liputanindo.com – Honda New CBR600RR menjadi salah satu Supersport yang memang disiapkan serius oleh Honda Demi model year 2021. Power maksimumnya 121 PS dan merupakan salah satu dari yang terbesar di kelasnya dan mencoba lebih Berkualitas dari para pesaingnya yang sudah terlebih dahulu hadir seperti ZX-6R dan R6. Desas desusnya Astra Honda Motor juga akan serius mendatangkan motor kencang ini Demi market Indonesia dan sangat mungkin di 2021 ini hal tersebut akan diwujudkan. Nah dalam kesempatan ini kita akan kulik seperti apa Rrsep Honda Demi kerek power Honda New CBR600RR 2021 sehingga Dapat menjadi salah satu yang terbesar di kelasnya.
Secara Lumrah, Revving RPM tinggi dari mesin lah yang terlihat signifikan berkontribusi pada kenaikan tenaga dan torsi mesin dari New CBR600RR ini. Logis karena variabel dari power maksimum dari motor juga sangat berbanding lurus pada berapa besar dari RPM mesin. Hal ini Dapat dilihat secara langsung di mana power maksimum pada CBR600R sebelumnya berada di Nomor Rpm 12.000 rpm sementara di CBR600RR terbaru hadir pada Nomor 14.000 rpm. Red-Line pada New CBR600RR hadir pada 15.000 rpm, yang sama seperti sebelumnya Tetapi berpotensi ditingkatkan menjadi 16.500 rpm menggunakan ECU balap HRC.
Yes power maksimum Honda CBR600RR ini melonjak menjadi 121 PS dengan resep ini. Tetapi tentu saja tidaklah asal sembarangan naikkan RPM mesin Guna ECU Demi melakukan ini. Terdapat hal hal teknis yang diubah di jeroan mesin oleh Honda akan hal ini. Demi mencapai putaran tinggi, material bagian yang berhubungan dengan putaran mesin seperti poros engkol dan pegas Tutup (Valve spring) telah diubah Demi meningkatkan kekuatan.
Honda juga melakukan beberaa hal Demi meningkatkan efisiensi intake dan exhaust dengan mengubah diameter port dan throttle serta meninjau pipa knalpot yang Terang akan berperan dalam meningkatkan kecepatan putaran. Selain itu, walaupun memang terkesan telat, Tetapi throttle yang dikontrol secara elektronik juga baru diadopsi (Throttle by Wire). ECU secara instan menghitung bukaan Tutup yang optimal dan membaca besaran tenaga yang sesuai dengan keinginan pengendara. Ditambah Tengah Slippery Clutch di bagian kopling transmisi juga punya pengaruh terhadap peningkatan kinerja mesin ini. Lebih detailnya cek gambar-gambar berikut ini:
Terlihat pada gambar di atas Honda melakukan peningkatkan volume port masuk sebesar 2,2%. Pada Demi yang sama, bagian tenggorokan dikenakan pemrosesan porting (pemrosesan non-sumbu – Gambar di Dasar) dimiringkan dari poros tengah Tutup, dan sambungan dibuat mulus Demi meningkatkan efisiensi volumetrik kepala silinder.
Waktu (timing) penutupan valvein (klep masuk) lebih telat sebesar 5° dibandingkan dengan CBR600RR sebelumnya, dan timing pembukaan valve ex (klep buang) dimajukan sebesar 5°. Ini meningkatkan efisiensi pemasukan campuran udara-bahan bakar dan efisiensi pembuangan gas pembakaran. Berkontribusi pada output daya mesin yang tinggi.
Diameter lubang throttle body telah ditingkatkan dari φ40 menjadi φ44 mm Demi meyakinkan banyaknya jumlah udara masuk yang menyertai putaran tinggi dari mesin. Perubahan diamater In ini dibarengi dengan mengubah bentuk penampang lubang termasuk bagian dalam dari throttle body.
Water jacket pada New Honda CBR600RR telah diperluas ke area Sekeliling lubang busi dan dudukan Tutup buang (ex) Demi meningkatkan kinerja pendinginan di Sekeliling ruang bakar dan Tutup buang.
Membandingkan grafik power dan torsi dari mesin CBR600RR Lamban (hijau) dan mesin baru (merah). Sobat Dapat lihat di grafik, pada dasarnya model Lamban lebih bertenaga hingga kisaran kecepatan menengah. Tetapi setelah itu monopoli Berkualitas power dan torsi dari New CBR600RR lebih Berkualitas terutama dengan kecepatan di RPM tinggi, dan secara Lumrah New CBR600RR dibuat Honda berubah menjadi lebih banyak menuju Ciri balap.
Yap memang yang terlihat dari luar, seperti Kagak Terdapat yang diubah dari mesin Honda CBR600RR, Tetapi secara detail banyak banget perubahannya yah. Mengenai hasil empriknya sendiri Membangun new CBR600RR ini Dapat tembus speed 228 km/jam di Rpm 12 ribuan (Tetap Terdapat Rpm tersisa Tamat red line). Nunggu AHM masukkin ke Indonesia nih . .
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo










