sosok Kendaraan Listrik Konsep MW-Vision Juga menggunakan Double Wishbone yang mirip dengan apa yang didesain pada gambar patent di atas. So akankah kita lihat 2021 TMAX beroda tiga dengan nama mungkin Tricity 560 hadir ?
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo