[ VLOG ] Kupas Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R MY2021 . . OverKill Banget !

liputanindo.com – Sobat sekalian, akhirnnya Hari ini Via sebuah acara Launching Virtual, Kawasaki Motor Indonesia Formal merilis Kawasaki Ninja ZX-25R dan Kawasaki Ninja ZX-25R ABS-SE MY2021 salah satu motor yang paling ditunggu tunggu di 2020 ini. Ini artinya Dekat 9 bulan lamanya semenjak liputanindo Menonton langsung Fisik sosok Ninja ZX-25R di TMS 2019. Dan Rupanya menurut liputanindo segala ekspektasi terjawab dengan banyak kekaguman akan sosok yang menandakan kembali Lahirnya ( reborn) era motor sport full fairing 250 cc empat silinder yang pernah hadir di awal tahun 1990-an ini.

Langsung saja kita bicarakan soal mesinnya sob. Kawasaki menggunakan mesin 4 silinder segaris 249,8 cc berpendingin cairan DOHC dengan raungan putaran mesin Mengungguli 17 ribu rpm. Dimensi Bore x strokenya sudah sangat memperlihatkan bahwa ini adalah motor yang melengking tinggi Bore 60 mm dan stroke 31,8 mm. OVERBORE BANGET !!  Mesin ZX-25R ini menggunakan kompresi 11,5:1 dengan throtel body ukuran 30 mm berjumlah 4 buah, satu Buat masing masing silinder.

KMI Mengumumkan Spek Paling ditunggu Yakni Power Maksimum yang dihasilkan Ninja ZX-25R di Crankshaft Yakni 51ps ( 51 hp metric ) pada putaran Mesin 15.500 rpm dengan kondisi RAM AIR aktif. Sementara Apabila Ram Air Kagak memperoleh pasokan Udara aktif Maka Power akan sedikit turun ke 50 ps . . . Tapi tetap saja 50 ps Bilangan yang Cocok Cocok tinggi Buat kelas Motor sport 250 cc sob. Sebuah pencapaian yang Terang akan menasbihkan Kawasaki Ninja ZX-25R sebagai 250 cc Sport Produksi paling Powerful Ketika ini. Buat torsinya ZX-25R menyentuh Bilangan 22,9 Nm di putaran mesin 14.500 rpm.

Nah Potensi Power yang boleh dibilang sangat tinggi ini diperkuat dengan aspek lain yang akan Membikin potensi ini Pandai dikeluarkan dalam bentuk Performa empiris real di trek. liputanindo mencatat Terdapat beberapa hal yakni teknologi Ride By wire ( Kawasaki menamakannya Electronic Throttel Valves ) di mana Betotan Throtel gas Kagak Kembali langsung disalurkan dari Handle Throtel ke Throtel body menggunakan Kabel baja, Tetapi menggunakan sistem elektronik Via sebuah ECU yang lebih cerdas sehingga Pandai di kembangkan sehingga Ninja ZX-25R ini Mempunyai dua mode pengendaraan yakni Mode Full dan Mode Low.

Cek Artikel:  Teaser #retrovolution Kawasaki : Z650RS atau Z250RS atau yang lain nih ?

Mesin Raungan tinggi tentu musuh utamanya adalah Panas . .. Dan sepertinya Kawasaki Juga Menonton hal ini. Mereka membenamkan radiator dengan dimensi yang lebih luas Buat ZX-25R bila dibandingkan dengan radiator standar Motor mtoor 250 cc lainnya plus ditambah Kembali sepasang air duct yang hadir di sisi kanan dan kiri fairing. Jadi Bukan Hanya angin dari depan saja yang disergap Oleh Motor, angin yang mengalir di samping juga disergap Buat Membikin Pendinginan lebih efesien Kembali.

Buat Mengakomodasi konsumen yang sudah membeli motor ini dalam memaksimalkan potensi performa ZX-25R, Kawasaki membenamkan fitur QuickShifter dua arah Upshift dan downshift dan dengan ini mereka berani klaim bahwa merekalah yang pertama di kelas 250 cc Buat fitur ini. Fitur Quick Shifter ini akan Membikin Pengendara akan merasakan adanya efesiensi waktu Bagus Ketika Meningkatkan maupun menurunkan gear yang ujungnya akan menambah Segera laptime.

Apalah artinya Power dan torsi Apabila tanpa pengendalian yang bagus. Oleh karena itu Kawasaki Kagak tanggung tanggung dalam membenamkan teknologi pengendalian dan aspek Safety dari Motor ini. Mulai dari Teknologi ABS dual channel yang independent bekerja pada roda depan maupun roda belakang Tiba teknologi Traction Control yang dikenal dengan nama KTRC. yang bikin KTRC ini Lebih spesial Kembali adalah karena ia memperoleh 3 Mode Traction control plus Satu mode di mana TC Pandai dimatikan. Ini Terang Berfaedah Ketika Balap bergantung pada Surat keterangan pengendaranya

Menurut KMI yang akan jadi daya tarik Primer dari Kawasaki Ninja ZX-25R ini adalah sensasi betotan Throtel gas, Percepatan dari tikungan ke tikungan serta sensasi sensasi lainnya yang menyenangkan Ketika putaran mesin meningkat dan raugan Bunyi dari mesin 4 silinder sejajar bergema di dalam hati konsumen Ninja.

Rangka atau frame dari Kawasaki Ninja ZX-25R ini menggunakan Jenis Trellis yang dikembangkan dan terinpirasi  dari NinjaZX-10R . . Niscaya Terdapat yang tanya, Gimana juga Frame Twinspar di ZX-10R mengnspirasi Frame Trellis pada ZX-25R ? tenang jangan Ngegas dulu . . Sudah kan sobat Mengerti bahwa twinspar dan Trellis yang di gunakan di kedua ZX ini sama sama menggunakan platform bentangan kiri dan kanan? Yap memang platformnya mirip sob dan karena kemiripan Platform ini Kawasaki mengklain Watak menikung ZX-25R ini sama dengan ZX-10R dan ZX-6R.

Cek Artikel:  Helm Shoei Teranyar Pada Shakedown Test Sepang . . Shoei "X-15" Kah?

http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2020/03/18/showa-sff-bp-kawasaki-ninja-zx-25r-yang-pertama-Guna-big-piston-di-250-cc/

Kaki kaki depan menggunakan Suspensi Showa SFF-BP ( Separate Function Fork – Big Piston ). teknologi ini kita telah bahas mendalam pada artikel sebelumnya. SFF-BP pada dasarnya adalah Sebuah teknologi Yang pernah dipakai Kawasaki Di MotoGP dan Superbike ( WSBK) dan sekarang diturunin langsung ke Motor 4 silinder 250 cc mereka.

 

Dinamakan SFF karena Fork Kanan dan Fork Kiri Mempunyai tugasnya masing masing. Fork kanan kanan ( Yang Terdapat Braket kaliper Monoblock radialnya ) hanya terdiri dari mekanisme spring saja sedangkan di bagian Fork kiri Terdapat mekanisme spring, ditambah compression dan Rebound walaupun belum Pandai disetup manual.

Sementara BP atau teknologi BIG PISTON yang digunakan merupakan sistem Damping yang difokuskan ke Performa dengan Prinsip dasar yang sebenarnya sederhana yakni dimana makin besar area bearing tekanan, Maka akan makin kecil besar tekanan yang diberikan Buat memberikan besaran redaman tertentu. Ini artinya kerja Fork akan lebih Segera merespon dan Action yang lebih Smooth Khususnya di awal Travel dari sistem Suspensi . . waw . . Bikin Kepo.

http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2020/03/19/tech-talk-spesialnya-horizontal-back-link-rear-suspension-kawasaki-zx-25r/

Di bagian suspensi roda belakang, Kawasaki Ninja ZX-25R menggunakan Model Horizontal back-Link yang menawarkan Watak Progresif yang menjadi Tanda khas handling Motor sputer sport. Platform dan mekanisme kerjanya langsung diturunkan dari Superbike ZX-10R dan Kita juga sudah pernah membahas jauh lebih dalam mengenai fitur ini di artikel Tertentu

Motor kencang tentu harus disiapkan peranti Pengereman yang Cakap Oleh karena itu ZX-25R dibekali rem depan Cakram lebar 310 mm dengan Radial-Mount Monoblock Caliper. Yap Terdapat dua Kelebihan jenis rem depan Ninja ZX-25R ini. Yang Pertama Terang Pembangunan kalpernya yang Monoblock atau di cetak dalam satu bongkahan logam sudah kita kupas mendalam di artikel Tertentu dan Afeknya akan memberikan Brake Touch yang lebih dahsyat.

http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2020/07/08/tech-talk-apa-itu-kaliper-monoblok-dan-kegunaannya/

Yang kedua adalah Kontruksi Mountingnya yang radial Mount. Kita sudah mengupas mengenai hal ini dan dari sana terlhat bahwa keuntungan dari tipe mounting ini adalah mengurangi fleksibilitas  atau torsi lateral dari baut mounting Kaliper yang dapat mengurangi performa pengereman.

Cek Artikel:  Galang Hendra Targetkan Raih Poin di WSS Portimao Portugal 2020

Sementara itu Buat rem belakang Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali kaliper Nissin Axial dengan Cakram selebar 220 mm.  Tapi tunggu dulu. Kagak berhenti di sana kawasaki memberikan pula kemudahan dengan menghadirkan Tuas rem depan yang Pandai di setup jarak main tekan nya . . yap ini Terang membantu banget secara jangkauan jari orang berbeda beda.

 

Ban adalah Salah satu Elemen yang juga menentukan Performa kencang Motor di Trek. Dan Buat Pilihan ban, kawasaki terlihat Kagak main main. Mereka mempercayakan Ban Dunlop GPR300 Radial yang sudah sudah Pelan hadir dan menurut liputanindo memang terkenal Tangkas Performanya Bagus di Kondisi kering maupun basah. Buat roda depan digunakan ukuran 110/70R17 sementara Roda belakang menggunakan tapak lebar radial ukuran 150/60R17. . .  ahhh secara Standar menurut liputanindo spek All new Kawasaki Ninja ZX-25R MY2021 ini cukup  . . Overkill !

* kedua Vlog baru akan Pandai diakses Mulai Jam 17

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

SPESIFIKASI Kawasaki Ninja ZX-25R MY2021

Spesifikasi Keterangan
Jenis Mesin Liquid-cooled, 4-stroke 4 cylinder
Sistem Pengapian Digital
System Final Drive Type Chain
Kopling Wet Multi-disc, manual Dengan quick Shifter (versi ABS)
Power Maksimum dengan RAM AIR 51 PS / 15,500 rpm
Power Maksimum 50 PS / 15,500 rpm
Torsi Maksimum 22,9 N.m / 14.500 rpm
Diameter x Langkah 50.0 x 31,8 mm
Volume Silinder 249,8 cc
Sistem Penutup DOHC, 16 valves
Sistem Pengapian Injection ( Dia 30 x 4 )
Komparasi Kompresi 11,5:1
Transmission 6-speed
Primary Reduction Ratio 2,900 (41/14)
Final Reduction Ratio 3,429 (48/14)
Suspensi Depan Telescopic fork (upside-down 37 mm) SFF-BP
Suspensi Belakang Horizontal back-Link – Gas Charged Shock
Rem Depan Single disc Monoblock radial 4 pistons Caliper /(ABS) 310 mm (ABS)
Rem Belakang Single disc 220 mm Dual piston axial mount
Roda Depan 110/70ZR17 (54H)
Roda Belakang 150/60ZR17M/C (66H)
Panjang x Lebar x Tinggi 1.980 mm x 750 x 1.110 mm
Jarak poros roda 1.380 mm
Jarak ke Tanah 125 mm
Berat ( curb mass ) 180 kg / 182 kg ABS
Kapasitas Bensin 15 Litres
Tinggi Tempat duduk rider 785 mm
Sasis Trellis High-Tensile Steel

 

Mungkin Anda Menyukai