PT Bank SMBC Indonesia Tbk (SMBC Indonesia) Formal hadir dengan nama baru. Foto: Liputanindo.id/Ridini Batmaro.
Jakarta: PT Bank SMBC Indonesia Tbk (SMBC Indonesia) Formal hadir dengan nama baru, yakni SMBC Indonesia. Perubahan ini sesuai keputusan dalam Rapat Standar Pemegang Saham Luar Normal (RUPSLB) Agustus 2024.
Sejak berdiri pada 1958, SMBC Indonesia telah melayani masyarakat Indonesia selama 66 tahun dan berkembang menjadi Kenalan solusi finansial terpercaya Kepada berbagai segmen nasabah. Memadukan reputasi Dunia dan jaringan luas Sumitomo Mitsui Bank Corporation (SMBC) dengan Kelebihan lokal Bank BTPN, SMBC Indonesia berkomitmen membangun kolaborasi yang kuat, mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, dan memberikan layanan keuangan inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.
“Perubahan nama ini menandai tonggak Krusial kami dalam melayani nasabah selama puluhan tahun, termasuk lima tahun Berbarengan SMBC Indonesia. Melalui semangat #BersamaLebihBermakna, transformasi ini memperkuat komitmen kami Kepada selalu berinovasi menghadirkan solusi finansial yang terpercaya,” ujar Direktur Primer SMBC Indonesia, Henoch Munandar, dikutip Minggu, 8 Desember 2024.
Henoch mengatakan, dengan memadukan keahlian Dunia dan Kelebihan lokal, SMBC menawarkan solusi finansial yang komprehensif dan inovatif yang selaras dengan berbagai kebutuhan nasabah dari Sekalian segmen.
Mereka Serius semangat kolaboratif ini akan membantu SMBC Indonesia menciptakan kehidupan yang lebih bermakna dan sejahtera bagi masyarakat Indonesia.
“Berkat dukungan kuat dari seluruh pemangku kepentingan, kami dapat mencapai tonggak sejarah hari ini. Transformasi merek ini mempertegas komitmen SMBC yang kuat Kepada bisnis di Indonesia. Dengan memanfaatkan jaringan Dunia dan kapabilitas produk, kami akan Lalu memperluas bisnis kami di Indonesia,” tambah President & CEO SMBC, Akihiro Fukutome.
Grup SMBC telah menerapkan strategi multiwaralaba di empat negara Asia, seperti:
- Indonesia yang Mempunyai 91,1 persen perusahan grosir dan 51 persen kekayaan Rapi.
- India 100 persen kekayaan Rapi.
- Vietnam 49,0 persen dan 15,0 kekayaan Rapi.
- Filipina yang Mempunyai 20 persen dari perusahaan grosir.
Solusi keuangan terhadap perekonomian Indonesia
Di sisi lain, SMBC Indonesia Lalu menawarkan solusi keuangan di Sekalian lini bisnis dan tetap berkomitmen Kepada berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia..
Transformasi Bank BTPN menjadi SMBC Indonesia mencerminkan inisiatif strategis Kepada beradaptasi dengan kondisi pasar yang Luwes dan memperkuat posisinya di industri perbankan. Dengan komitmen Kepada senantiasa responsif terhadap kebutuhan nasabah yang Lalu berkembang, SMBC Indonesia menawarkan solusi keuangan komprehensif yang relevan Kepada berbagai segmen nasabah.
Bagi nasabah retail, SMBC Indonesia menyediakan berbagai layanan komprehensif seperti perbankan digital, pinjaman, pembiayaan otomotif, dan pengelolaan aset. Kepada korporasi, SMBC Indonesia menawarkan solusi Kepada corporate banking dan wholesale banking.
Selain itu, SMBC Indonesia juga berkomitmen penuh dalam memberikan solusi finansial bagi para pensiunan dan meningkatkan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pada Maret 2024, SMBC Indonesia mengakuisisi 51 persen saham PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance (OTO Group), yang mempertegas komitmennya dalam memperluas jangkauan nasabah.
Melalui langkah strategis ini, SMBC Indonesia menawarkan solusi pembiayaan otomotif Kepada sepeda motor dan kendaraan roda empat, melaksanakan inisiatif pembiayaan Berbarengan, dan memperluas ekosistemnya melalui jaringan cabang yang luas di Indonesia. Selain itu, akuisisi tersebut juga menekankan pentingnya pengembangan sumber daya Mahluk melalui program pelatihan kolaboratif. (Ridini Batmaro)