liputanindo.com – Bro sekalian, Kita sudah pernah mengupas seperti apa bentuk ubahan Racing style Yang dilakukan TricStar racing Kepada Motor Full Season Honda CBR250RR yang akan dibesut Pemenang AP250 ARRC 2015 Takehiro Yamamoto Di team Asal Indonesia SIDRAP . .. dari Mulai Motor berwarna Hitam Tamat Motor Full Liverynya sob . . Tetapi yang bikin liputanindo kepo adalah Mulai Demi Latihan Pre-Season Test sesi hari Rabu 15 maret 2017 Yamamoto Yang menggunakan Nomor Motor 11 terlihat menggunakan Fairing Putih tanpa Livery dengan RAM AIR desain baru ! Kita akan mulai tinjauan teknisnya . . Tetapi dengan Langkah yang simple ya . .
Dan Rupanya penggunaan Fairing dengan desain Air Funnel/ RAM AIR baru ini juga diteruskan oleh Tekehiro Yamamoto di Test Hari kedua kamis kemarin.
Apabila dilihat lebih detail sobat Dapat lihat deh perbedaan dari desain Tunnel udara RAM AIR nya . . Apabila di Model sebelumnya Intake dari RAM AIR tersebut bermula dari satu lubang besar di tengah. Maka di Fairing yang diujicobakan pada Pre-Season test menggunakan dua Lubang Kanan dan Kiri Biar agak ketengah. .. tinjauan Teknisnya seperti apa ?
Penjelasan nya kalo menurut prediksi liputanindo adalah sangat simple . .. Apabila Menggunakan satu lubang maka mau nggak mau dua tunnel udara kanan dan kiri akan ‘terpaksa’ menekuk lebih dalam di area tengah/ sudut tekukan akan sempit Kepada bergabung menjadi satu
Tetapi Apabila Lubangnya di bagi kanan dan Kiri Maka Tunnel Enggak akan dipaksa menekuk di tengah. Bagus Lubang RAM AIr kanan maupun Kiri akan lebih LURUS . . bahasa gampangnya Udara akan lebih PLONG di arahkan menuju FilterBox udara di Dasar Tangki bbm CBR250RR . . Nah itu bahasa Mudahnya . . . Nggak liputanindo banget kalo nggak menjelaskan kemungkinan tinjauan ilmiahnya . .
Jadi Gini Apabila kita pernah belajar yang namanya Mekanika Fluida . .. akan terjadi semacam Pressure Lost Apabila Fluida mengalir melalui sebuah pipa yang berbelok membentuk sudut tertentu ( angle of Pipe bend ). Makin besar sudut kelokan/ tekukannya maka Pressure akan semakin Lost/ hilang

Sobat Dapat Lihat Grafik di atas . . . sumbu X Terdapat hubungannya dengan diameter pipa dan sumbu Y adalah besarnya Koefesien Hilangnya pressure dikarenakan perubahan arah Jenis fluida. Sobat Dapat lihat Terdapat Sekeliling 9 grafik Mulai dari tekukan landai 10 derajat Tamat balik arah 180 derajat.
Kepada Kasus Arr Funnel Hondaa CBR250RR Punya Sidrap team di atas, perkiraan liputanindo TrickStar racing mengubah sudut dari Sekeliling, yaaa mungkin dari 30 atau 40 derajat ke Sekeliling 20 derajat yang artinya akan mengubah koefesien Hilangnya Pressure karena tekukan pipa jadi lebih kecil . Artinya Apabila sobat mau menghitung dengan rumus di artikel ini, maka akan diperoleh Pressure udara akan lebih besar masuk ke Airbox filter . .. tekanan udara masuk lebih berhubungan dengan asupan udara yang lebih besar ke ruang bakar yang muaranya di inginkan agar Power lebih besar . . . imho silahkan dikunyah kunyah dan semoga Berfaedah
Taufik of BuitenZorg