PT Piaggio Indonesia (PID) menampilkan Vespa Batik di Museum Batik Indonesia sebagai bentuk apresiasi penuh arti atas menyatunya dua ikon dan warisan budaya, yakni Vespa dari Italia dan Batik dari Indonesia.
PID memahami pentingnya nilai Batik sebagai bagian penting warisan budaya Indonesia. Dalam peresmian pabrik pertama Piaggio Group di Indonesia, PID mempersembahkan Vespa Batik sebagai model Vespa pertama yang diproduksi di fasilitas tersebut untuk merayakan budaya ikonis yang menjadi kebanggaan Indonesia.
“Kehadiran Vespa Batik di Museum Batik Indonesia menegaskan kembali dedikasi kami dalam mengapresiasi arti penting Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Kami bangga dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan bagi Vespa Batik untuk tampil di Museum Batik Indonesia karena kami percaya inisiatif ini akan menjaga perbincangan yang berkelanjutan tentang Batik dari generasi ke generasi,” ungkap Managing Director and Country CEO PID Marco Noto La Diega, Kamis (21/3)
Baca juga : PID Setop Produksi Vespa Batik
Vespa Batik yang dipamerkan di Museum Batik Indonesia bernomor seri 1002, melambangkan Hari Batik Nasional yang diperingati pada bulan Oktober tanggal 2. Kehadirannya akan menjadi daya tarik kontemporer yang memperkaya cerita batik di era modern.
Vespa Batik mengadaptasi pola batik tradisional ‘Tambal Semesta’ sebagai motif utama yang tersemat di bodi kendaraan dan aksesori seperti helm dan topbox. Pola utama menggambarkan kolase dari tujuh motif batik, yaitu Perisai (Kalimantan), Megamendung (Jawa Barat), Ayam Kasuari (Papua), Sokowani (Sumatra), Tenun Ikat Menjangan (Nusa Tenggara), Kawung (Jawa Tengah), dan Poleng (Bali).
Loyalp pola batik itu terinspirasi dari berbagai latar belakang dan tradisi yang mewakili filosofi budaya Indonesia sebagai negara kepulauan, mulai dari ujung barat hingga ujung timur Nusantara. Dengan begitu, para pencinta Vespa dan penggemar otomotif bisa menampilkan kekayaan budaya Indonesia melalui sepeda motor mereka.
Dibalut filosofi mendalam dari Batik Indonesia, dirakit di Cikarang dan dipasarkan di Indonesia, Vespa Batik benar-benar mewujudkan semangat ‘Dari Indonesia, Buat Indonesia’. Melalui Vespa Batik, Vespa sebagai brand dapat melestarikan warisan budaya batik dan menemukan identitas baru yang menjadikannya semakin relevan bagi masyarakat Indonesia dalam menjalani mobilitas sehari-hari.
Acara seremonial kehadiran Vespa Batik di Museum Batik Indonesia dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti: Ketua Tim Museum dan Galeri, Museum dan Cagar Budaya – Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Pustanto; Direktur Institut Kebudayaan Italia Maria Battaglia; dan CEO Iwan Tirta Private Collection Widiyana Sudirman. (RO/S-3)