[VLOG] Test Ride KLX 230SM . . . Supermoto Yang ‘Proper’

liputanindo.com – Disela-sela dua kali menyambangi sirkuit Mandalika, sebenarnya di liputanindo news-room hadir satu motor bergenre supermoto terbaru pinjaman dari PT Kawasaki Motor Indonesia yakni Kawasaki KLX 230 SM SE Corak ebony. Secara Lumrah pada dasarnya KLX 230 SM ini adalah versi supermoto dari KLX 230 series. Hal ini Pandai dilihat dari penggunaan jenis ban yang berbeda yakni ban street on road dengan ukuran 110/17 di roda depan dan 140/17 di roda belakang. Tetapi begitu Kawasaki Enggak seenaknya hanya semata-mata mengganti velg dan ban dari KLX 230 ke velg ring 17 inci. Lampau selesai. Suspensi Kepada varian supermoto dibuat oleh Showa dengan model yang dedicated Kepada supermoto/supermotard.

Yes, agar KLX230 SM series nyaman dibuat berkendara di jalan aspal, maka velg depan dengan lebar 3 inci dan belakang lebar 3,5 inci menandakan velg motor ini berukuran lebih lebar dibanding tipe KLX versi trail. Suspensi juga diseting berorientasi aspal jalanan sehingga mencakup pegas yang lebih kaku dan dengan travel yang lebih pendek dibandingkan suspensi long-travel Punya KLX230S (depan: 204mm & belakang: 168mm).

Cek Artikel:  Indonesia Raya berkumandang, Afridza Pemenang race 2 ATC Seri Sepang 2019 . . . Adenanta Podium dua

Rasanya gimana? Dengan dimensi ban depan 17 inci, liputanindo merasakan riding KLX230 SM agak sedikit berbeda ergonomi dari dibandingkan KLX 230 trail. Jadi lebih menukik ke arah depan walaupun gaya duduknya tetap dengan lengan melebar, tegak dan terkesan gagah. Dengan ‘agak menukik’ ini feel handling dalam keadaan Stagnan KLX 230 SM jadi terasa aura street bike pada umumnya.

Sektor suspensi walaupun sudah dibuat lebih kaku dari versi trail, Tetapi Begitu liputanindo mencoba mengendarainya Bagus di lintasan tanah maupun jalan raya, bagian suspensi KLX230 SM tetap jauh lebih lembut dibandingkan motor streetbike kebanyakan/ pada umumnya Bagus depan maupun belakang.

Ayunan suspensinya lembut puol Tetapi feeling pengereman terutama depan jauh lebih pakem dari pada versi trailnya. Ini Jernih logis karena memang versi supermoto ini dibuat lebih berorientasi aspal dimana rem depan jauh lebih Esensial bila dibandingkan motor trail.

Cek Artikel:  Race Moto3 CEV Albacete 2016 . .. Lorenzo Dallaporta Pemenang, Andi Gilang Crash

Tampangnya sendiri sih khususnya KLX 230 SM yang liputanindo Guna Corak ebony. Kombinasi dengan Corak emas di body, suspensi depan dan juga velg alumunium menambah elegan motor supermoto Kawasaki ini. Ini juga diperkuat dengan kehadiran lampu LED model terbaru di bagian muka.

Begitu pengetesan liputanindo juga mengalami kemacetan di sekitaran jalan Soleh Iskandar kota Bogor yang diakibatkan fenomena hadirnya lubang sebesar lubang sumur di tengah jalanan. Sendat, Tetapi bobot motor seberat 137 kg dari KLX 230 SM yang Tetap setara dengan motor-motor kelas 150-an cc Membangun motor ini tetap lincah dibuat meliuk-liuk di tengah kemacetan jalanan kota Bogor.

Lampau Kalau berbicara soal mesin KL230SM yang menggunakan mesin single silinder Infus berkubikasi 233cc SOHC 2-klep dengan sistem pendingin udara, ini mesinnya sudah terasa galak dari RPM Dasar atau putaran mesin awal. Walaupun nggak cocok buat Kepribadian liputanindo, Tetapi mungkin Kepribadian KLX 230 SM ini akan sangat cocok buat rekan-rekan sekalian yang punya gaya berkendaranya cukup agresif.

Cek Artikel:  PT Piaggio Indonesia Formalkan Dealer Motoplex 4 Brands di Bandung

Tetapi unit yang dipinjamkan kepada liputanindo setelan langsamnya sangat tinggi. Efeknya selain agak Ribut Begitu motor dalam keadaan berhenti dan tentunya Enggak irit bahan bakar karena pada Begitu motor berhenti RPM meraung tinggi juga mengakibatkan engine brake Begitu tutup gas menjadi kurang terasa.

Mesin berkarakter bore x stroke 67.0 x 66.0 mm alias near square lebih ke arah overbore terlihat Tetap bengis buat yang senang betot Percepatan. Power maksimum on-crank 18,7 hp pada 7.600 RPM dengan torsi besar 19,8 N.m diperoleh di RPM yang Enggak terlalu tinggi yakni 6.100 RPM, cukup banget buat diajak riding harian Tiba kepada Kepada touring/adventure/cross country. Selain stasioner langsam yang sedikit ketinggian, KLX 230 SM ini buat liputanindo adalah sebuah motor supermoto yang ‘proper‘.

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

 

Mungkin Anda Menyukai