Vilnius dan musim dingin di mata yang baru mengalaminya

Vilnius, Lithuania (ANTARA) – Sekeliling lima menit setelah tinggal landas dari Bandara Istanbul pada Selasa 6 Desember pukul 8 lewat 50 menit waktu Turki, pesawat Boeing 737 Max 9 Punya maskapai Turkish Airlines bernomor penerbangan TK1407, menembus hamparan Gugusan tak terputus.

Hamparan Gugusan tak terputus itu di Indonesia hanya Bisa ditemui Begitu musim penghujan dan itu pun tak akan pernah berkilometer-kilometer jauhnya.

Pesawat TK1407 ini mengangkasa di atas ketinggian lebih dari 10.000 meter atau 30 ribu kaki, dengan tujuan Vilnius di Lithunia di bagian utara Eropa.

Istanbul adalah transit Buat perjalanan dari Jakarta ke Vilnius yang menjadi tujuan akhir ANTARA Buat mengikuti sebuah acara bisnis tahunan yang diselenggarakan Avia Solutions Group, sebuah konglomerasi multinasional Punya swasta di Lithuania.

Boeing 737 Turkish Airlines ini terbang menyusuri bagian timur Eropa Timur mulai dari pesisir barat daya Laut Hitam, memasuki Area udara Bulgaria dan Rumania, Lewat Hungaria, Slowakia dan Polandia, Tamat tujuan akhir Vilnius yang juga ibu kota salah satu dari tiga negara Baltik pecahan Uni Soviet itu.

Waktu tempuh dari Istanbul ke Vilnius adalah 3 jam 15 menit. Waktu selama itu sama dengan waktu tempuh penerbangan dari Jakarta ke Manado di Sulawesi Utara.

Terbayang kan, betapa padatnya jumlah negara di Eropa Tamat Buat menempuh perjalanan sejauh 3 jam saja perlu melewati lima negara. Sebaliknya, tergambar Jernih betapa luas Area Indonesia.

Sebenarnya, Kalau Tak Eksis perang di Ukraina, penerbangan dari Istanbul ke Vilnius Bisa berlangsung lebih singkat dan lebih pendek, tinggal terbang di atas Laut Hitam, Lewat masuk Area udara Ukraina, kemudian mengangkasa di atas Belarus, dan akhirnya sampailah di Vilnius.

Cek Artikel:  Keindahan Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Perang di Ukraina agaknya telah Membangun Turkish Airline mengubah rute penerbangannya ke utara, ke tiga negara Baltik dan juga Finlandia. Sebenarnya lebih singkat Kalau melalui Ukraina dan Belarus, tapi tak Lamban setelah Rusia menginvasi Ukraina, pemerintah Ukraina menyatakan menutup Area udaranya dari penerbangan Dunia.

Tak cukup itu, Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) kemudian mengeluarkan ketentuan bahwa Area udara Rusia dan Belarus dalam jarak 100 mil laut dari perbatasan kedua negara dengan Ukraina, tak Terjamin Buat dilintasi penerbangan komersial.

“Khususnya karena Eksis risiko pesawat sipil menjadi Sasaran (serangan militer) Berkualitas yang disengaja maupun salah pengidentifikasian (apakah yang tengah terbang pesawat sipil atau militer Musuh),” kata EASA dalam laman euronews.com beberapa bulan Lewat.

Imbas perang Ukraina

Tak heran konflik yang sudah memasuki bulan kesepuluh itu telah Membangun sejumlah penerbangan Dunia dari arah timur dan selatan Eropa, dari Asia, Afrika dan Australia atau Pasifik Selatan, harus mengubah rute penerbangan ke sejumlah negara Eropa, termasuk di bagian timur dan utaranya.

Padahal setiap pengubahan rute penerbangan Membangun shift kerja awak kabin menjadi lebih panjang, pesawat menjadi harus mengurangi kapasitas angkut kargonya dan yang paling berat adalah konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Kalau yang terakhir ini yang harus diambil, maka penumpang pesawat juga yang terkena getahnya, yakni harga tiket yang lebih mahal dari sebelumnya.

Pokoknya, akan ke mana-mana akibat dan pembahasannya kalau sesuatu hal berkaitan dengan perang di Ukraina. Tetapi apa pun itu, perjalanan udara dari Area tenggara Eropa ke Area timur benua itu, menawarkan suasana lain yang Bisa mengasyikan, tergantung dari mana Anda melihatnya.

Cek Artikel:  Mandi Basah di Air Terjun Cimarinjung Sukabumi

Bagi ANTARA yang kebetulan menduduki kursi Cocok di sisi jendela pesawat Begitu terbang ke Vilnius, keasyikan itu memang terasa, terutama Kalau membandingkannya dengan suasana-suasana terbang bukan pada musim dingin. Dan ini memang menjadi penerbangan musim dingin pertama bagi ANTARA.

Terbang di ketinggian 37 ribu Tamat 40 ribu kaki yang merupakan batas kemampuan dan batas terbang yang dibolehkan Buat pesawat Boeing 737 dan sekelasnya, seperti yang ditumpangi ANTARA adalah juga berarti menyaksikan nuansa langit yang lain, seperti kue lapis.

Begitu pesawat Tamat ke ketinggian di atas 10 km, langit yang tadinya kelam tertutup Gugusan, berwarna biru cerah di atas lautan Gugusan tak terputus yang semakin tebal begitu si burung besi Lanjut mengepak sayap semakin ke utara.

Mungkin ini rasanya terbang di atas Gugusan, yang dalam lirik-lirik Musik lebih merupakan ungkapan puitis atau metafor. Tetapi yang ini memang harafiah, terbang di atas Gugusan.

Bulan ini belahan bumi utara, termasuk Eropa dan Lithuania, sedang memasuki musim dingin.

Tinggal landas dari bandara yang belum disentuh salju di Istanbul karena musim dingin mungkin belum Tamat ke Turki Tamat Selasa 6 Desember itu, pesawat Turkish Airlines tersebut mendarat di Bandara Dunia Vilnius dengan landasan dan suasana bandara yang putih tertutup salju.

Pesonanya memang lain, apalagi bagi first timer dan orang dari Area Tropis yang pertama kali merasakan musim dingin seperti ANTARA.

Kota masa depan

Di balik cuaca dingin menusuk tulang, bahkan begitu keluar pesawat Begitu memasuki garbarata yang menjadi jalan penghubung dari pesawat ke dalam bandara, hamparan salju yang menjatuhi Sekalian hal termasuk pesawat terbang, menjadi pemandangan yang mengesankan dan membangkitkan Tercengang.

Cek Artikel:  Pengembangan pariwisata Maluku Utara - ANTARA News

Salju Membangun Bandara Dunia Vilnius yang tergolong mungil Buat sebuah bandara Dunia itu menjadi bagaikan berada di dalam freezer kulkas.

Menurut laman Travel Guide, Bandara Vilnius adalah salah satu bandara kecil di Eropa, tetapi bandara ini juga menjadi salah satu yang berkembang Segera di benua ini.

Begitu mencoba keluar dari bandara ini, udara jauh lebih dingin Kembali siap menyambut siapa pun.

Bandara ini tak jauh dari pusat kota Vilnius, hanya Sekeliling 6 km dari pusat kota yang Normal disebut Kota Uzur Vilnius.

Sudah banyak yang menyebut kota ini kota yang indah, gabungan masa silam dan masa kini serta masa depan.

Tetapi belum Lamban ini Vilnius mengukuhkan atribut status modernnya dengan masuk daftar 25 Kota Mendunia Masa Depan, sebagai salah satu dari kota-kota dunia yang bervisi jauh ke depan.

Keindahan kota Vilnius memang tak Bisa dilihat seutuhnya selama musim dingin. Tetapi tetap saja meskipun diselimuti salju, kota yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO ini dan menjadi Ibu Kota Budaya Eropa Serempak Linz di Austria itu tetap terlihat indah Buat dilihat.

Suasana malamnya Begitu musim dingin ketika Sekalian lampu, dari lampu rumah dan gedung, Tamat lampu kendaraan dan jalan dinyalakan, terlalu sayang Buat dilewatkan.

Udara minus tiga derajat Celcius memang menyiksa Buat orang tropis seperti ANTARA, tetapi tentu saja Tak akan terlalu menyiksa Kalau berpakaian sepertinya orang Begitu musim dingin.

Tetapi sejauh ini bagi orang yang terbiasa merasakan dua musim, Vilnius, Lithuania, dan musim dingin, tetap asyik dan menantang Buat dijelajahi.

Mungkin Anda Menyukai