liputanindo.com – Kamis 27 Juni, Yamaha Indonesia mengadakan NMAX “TURBO” Media Experience dimana Yamaha Mau memberikan pengalaman berkendara secara langsung Serempak NMAX generasi terbaru kepada blogger/vlogger dan juga media. Merasakan performa mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang telah dilengkapi dengan teknologi YECVT Kepada menggantikan sistem CVT konvensional, serta fitur canggih lainnya seperti riding mode dan juga Y-Shift yang selanjutnya liputanindo harus berterus terang Kepada mengatakan kalau motor matik 155cc ini amazing sekali!!
Sensasi YE-CVT Itu Konkret !!
Teknologi YECVT pada NMax “Turbo” Mempunyai 2 fitur unggulan yang Dapat meningkatkan performa berkendara, pertama adalah Riding Mode dengan 2 pilihan berkendara, T-Mode dan juga S-Mode. Serta fitur kedua yakni Y-Shift yang Bisa membantu pengendara mendapatkan Sokongan Percepatan secara lebih terukur dan tanpa Waktu Waktu kosong atau yang dibilang lemot, juga sensasi deselerasi seperti motor transmisi manual yang Dapat diatur sehingga Membikin handling lebih terukur. Kedua fitur ini tersedia 3 level/Strata; 1-low, 2-medium,3-high. Jadi kembali Kembali ke rider mau atau butuh level berapa sesuai kondisi Lampau lintas yang sedang dihadapi.
Lanjut terang acara sebelum test ride ini hanya sekadar penjelasan secara verbal dan praktek pada kondisi motor Stagnan, Tetapi setelah pratek di sirkuit yang juga dibimbing oleh instruktur dari Yamaha Riding Academy (YRA), Metode pengoperasian fitur Riding Mode dan juga Y-Shift Sembari praktek langsung riding jadi optimal dan Segera paham.
Awalnya liputanindo merasa ‘Aakh kayaknya ribet, Eksis ini itunya’ tapi setelah duduk di jok motor, keluar pit area dan menjalani satu putaran Sembari Lanjut mencoba menekan-nekan tombol Mode Kepada ganti dari Town Commuting mode ke Sport Touring mode dan juga gaspoll – rempoll Sembari ngetes Y-Shift -nya Lanjut-terusan, wah Asli ini canggih beneeer dan betulan seasyik itu. Jadi bahan pikiran ini sih, FIX !!
Riding Mode ‘S’ dan ‘T’ NMAX “Turbo”
NMAX “Turbo” punya dua opsi mode berkendara, T-Mode dan S-Mode yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol ‘Mode’ pada bagian depan switch kiri. T-Mode/Town Commuting Mempunyai Watak yang lebih smooth. Sementara S-Mode/Sport Touring punya feeling Percepatan lebih agresif.
Pada Ketika motor dihidupkan dari keadaan Tewas, Mode default-nya adalah ‘T’. Ketika memindahkan ke mode ‘S’ sudah Enggak perlu menutup gas, Dapat dilakukan pada Ketika sedang berkendara dalam bukaan throttle konstan. Perbedaannya mode ‘S’ Eksis pada putaran mesin motor yang akan naik 500 – 1.000 RPM dari mode ‘T’.
Oh iya, Enggak lupa kehadiran Traction Control System (TCS) pada NMAX “Turbo” juga Dapat dipilih aktif (on) atau Enggak aktif (off). Metode mengaktifkan atau menon-aktifkannya harus dalam keadaan motor berhenti atau Tenang pada 0 Km/h, yah sob.
Y-Shift – Kecanggihan Motor 155cc
Fitur unggulan NMAX “Turbo” Y-Shift ini digunakan Kepada melakukan Percepatan ataupun deselerasi dengan menekan tombol ‘Shift’ yang terletak pada bagian sebelah Dasar switch kiri dekat dengan tombol klakson. Mengoperasikannya memang perlu adaptasi, karena belum Eksis yang seperti ini di motor matik pasar Indonesia sebelumnya. Kepada mendapatkan Percepatan tambahan instan Eksis dua pilihan; Ketika langsung putar gas kaget atau tiba-tiba, Y-Shift akan Mekanis aktif ke level 1 Tamat ke RPM limit, dan Dapat rider tambahkan levelnya dengan menekan tombol ‘Shift’ Apabila diperlukan.
Sensasi deselari yang Istimewa, liputanindo sepakat dengan Kolega-Kolega yang mengetes kemarin, sensasi dan feeling ‘downshifting’ atau menurunkan giginya asik banget. Ini sangat membantu Kepada motor matik Ketika menghadapi jalan menurun. Ya, teknis kerjanya sudah Niscaya mengatur bukaan pulley ya sob. Tapi yang mau dibahas di sini adalah sensasi dan feelingnya yang smooth banget. Kasak kusuk Ketika istirahat sesi test, ‘Apakah sensasi bawa motor seamless gearbox MotoGP sehalus gini ya?’ Hahaha.
How To ??
Sedikit yang liputanindo Dapat tuangkan ke dalam artikel Metode memakai Y-Shift NMAX “Turbo” ini.
Dalam posisi standing acceleration atau dalam keadaan dari motor Tenang 0 Km/h.
- Opsi 1 dengan membuka gas secara Segera dan tiba-tiba Kepada mengaktifkan Shift-1 secara Mekanis. Kemudian Dapat lanjut Shift-2 Tamat Shift-3 secara manual. RPM kurang lebih akan mencapai Nomor 7.000. Perlu diingat Kepada menghindari Waktu Waktu kosong terlalu Pelan Ketika mengaktifkan Shift-1 hingga Shift-3 karena Apabila RPM sudah tinggi, feeling Percepatan instan Enggak terlalu terasa sentakannya.
- Opsi 2 -nya membuka gas secara konstan secara normal, kemudian tekan tombol ‘Shift’ satu kali Kepada aktifasi Shift-1, Lampau buka gas secara Segera Kepada Mekanis mengaktifkan Shift-2 dan dilanjut menekan tombol Shift secara manual dengan Segera Kepada Shift-3.
Catatan, Apabila dengan menekan tombol Shift Percepatan dirasa Lagi kurang, rider Dapat merubah mode berkendara dari ‘T’ ke ‘S’.
Dalam posisi Passing Acceleration atau Ketika riding dan Mau mendahului kendaraan atau butuh Percepatan lebih Ketika melewati jalan menanjak.
- Posisi bukaan gas tertutup, Lampau tekan Shift level 1 hingga Shift level 3 kali sesuai kebutuhan.
- Buka gas atau throttle sedikit atau juga dalam keadaan bukaan yang konstan/menggantung RPM mesin. Opsi ini liputanindo sering gunakan pada Ketika sesi test ketika keluar tikungan sirkuit Sentul Karting, mesin akan meraung dan terasa adanya dorongan yang bertahap, sesuai dengan level yang dipilih.
- Membuka gas secara Segera dan akan terasa dorongan instan pada motor sa berakselerasi.
Lanjut kita bahas sensasi ‘downshifting’ pada Ketika mesin deselerasi.
- Kepada mengaktifkan Y-Shift deselerasi posisi throttle atau gas harus tertutup, setelah itu langsung menekan tombol Shift Kepada aktifkan level-1 hingga level 3 sesuai keperluan (Shift-3 Kepada deselerasi maksimal).
- Kondisi Ketika sebelum masuk atau ketika mau menikung. Tutup gas dan langsung menekan tombol Shift sesuai kebutuhan 1 Tamat 3 kali. Jangan khawatir karena yang kami rasakan, ban belakang motor Enggak mengunci atau mengalami slide meskipun dibawa secara ‘kasar’ hingga langsung mengaktifkan Shift-3 secara Segera.
- Kondisi Ketika di jalanan menurun yang panjang, Dapat melakukan Shift secara berulang dengan menekan shift 1 – 3 kali, kemudian tekan tombol Mode Kepada me-release Shift Mode, dan tekan tombol Shift kembali Kepada mengaktifkannya Kembali sesuai kebutuhan.
Me-release Y-Shift di atas maksudnya adalah ketika Y-Shift diaktifkan Ketika deselerasi, mode-nya seperti terkunci di level terpilih. Ketika test ride liputanindo ketemu dua kali momen dimana pada Ketika di dalam tikungan motor Lagi meraung dan engine brake terlalu besar karena terkunci di Shift-3 Ketika deselerasi. Kepada menghilangkannya, maka dilakukan dengan beberapa Metode berikut;
- Opsi 1, membuka gas kembali secara Segera.
- Opsi 2, menekan tombol ‘Mode’ dengan jari telunjuk kiri sebanyak 1 kali. Perlu diingat, Apabila kita menekannya sebanyak 2 kali malah akan merubah Riding Mode-nya.
- Opsi 3, menutup gas secara konstan.
Beneran Fungsi Bukan Gimmick
Pada tes kali ini kami juga mendapat kesempatan Kepada mencoba NMAX Tech Max Ultimate yang menjadi varian tertinggi Yamaha NMAX generasi ke-3. Dengan dipasangkan performance damper pada sasis sebelah kirinya, liputanindo merasakan Eksis yang berbeda pada handling motor di sirkuit dan juga feel Ketika berkendara wajar Ketika di jalan raya.
Pertama soal handling, karena tempat test ride berada di sirkuit dengan kondisi lintasan yang cenderung halus, terasa perubahan handling-nya ketika motor diajak menikung kencang menjadi lebih tenang lebih Tenang dan lebih mudah diarahkan. Saat mengerem cukup keras ketika akan memasuki tikungan juga motor lebih Kukuh dan lebih anteng. Memberikan percaya diri lebih sat berkendara.
Kedua, sempat liputanindo coba melewati kerb sirkuit yang bergelombang banget pun motor juga lebih minim getaran di sasis. Jujur saja memang harganya mahal dan Enggak Sekalian orang butuh damper peredam getaran dan juga penguat sasis ini, Tetapi bagi yang suka kenyamanan berkendara, fitur pada varian Ultimate satu ini Enggak mubazir dan seMAXin terasa bedanya.
Jadi kesimpulannya Sekalian kebutuhan assistance Percepatan mesin dan juga deselerasi mesin NMAX “Turbo” ini Dapat kita kendalikan dengan penuh Bagus secara manual lewat jari telunjuk dan jempol tangan kiri kalian sob, dan juga Eksis ‘otak’ pintar yang membantu secara Mekanis. Sebuah fitur unggulan yang beneran unggul, terhitung bermanfaat serta menambah value berkendara. Udah semakin canggih sih motor matik Yamaha yang dijual seharga mulai Rp 37.750.000 (NMAX “Turbo”) hingga Rp 45.250.000 (NMAX “Turbo” Ultimate) terbaru ini. Insya Allah ke depannya akan diadakan sesi road test juga ya, supaya pengujian lebih mendekati pemakaian motor Kepada komuter atau kegiatan sehari-hari konsumen. @liputanindo