VLOG : Kupas Tuntas Yamaha R25-YRI Spek AP250 ARRC 2020

liputanindo.com – Tahun 2020 ini Yamaha Racing Indonesia seperti yang sudah dirilis pekan Lampau menghadirkan dua pembalap di kelas AP250 ARRC 2020, yakni kombinasi Wahyu Nugroho dan Anggi Setiawan. Keduanya menggunakan Yamaha R25 buatan pabrikan YIMM di Indonesia. Nah di kesempatan itu pula liputanindo berhasil Menyaksikan dari dekat spek Yamaha R25 yang akan dipakai keduanya selama semusim penuh dan mungkin sepertinya juga akan Dapat merefleksikan apa yang akan dipakai YRI pada kejuaraan Indonesia Motorsport Series (IMS) 2020 nanti. Cekidot deh sob.

Yang pertama tentu soal Front Cowl-nya nih sob. Walaupun menurut regulasi memang diperbolehkan mendesain bebas Front Cowl seperti yang tertuang di pasal 2.2.13 yang berbunyi: The Fairing is FREE, with the exception of carbon fiber, kevlar and similar exotic fibers materials for the fairing are not allowed, Tetapi Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini YRI memilih menyamakan front cowl/fairing depan Yamaha R25 yang dipakai di AP250 dengan style produksi massal dari R25.

Perbendannya adalah Apabila pada produksi massal lubang di tengah Front Cowl hanya mengarahkan angin ke radiator, Tetapi pada versi balap YRI, moncong ini di dalamnya Eksis sepasang tunnel yang liputanindo perkirakan via tengah (melalui sisi samping kedua batang suspensi) akan menuju Air Box Filter.

Walaupun regulasi mengatakan (pasal 2.2.5) ”Top bridge/yoke may be replaced/modified“ . Tetapi bagian yoke atas R25 AP250 YRI 2020 Lagi Mengenakan standar sesuai pasal 2.2.5 juga yang berbunyi ”The front suspension system must remain as originally manufactured for production models. Quantities of damper(s) & spring(s) must be same or less as originally manufactured for production models “. Tetapi coba sobat cek deh, secara detail suspensi depannya sudah berubah dari R25 standar diler.

Cek Artikel:  Motor Ikonik Honda ST125 Dax Tampil Makin Aneh dan Beda di IMOS 2024

Pipa bagian luarnya Lagi standar Tetapi internal berupa spring disinyalir kuat sudah berubah dengan pengaplikasian spring dengan setting-an preload dan compression. Dan hal ini di regulasi (pasal 2.2.5) pun disebutkan bahwa: ”Fork caps (on the top of the forks) can be modified or replaced to allow for external adjustment of spring pre-load and/or damping”. Sinyalmen detail produk jeroan suspensi depan yang dipakai oleh R25 YRI adalah dari Ohlins.

Mengenai suspensi belakang terlihat Yamaha R25 ini menggunakan suspensi yang cukup advance yakni Ohlins TTX (entah tipenya seri berapa) dengan full adjutable dan ber-sub tank gas. Berkualitas suspensi depan maupun belakang Ohlins ini sudah pula diberikan stroke sensor Kepada mengetahui seperti apa Kepribadian lendutan suspensi via data logger yang di salurkan ke Data Acquisition System (DAS) ECU.

Cek Artikel:  Afridza Munandar Kembali Raih Podium Buat Indonesia Race 2 Asia Talent Cup Thailand 2019

Yamaha R25 YRI ini menggunakan velg rim alumunium forged dari Galespeed Made in Japan, Dekat mirip dengan apa yang digunakan oleh kebanyakan team seperti Yamaha Thailand ataupun AHRT. Dimana pada roda bagian depan ukuran 3.0 inchi belakang ukuran 4,5 inchi. dan memang regulasi memperbolehkan bahan material forged alumunium Kepada velg racing di AP250, yang nggak boleh adalah Apabila menggunakan magnesium atau bahkan Tiba carbon. Steering damper digunakan di R25 YRI AP250 tahun 2020 ini. Dan menurut regulasi pasal 2.2.5 pun diperbolehkan sepanjang Tak berlaku sebagai ”steering lock limiting device”.

Dapat sobat lihat juga di pedal tuas pemindahan gear/gigi tanpa kabel Quick Shifter. Sistem ini biasanya Kepada kelas AP250 nanti Eksis, Tetapi Kepada versi launching belum dipasang. Dengan Quick Shifer akan Membikin pembalap Dapat melakukan clutchless gearshifting atau proses pemindahan gigi Segera bahkan tanpa menekan /meng-adjust kopling dengan tuas kopling di handle kiri.

Cek Artikel:  Bahaya Telat Ganti Oli Motor, Segera Bawa ke Bengkel bila Terdapat Tanda-tanda ini

Sistem gas buang menggunakan merk Sakura, modelnya sih mainstream, bulat oval dan panjang. Berkualitas header pipe dengan diameter besar dan model silencer panjang sepertinya memang dibuat Kepada mengejar kitiran mesin di RPM tinggi dimana memang Dekat seluruh track di ARRC sudah menggunakan track permanen Dunia yang Mempunyai banyak straight.

Panel buat gas Di R25 YRI AP250 2020 sudah menggunakan semacam gas spontan, dan panel-panel saklar pun sudah diganti bentuknya. Hal ini memang diperbolehkan oleh regulasi seperti tercantum di pasal 2.2.12 yang berbunyi: “Switches may be removed but electrical starter switch and engine stop switch must be located at the handle bar quick throttle are allowed.”

Footpeg yang dipakai oleh R25 YRI Mengenakan performance racing parts dari Racing Boy dengan pijakan yang rigid – Tak Dapat lipat Tetapi secara Biasa adjustable dimana posisinya Dapat di ubah-ubah sesuai postur rider. Mengacu pada regulasi pada pasal 2.2.12 yang berbunyi ”Foot controls may be re-positioned but the brackets must be fitted to the original mounting points. Foot rests may be rigid or folding“.

Taufik of BuitenZorg

Mungkin Anda Menyukai