Tren Pertumbuhan Industri Waralaba Jadi Kesempatan yang Menjanjikan

Tren Pertumbuhan Industri Waralaba Jadi Peluang yang Menjanjikan
Ilustrasi(MI)

Pertumbuhan industri waralaba di Indonesia terus menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), industri tersebut mencatatkan pertumbuhan rata-rata sebesar 10%-15% per tahun sejak 2019. 

Sektor makanan dan minuman memberikan kontribusi terbesar dalam industri tersebut. Pada 2021 saja, industri waralaba di Indonesia menyumbang sekitar 1,9% dari PDB, dengan sektor makanan dan minuman berkontribusi 58,37% dan ritel 15,31%.

Dengan ekonomi yang semakin stabil dan daya beli masyarakat yang meningkat, semakin banyak pengusaha yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis melalui model waralaba. Enggak hanya jenama lokal, banyak merek internasional yang melihat potensi besar di pasar Indonesia. 

Cek Artikel:  Klaster Pertama Ludes, Grand Wisata Bekasi Luncurkan Vicente di Klasika

Baca juga : Iklim Investasi Semakin Positif, Industri Franchise Indonesia Lanjut Bertumbuh

Sektor minuman menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat dalam industri waralaba.  Berbagai merek minuman asal luar negeri berlomba-lomba untuk masuk ke Indonesia, membawa produk unggulan mereka dan menyesuaikannya dengan selera konsumen lokal. 

Kompetisi di sektor tersebut semakin ketat. Tetapi hal ini justru menjadi katalis bagi inovasi dan peningkatan kualitas produk. Salah satu contoh jenama yang mulai dikenal adalah Bingxue, brand asal Tiongkok. 

Bingxue turut berpartisipasi dalam pameran FnB Franchise Indonesia (FFI) pada 9-11 Agustus di ICE BSD dan Indonesia Franchise, License & Business Concepts and Conference (IFRA) pada 16-18 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Cek Artikel:  Indef Sebut Bilangan Kemiskinan Era Jokowi Sekadar Berkurang 1,3 juta Orang

Baca juga : IFRA Business Expo 2023 Pacu Kesempatan Bisnis dan Kemandirian Ekonomi Capekl

Melalui partisipasinya dalam dua pameran besar ini, Bingxue memperkuat posisinya di sektor waralaba minuman. Ini membuka peluang bagi pengusaha yang tertarik untuk bergabung.

Dalam waktu kurang dari satu tahun, Bingxue telah membuka lebih dari 200 gerai, menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan di industri waralaba minuman di Indonesia. 

Pada pameran IFRA, Bingxue berhasil menarik 50 franchisee baru yang kini dalam proses mempersiapkan pembukaan toko. 

“Memperhatikan perkembangan pesat bisnis kami, tidak heran jika banyak yang tertarik untuk bergabung dan membuka bisnis Bingxue. Ketika ini sudah tercatat lebih dari 20 pebisnis yang beralih ke brand kami dan masih banyak lainnya,” tutur anggota tim Franchise Bingxue Indonesia, Andrew.
 
Bingxue Indonesia terus memperluas jaringan dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik. Kesuksesan yang diraih dalam waktu singkat ini menunjukkan potensi besar pasar Indonesia serta strategi bisnis Bingxue yang berfokus pada efisiensi.

Cek Artikel:  BRI Finance Raih Penghargaan Top SDGs Award 2024

Berkaca dari jenama tersebut, terlihat jelas bahwa industri waralaba di Indonesia menawarkan peluang yang menjanjikan bagi para investor. Sektor itu tidak hanya menawarkan potensi keuntungan yang menarik, tetapi juga berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. (Z-11)

Mungkin Anda Menyukai