Wirausaha Muda Harus Go Digital demi Tembus Pasar Dunia

Wirausaha Muda Harus Go Digital demi Tembus Pasar Global
Pasar global wirausaha muda(MI)

WIRAUSAHA muda perlu memperluas pasar mereka ke tingkat global. Hal ini tentu butuh dukungan untuk mendorong para pengusaha muda yang memiliki keterbatasan modal namun memiliki ambisi besar untuk menembus pasar internasional.

“Buat mendukung wirausaha muda, Alibaba.com memperkenalkan solusi inovatif berupa Dunia Gold Supplier (GGS) Lite, agar mereka lebih mudah tembus pasar global,” kata Country Manager of Alibaba.com Indonesia Jessie Lee kemarin.

Menurut Jessie, salah satu keunggulan dari GGS Lite adalah kemampuannya untuk menyediakan data analitik yang mendalam tentang tren pasar dan preferensi konsumen dengan harga terjangkau. 

Baca juga : Sasaran Digitalisasi UKM Tak Tercapai, Menkop UKM Teten: Kita Kalah Saing

Fitur ini sangat penting bagi wirausaha muda yang masih mempelajari dinamika pasar internasional. Dengan memanfaatkan data ini, mereka dapat lebih tepat sasaran dalam menentukan strategi pemasaran dan penjualan, sehingga dapat meningkatkan peluang sukses di pasar global,

Cek Artikel:  Jasa Raharja Lakukan Kerja Sama dengan Jasaraharja Putera

Sementara Siswadhi Pranoto, seorang penggiat digital marketing dan pengusaha lokal yang telah melakukan transformasi digital di perusahaannya menyatakan, 

“Go digital bukan lagi pilihan bagi UKM Indonesia, optimalisasi digital bagi UKM adalah sebuah keharusan terutama dalam mendorong UKM naik kelas,” kata dia.

Menurut dia, melalui platform-platform B2B berkelas dunia seperti Alibaba.com akan menjadi upaya efektif memasukkan produk UKM ke dalam radar global buyer.

“H melalui digital commerce berskala international maka akan terjadi hilirisasi yang strategis bagi UKM untuk go global,” tutupnya. (Z-10)

Mungkin Anda Menyukai