Tokopedia Bawa Produk Fashion dan Batik Pasar Beringharjo Masuk Pasar Berdaya Digital

 Tokopedia Bawa Produk Fashion dan Batik Pasar Beringharjo Masuk Pasar Berdaya Digital
Tokopedia dan ShopTokopedia berkolaborasi dengan Pemkot Yogayakrta, (11/9), untuk memasarkan produk-produk fashion di Pasar Beringharjo.(MI/Ardi Teristi)

Pasar Beringharjo selama ini dikenal para wisatawan untuk berbelanja produk fesyen dan batik. Melalui kolaborasi, Tokopedia dan ShopTokopedia dengan Pemkot Yogayakrta, (11/9), produk-produk fesyen di Pasar Beringharjo kini akan masuk di Tokopedia melalui Pasar Berdaya Digital.

Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Vonny Ernita Susamto menjelaskan, Pasar Berdaya Digital merupakan program pemberdayaan yang holistik dari Tokopedia, ShopTokopedia. dan Pemerintah Kota Yogyakarta. Pasar Berdaya Digital lebih fokus memberdayakan pedagang dari kategori produk fesyen termasuk batik.

Program ini, jelas dia, mencakup onboarding ratusan pedagang di Pasar Beringharjo ke platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Para pedagang juga akan diberi pelatihan pengembangan bisnis online, termasuk cara live streaming di TikTok untuk meningkatkan live shopping di ShopTokopedia.

Baca juga : Beli Lelahl, Kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia Tingkatkan Pasar UMKM Jawa Barat

Cek Artikel:  Festival Beli Lelahl 2024 Hadir Tengah, Serbu Brand Ini Guna Diskon BRI

“Melalui program ini, kami memastikan marketplace yang mendorong persaingan yang adil melalui kolaborasi dengan mitra strategis seperti pemerintah dan otoritas pasar,” terang dia.

Ia menjelaskan Pasar Berdaya Digital melankutkan Kesuksesan Digitalisasi Pasar Tradisional yang sudah berjalan sejak 2021. Lewat program tersebut, Tokopedia telah memberdayakan lebih dari 6.000 pedagang di 12 pasar tradisional di berbagai wilayah Indonesia Berkat Digitalisasi Pasar Tradisional, pedagang mengalami peningkatan penjualan.

“Berbeda dengan program sebelumnya, yaitu Digitalisasi Pasar Tradisional yang lebih fokus memberdayakan pedagang buah, sayur, dan sembako, inisiatif Pasar Berdaya Digital lebih fokus memberdayakan pedagang dari kategori produk fesyen termasuk batik,” tutup Vonny.

Baca juga : 4 Kebiasaan Ini Bisa Membangun Sayan Paylater Anda Terblokir

Cek Artikel:  Eksis AirNav Indonesia, Absahabat Para Pilot Hingga Komunitas Bus Mania di Hub Space 2024

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, lewat platform e-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, pedagang dan UKM Kota Yogyakarta bisa mengakses lebih banyak pembeli dan memasarkan produknya ke seluruh wilayah di Indonesia.

“Pemerintah Kota Yogyakarta, sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dan ShopTokopedia dalam mengedukasi pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta utuk memaksimalkan pemanfaatan platform e-commerce dalam berbisnis,” terang dia.

Dengan ini, pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta, bisa makin berdaya di era digital dan mendapatkan lebih banyak pembeli dan pendapatan. Inisiatif Pasar Berdaya Digital dari Tokopedia dan ShopTokopedia juga sejalan dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Yogyakarta, khususnya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pedagang pasar rakyat dan UKM di Kota Yogyakarta.

Cek Artikel:  Pemerintah Dorong Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk Perlindungan Pekerja Migran

Inisiatif ini juga sejalan dengan target Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) untuk mendigitalisasi 1.000 pasar rakyat di Indonesia pada  2022-2024. (N-2)

 

Mungkin Anda Menyukai