[Tech Talk] Kupas Tuntas Perbedaan Teknis Fazzio Hybrid dan Freego

liputanindo.com – Selain perbedaan penggunaan brand ban di mana Fazzio memakai brand Dunlop sementara Freego Guna IRC, sistem mesin Yamaha Fazzio Hybrid Connected pada dasarnya dikembangkan dengan basis dari sistem mesin Yamaha Freego. Tetapi secara Biasa cukup banyak perbedaan di antara keduanya. Di artikel ini liputanindo akan mencoba Tertentu Memperhatikan apa saja perbedaan di antara kedua varian produk Yamaha ini .

Sebenarnya setang piston, pin piston Fazzio dan Freego itu sama (kode partnya sama). Tetapi fisik dari pistonnya sendiri berbeda walaupun Mempunyai Nomor bore piston yang sama. Sobat Bisa Memperhatikan piston Fazzio berkode Tertentu yang depannya BEJ dan diperkirakan Kalau dilihat secara fisik, crown dari piston fazzio disinyalir lebih ‘jenong’ atau lebih menonjol.

Cek Artikel:  Ducati Rencana Ikut Suzuka 8H Full Factory Mulai 2025

Sinyalemen ‘kejenongan’ crown piston dari Fazzio ini tujuannya Buat memperbesar rasio kompresi Fazzio yang 11:1 dibandingkan rasio kompresi FreeGo yang hanya 9:1. Jadi kalo mau Memajukan kompresi Freego sobat sekarang Bisa bereksperimen dengan Langkah menggunakan piston EOM dari Fazzio. Tetapi yang Jernih silahkan tanggung sendiri Sekalian efeknya yes hehe. . .

Perbedaan Konkret antara Fazzio dan Freego adalah Fazzio sudah mengadopsi mild hybrid yakni sistem mesin hybrid di mana hadir assist/boost sebagai tambahan pada tarikan putaran awal sementara di Freego Enggak Terdapat. Nah tambahan assist ini dikarenakan adanya penyaluran listrik Tertentu dari baterai ke generator AC-nya. Oleh karena itu generator AC antara Fazzio dan Freego pun berbeda. Bedanya di mana? Part Primer generator AC terdiri dari rotor dan stator.

Rotor dari generator Fazzio dan Freego boleh dibilang sama persis. Ini Bisa dilihat dari kesamaan kode parts keduanya. Tetapi statornya berbeda di mana stator Fazzio Tengah Tengah mendapatkan kode Tertentu yang diawali dengan kode BEJ. Secara bentuk stator Fazzio Mempunyai kabel panjang yang liputanindo sinyalir berhubungan langsung ke aki yang digunakan Buat saluran arus listrik spesial assist dari sistem hibridanya.

Cek Artikel:  Yamaha Indonesia segarkan Corak Baru MIO M3 . . 17 Jutaan Rupiah

Karena generatornya berbeda, maka bagian elektronik Buat mengendalikan unit generator pun berbeda. Dalam hal ini namanya SGCU (Starter Generator Control Unit). SGCU Fazzio Tengah-Tengah mendapatkan kode parts berbeda dengan SGCU Freego dan Tertentu dengan kode depan BEJ. Yap berbeda karena SGCU di Fazzio seperti Mempunyai tugas tambahan Buat mengaktifkan assist dari system hybrid dari skutik di sini. Oh ya sobat juga Bisa lihat coilnya pun punya kode parts berbeda.

Yang jadi pertanyaan adalah, apakah Kalau Freego Guna stator dan SGCU Fazzio Bisa berubah jadi Freego hybrid?

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

Mungkin Anda Menyukai