liputanindo.com – Seperti Kita ketahui bahwa Kemarin, Yamaha Indonesia secara Formal telah merilis All new Yamaha YZF-R15 Connected dan R15M Connected ABS Kepada pasar Domestik Indonesia. R15M Connected-ABS sendiri dibanderol Rp 43,5 juta OTR Jakarta sedangkan R15 Connected Rp 38,9 juta OTR Jakarta. Selain keduanya Eksis juga varian All New R15M Connected-ABS edisi terbatas World Grand Prix 60th Anniversary livery yang dibanderol Rp 44,100 juta OTR Jakarta. Mengenai bentuknya Kita tentu tak Kaget Tengah Karena beberapa Bulan yang Lewat Yamaha India sudah lebih dulu meluncurkan motor ini. Tetapi Rupanya setelah liputanindo simak lansgung secara fisik versi R15 Connected yang akan dijual di Indonesia Eksis perbedaan dengan Versi India sob.
Update paling kendara alias Paling signifikan tentu saja dari desain bodywork/ Fairing baru yang secara uum menurut liputanindo mengikuti pola Corporate Design yamaha Yang Ketika ini hadir di YZF-R1 dan YZF-R7.
Lampu Primer yang kini di tengah menggunakan LED Projector dan dipermanis dengan kehadiran sepasang LED DRL di samping kiri dan kanannya. Lampu Primer ini ditempatkan Ngumpet di dalam sebuah Lubang berbentuk Hurup M . . di Spot ini memang terkesan R7 Banget
Perbedaan Pertama Jernih adalah klaim Power Maksimum yang diukur di Crankshaft dimana pada R15 Versi India hanya tertera 18,5 hp di 10.000 rpm dengan torsi 14,2 Nm di 7.500 rpm. Sementara YIMM mengklaim Kepada R15 Connected versi Indonesia Dapat Mempunyai Power Maksimum On-Crank yang lebih besar Separuh hp atau lebih tepatnya 19 dk pada 10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm di 8.500 rpm.
Yap dari perbedaan data di atas sudah Dapat dilihat bahwa R15 Connected Indonesia lebih menghasilkan Torsi Maksimum lebih besar walaupun berada di RPM yang berbeda 1000 kitiran. Tetapi ini Jernih Kuncinya, Power adalah Perkalian antara Torsi dan RPM, dan Karena beda standar emisi antara Indonesia ( Euro III) dan India (Bharat IV) ini Membangun Setup mesin R15 di India terutama bentuk dari Bagian catalytic converter pada knalpot lebih ‘dikekang’ agar emisi gas buangnya lebih bersahabat. Efeknya tentu torsi maksimum jadi turun dan Ini pula yang menyebabkan Power maksimumnya juga akan turun.
Perbedaan selanjutnya Eksis di fitur khususnya di Dashboard yang jauh berbeda antara R15M Connected ABS & R15 Connected. Jika sudah Menggunakan Assist & Slipper Clutch dengan desain Body yang sama, R15 Connected Indonesia hanya djejali Y-Connect tanpa TCS, ABS, dan QS. Bahkan Kepada R15 connected, Spidometer pun Lagi Guna Model bentuk fisik generasi sebelumnya Jika sudah support fitur Y-Connect.
Kepada Versi Indonesia Khususnya di Yamaha R15M hadir pembeda lanjutan yakni hadirnya fitur Big Bike Engine Switch Off. Bentuknya Memag mirip engine Kill Switch pada varian R15 Connected namuntombol ini Juga Mempunyai fungsi sebagai tombol starter selain engine cut off.
Total tombol ini punya 3 fungsi :engine cut off, standby, dan starter. Pindahnya Tombol Starter dari Dasar ke Fitur Saklar ini dilakukan Juga karena hadirnya saklar saklar tambahan pada panel sakelar yang Mempunyai fungsi lain yakni mengubah ubah informasi MID pada Panel Dahboard Khususnya Trip Info, wihh sudah mirip saklar di XMAX dong kalo gitu?
Sesuatu yang keren Juga hadir di Yamaha R15M adalah Fitur elektronik Quick Shifter. Fitur ini dapat Membangun pengguna R15 Connected dan R15M Bukan perlu Tengah menarik Tuas rem ketika Meningkatkan Gear. Eksis rangkaian Elektronik di sana Yang akna memberitahukan Komputer Motor ( ECU ) Kepada mengkondisikan Mesin sehingga Dapat Kondusif melakukan Perpindahan gear walaupun tanpa mengendorkan jepitan antara pelat pelat Kopling di gearbox. Tetapi begitu Quick Shifter di R15M Bukan di bekali fitur Auto Blipping sehingga tetap butuh tarik tuas kopling Ketika menurunkan gear.
Fotur lain adalah Traction Control ( TC ) dimana Sistem ini berjalan Automatis di motor Kepada mendeteksi perbedaan speed rotasional dari Roda depan dan belakang. Kalau terjadi perbedaan yang signifikan Maka Sistem TC akan memberiktahukan Komputer di Motor ( ECU ) Kepada mengkondisikan sistem FI yakni menghentikan sesaat Semprotan injector bbm Tiba ditemukan Kesamaan kembali speed rotasional antara roda depan dan belakang. Karena Pengukuran speed rotasional dilakukan di depan dan belakang, maka ini pun akan Membangun r15M juga Mempunyai Sistem ABS dual Channel yang independent antara Roda depan dan Roda belakang.
So dengan perbedaan 4,6 Juta maka Konsumen R15M Connected ABS akan memperoleh beberapa kelebihan dibanding R15 Connected Perbedaan itu adalah Grafis yang lebih Racing dengan Grafis M seris dan tentunya WGP60 th Kalau mau nambah sedikit lai dan tentunya Fitur Fitur seperti Moge Look Switch Off, Pebedaan di Dashboard, Quick Shifter, TC dan ABS . . Worthy sih . . Kalo ngeteng pastinya akan jauh lebih mahal . . . Akhir kata, R15 Connected Series ini memang Betul Betul All-Out banget dan tentunya Menancapkan standar baru Kepada Motor sport Full Fairiang 150 an cc
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo
Yamaha r15 Connected
Yamaha R15M Connected ABS