Test Ride Yamaha R15 dan R15M Connected . . . Lebih Fun To Race !

liputanindo.com – Yamaha Indonesia mempersilahkan sesi test ride buat media, blogger dan vlogger dengan Langkah yang Spesial di sirkuit Sentul. Yamaha mempersiapkan kesempatan Demi test dengan panjang pengetesan masing-masing tiga lap Demi Yamaha R15 dan Yamaha R15M Connected Demi masing-masing batch pengetesan. Jadi kita dilepas masuk sirkuit dengan total 6 lap di mana pada akhir lap ke tiga kembali masuk ke pit lane Demi berganti motor dari versi R15 ke R15M atau sebaliknya. Dan buat liputanindo Jernih model test seperti ini akan sangat Pandai memberikan gambaran secara utuh dan empiris mengenai perbedaan performa kedua motor ini. Apakah beda harga 4,6 juta Rupiah cukup layak dikeluarkan Demi R15M?

Secara Lumrah Demi ergonomi, bener-bener Bukan Eksis perubahan antara R15 Connected series ini (R15 Connected dan R15M Connected ABS) dengan generasi sebelumnya dari R15. Yap seat height yang cukup tinggi (81,5 cm) buat liputanindo yang Mempunyai jangkauan kaki hanya 75 cm tetap hanya Pandai memberikan tumpuan satu kaki Demi berdiri steady. Posisi footpeg dan posisi handlebarnya pun kurang lebih mirip sehingga memberikan segitiga ergonomi yang Bukan berbeda dibandingkan R15 generasi sebelumnya. Lagi racy banget.

Cek Artikel:  Management AHM dan Astra Motor Ikut Kirim Motor dan Servis Kunjung Honda Care ke Konsumen di HALPELNAS 2022

Tetapi bentuk bodywork terutama front cowlnya menurut liputanindo Bagus R15 maupun R15M Connected sedikit Pandai lebih memproteksi rider dari terpaan angin di depan terutama Demi tuck in di straight dibandingkan dengan R15 generasi sebelumnya. Dan ini sepertinya punya sedikit Pengaruh terhadap performa terutama torehan Nomor top speed yang Pandai diraih.

Pada pengetesan ini YIMM cukup berani dengan tetap memberikan ban OEM yakni IRC RX-01 Road Winner di R15 maupun R15M baru ini. Padahal menurut netizen budiman, umumnya ban OEM sejuta motor sport ini diklaim punya Watak yang cukup ‘licin’ terutama Apabila dipakai Demi track day. FYI Demi dulu test R15 tahun 2017 kita memakai ban performa IRC Fasti. Awalnya sih agak terpengaruh sama mindset, Tetapi setelah satu lap, lumayan percaya juga nih sama ban IRC RX01. Terutama Demi menggunakan R15M di mana Traction Control memang terbukti mengoreksi setiap slide yang liputanindo lakukan Demi nikung Dekat rebah di tikungan tikungan Sentul.

Cek Artikel:  QJMotor SRK921 Super9 Kok Mirip MV Agusta Superveloce ?

FYI terutama di Demi pengetesan kedua jam 14:00 di mana keadaan trek Lagi sedikit lembab karena hujan deras mengguyur di tengah hari. Traction Control bekerja cukup keras mengoreksi setiap slide ban belakang yang terjadi Demi ban menyentuh bagian trek yang cukup licin seperti pada tambalan beton di S besar Sentul.

Demi 2017 liputanindo test R15 VVA dengan IRC Fasti tembus 137 km/jam. Nah sekarang di Yamaha R15 dan R15M baru dengan IRC RX01 liputanindo top speed Pandai tembus Sekeliling 141-142 km/jam di titik straight yang sama. Lumayan Pandai tambah Segera Sekeliling 4-5 km/jam. Kalau masalah top-end power dari engine sepertinya Bukan terlalu berpengaruh, liputanindo memperkirakan bentuk dari fairing ditambah dengan hadirnya quick shifter terutama di R15M menjadi salah satu yang Membikin liputanindo Pandai mengail lebih dalam top-performance dari R15 Connected series ini di straight Sentul.

Balik Kembali ke masalah Quick Shifter. Apakah worthy, itu peranti buat kenyamanan dan performa? Demi membuktikan pertanyaan ini secara empirik, liputanindo mencoba melakukan quick-shifting di R15M dan R15. Artinya di kedua motor ini liputanindo Meningkatkan gear tanpa menarik tuas kopling. Rasanya gimana? BEDA banget, jauh lebih nyaman dengan Quick Shifter. Tanpa Quick Shifter Pandai, Tetapi terasa kasar banget perpindahannya dan sepertinya Eksis penambahan waktu seper-sekian mili detik buat liputanindo Demi Quick Shifting tanpa Quick Shifter.

Gimana Demi downshift? Bagus R15M dan R15 Connected feelnya downshift sama. Quick Shifter R15M yang Rupanya juga akan dijual secara opsional terpisah dengan harga 1 jutaan ini belum Mempunyai fitur auto blipper yang membantu ketika downshifting tanpa menekan tuas kopling.

Cek Artikel:  Alat Pemadam untuk Kendaraan Listrik, Diluncurkan

Overall buat track day dua peranti baru ini (TC dan QS) ditambah dengan Assist & Slipper Clutch Membikin kegiatan track day jadi jauh lebih fun. Yes, R15 Connected series terutama R15M bertransformasi menjadi motor dengan race breed yang sangat kuat yang kali ini jauh lebih Fun To Race. Ditambah dengan fitur ABS Dual Channel menurut liputanindo Nomor 4,6 juta sangat worthy Demi sobat sekalian mahari.

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

Mungkin Anda Menyukai