SETELAH melalui tahapan seleksi yang cukup ketat, pada Selasa, 12 November 2024, Toyota Indonesia (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Toyota-Astra Motor), mengumumkan 25 proposal terbaik karya anak bangsa Demi mengikuti program Toyota Eco Youth (TEY) ke-13.
Sebanyak 25 proposal ini telah disaring dari 1.125 proposal yang diterima dari seluruh Distrik Indonesia, di antaranya Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.
Program TEY merupakan kompetisi proyek Ciptaan perbaikan lingkungan hidup Demi SMA dan sederajat yang diinisiasi pada 2005. Memasuki 2 dasawarsa, program TEY ke-1 hingga ke-13 ini telah melibatkan partisipasi pelajar SMA atau sederajat hingga 2.033 SMA dari 34 provinsi di Indonesia, dengan total proposal proyek mencapai Dekat 9.972 proposal.
“Selamat kepada 25 proposal terpilih dari ribuan proposal yang sudah mengikuti kompetisi TEY ke-13 kali ini. Kami sangat mengapresiasi antusiasme dan kreatifitas para pelajar, atas kepedulian melalui ide-ide gagasan yang tertuang dalam proposal TEY, Demi mengelola serta memperbaiki kondisi lingkungan bahkan melibatkan partisipasi masyarakat Sekeliling,” kata Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Bob Azam, Selasa (12/11).
Memasuki era transisi Daya dan kemajuan teknologi, tambah Bob, siswa-siswi SMA dan sederajat berhasil memanfaatkan ketersediaan Daya baru terbarukan, sumber daya alam Sekeliling, bahkan melibatkan teknologi IoT (Internet of Things) dalam proposal TEY terbaik yang diberikan.
Dengan tema pengembangan unsur Daya, sampah, udara, dan air, para siswa-siswi peserta TEY berlomba Demi mengasah Ciptaan dan kreativitas mereka guna mencari solusi Demi perbaikan kondisi lingkungan yang juga bermanfaat bagi masyarakat Sekeliling.
“Pertama-tama selamat kepada 25 proposal terpilih, Tetapi Demi pelajar yang Enggak terpilih Enggak perlu berkecil hati. Setiap peserta yang telah mengirimkan proposal dalam Toyota Eco Youth telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas yang luar Lumrah, ” ucap Wakil Presiden PT TAM, Henry Tanoto.
Henry mengatajan bahwa pihaknya menghargai setiap usaha dan Ciptaan yang telah ditampilkan. “Setiap langkah yang diambil menuju keberlanjutan adalah langkah yang berarti bagi keberlangsungan lingkungan hidup. Kami berharap Segala peserta Lanjut berkontribusi Demi menciptakan Dampak positif bagi lingkungan dan Sekeliling,” tambahnya.
Kriteria Penilaian
Dalam mengkurasi 25 proposal terbaik, terdapat sejumlah kriteria penilaian yang diterapkan Berkualitas kriteria Lumrah dan Tertentu. Secara Lumrah, penilaian proposal ini juga Enggak dilepaskan dari komitmen Toyota Mendunia melalui Toyota Environmental Challenge (TEC) 2050 dalam mengatasi masalah lingkungan Mendunia. Di antaranya seperti perubahan iklim, kelangkaan air, kekurangan sumber daya alam serta hilangnya keanekaragaman Hidup dalam jangka panjang.
Secara Tertentu, penilaian proposal TEY ke-13 meliputi berbagai aspek, di antaranya orisinalitas proposal, proyeksi solusi yang dipaparkan Demi menyelesaikan isu-isu yang terjadi di lingkungan, keterlibatan pemangku kepentingan/stakeholder dalam mengimplementasikan ide-ide dari Ciptaan terhadap lingkungan dan masyarakat Sekeliling secara keberlanjutan. Pada TEY ke-13 kali ini, TEY juga memulai program ‘TEY Mencari Bintang’ Demi membangun kepedulian terhadap lingkungan pada sekolah-sekolah dengan kriteria tertentu.
Tahap Selanjutnya
Seleksi proposal TEY belum berhenti Tamat dengan tahap 25 besar proposal terbaik. Pada tahap selanjutnya, 25 proposal terpilih akan mendapatkan pendampingan dari para Ahli di bidang lingkungan Tamat komunikasi. Beberapa proposal juga akan mendapatkan kunjungan langsung oleh manajemen Toyota Indonesia, sehingga dapat mengimplementasikan dan merealisasikan proposal dalam bentuk karya terbaik.
TEY ke-13 Enggak hanya menyelenggarakan kompetisi proposal Ciptaan perbaikan lingkungan hidup saja, Tetapi juga mengadakan side competition yang dapat diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA dan sederajat dari seluruh Distrik Indonesia. Dalam side competition ini para peserta dapat mengikuti pop-writing competition maupun creative video competition. Sejauh ini tercatat lebih dari 400 peserta dari 200 sekolah yang sudah melakukan registrasi Demi popwriting competition sedangkan pendaftar creative video competition Begitu ini sudah tercatat lebih dari 100 peserta dari 96 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia.
*Program TEY ke-13 terbuka Demi Segala generasi muda yang berada di bangku SMA dan sederajat di seluruh Distrik Indonesia. Informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website toyotaecoyouth.com Demi detail persyaratan dan tahapan pendaftaran secara lebih lengkap. Lanjut ikuti perkembangan tahapan program TEY13 selanjutnya melalui akun media social @tmmin_id dan juga website Formal TEY https://www.toyotaecoyouth.com/25 Proposal Terbaik Kompetisi TEY Ke-13. (S-1)