liputanindo.com – Bro sekalian, Mulai Jumat ini sesi latihan bebas Berkualitas kelas Moto3 CEV Junior World Championship Yang dilakoni Andi Gilang, maupun Moto2 CEV European Junior Championship Yang dijalani Dimas Ekky berlangsung di Sirkuit Estoril Portugal, Sirkuit yang tahun ini Nggak Eksis dalam Kalender MotoGP, Tetapi sejatinya sirkuit ini pernah beberapa kali menyelenggarakan Race MotoGP di tahun tahun sebelum ini. Bagi Gilang dan Dimas, Sirkuit ini boleh dibilang sama sekali baru karena tahun Lewat sirkuit portugal yang dipakai adah Portimao. .. nah sebagai anak asia yang baru menjajaki tanah eropa bagaimana keduanya melakukan proses adaptasi terhadap lingkungan dan sirkuit? silahkan simak tanya jawab terhadap keduanya ini sob . .
Bagaimana persiapanmu menghadapi Estoril?
Andi Gilang: “Saya sudah Memperhatikan rekaman kejuaraan MotoGP dari beberapa kali balapan yang dipentas tahun-tahun sebelumya di Portugal. Seri terbaru yang saya lihat tahun 2011 dan 2012 di kelas 125cc/Moto3, karena kelas itulah yang menjadi Surat keterangan bagiku yang balapan di kelas yang sama. Saya suka dengan layout Estoril dan saya Pasti Sekalian akan berjalan Berkualitas.”
Dimas Ekky: “Saya membuka internet dan mencari balapan MotoGP musim sebelumnya. Saya juga Memperhatikan trek dari rekaman kamera onboard yang diunggah di internet. Kami memang belum Dapat melakukan test di Estoril, tapi dalam banyak hal saya optimis, karena kami Dapat memanfaatkan sesi latihan Formal Demi beradaptasi.”
MotoGP seri Estoril tahun berapa yang paling Anda sukai?
AG: “Tahun 2006, saya juga suka tahun 2007. Saya sangat suka Memperhatikan pertarungan antara Valentino Rossi dan Toni Elias, serta perseteruan antara Pedrosa dan Hayden.”.
DE: “Saya hanya Memperhatikan satu seri Estoril tahun 2012, karena saya Pusat perhatian mencari Metode bagaimana pebalap MotoGP menaklukkannya dan Demi mengenal Watak sirkuit. Saya ingat bahwa pemenang di seri ini adalah Casey Stoner.”
Apakah kalian mempunyai persiapan Spesifik Demi menghadapi sirkuit baru?
AG: “Selain Memperhatikan video balapan sebelumnya, saya juga meminta pada mekanik di tim saya Demi mejelaskan seluk beluk sirkuit dan saya mencoba mempelajari layout lintasan.”
DE: “Selain Memperhatikan tayangan video di internet, hal yang saya lakukan tahun ini adalah bersepeda mengelilingi sirkuit di hari Rabu. Itu membantu saya membayangkan racing line dan menentukan line mana yang terbaik, menentukan titik pengereman dan lain-lain. Sebelum saya datang ke Eropa dan balapan di sirkuit yang digunakan oleh MotoGP, saya juga bermain PlayStation Demi mempelajari trek.”.
Apa Pusat perhatian Esensial kalian Demi datang ke sirkuit?
AG: “Saya mencoba Pusat perhatian pada Watak sirkuit, dengan begitu saya Dapat menemukan racing line terbaik sesegera mungkin.”
DE: “Hal pertama yang saya lihat adalah desain sirkuit dan kondisi aspal. Saya menganalisa setiap tikungan dan bagaimana Metode menaklukkanya.”
Butuh berapa Pelan Demi menghafal trek?
AG: “Biasanya satu atau dua sesi Demi mempelajarinya.”
DE: “Biasanya saya memerlukan 2 sesi. Sesi pertama saya gunakan Demi beradaptasi dan mendapatkan feeling yang bagus dengan motor. Di sesi kedua saya sudah siap Demi mencoba berbagai hal dan Memperhatikan dimana batasannya.”
Apa hal tersulit yang kalian temukan?
AG: “Kagak Dapat disamaratakan ; tergantung dari sirkuit. Eksis kalanya Anda menemukan trek yang sangat mudah dipelajari, dan di waktu lainnya Anda menemukan sirkuit yang susah. Segalanya tergantung dari Watak sirkuit tersebut.”
DE: “Yang tersulit bagi saya adalah menentukan racing line dan titik pengereman.”
Andi Gilang: “Ini adalah pengalaman pertama saya di Estoril dan saya berharap Dapat melaluinya dengan Berkualitas. Saya suka dengan Watak sirkuit ini, saya mempelajarinya dari rekaman video dan terlihat menyenangkan. Saya bertekad Demi mengulang kembali performa apik yang berhasil kutunjukkan di Valencia Lewat dan membangun mental yang positif. Saya sudah tak sabar menantinya dan akan berjuang mempersembahkan yang terbaik.”
Dimas Ekky Pratama “Sebagian besar pebalap baru menjajaki sirkuit Estoril pekan ini. Kami akan melakukan beberapa test di hari Kamis Demi mencoba settingan motor agar Dapat Segera beradaptasi dengan trek baru ini. Minggu ini saya sudah melatih kebugaran saya di tempat fitness, karena saya rasa ini sangat Krusial. Sasaran kami melampaui hasil Valencia dan kembali bertarung Demi podium. Saya dan tim Pasti itu Dapat diwujudkan dan kami akan mengerahkan seluruh kemampuan kami Demi meraihnya.”
Apa perbedaan langkah adaptasi yang kalian lakukan antara tahun pertama dan tahun kedua di FIM CEV?
AG: “Dulu saya harus Membikin daftar yang panjang Demi adaptasi. Sekarang jauh lebih mudah Demi menghadapi sirkuit dan menyiapkan pacuan sejak awal. Saya juga Bisa menjelaskan pada Sekalian mekanik berbagai hal yang Diriku butuhkan. Pengalaman tahun Lewat Membikin saya lebih Pusat perhatian pada balapan dan Membikin saya lebih Segera.”
DE: “Saya jadi lebih percaya diri di tahun kedua dibanding tahun pertama, saya lebih Paham apa yang harus saya fokuskan di hari pertama balapan. Kami sudah mempunyai data setup yang lengkap dari tahun sebelumnya dan mengubah beberapa poin dari data tersebut.”
Sirkuit seperti apa yang menjadi favorit kalian?
AG: “Saya suka sirkuit yang mempunyai tikungan Segera. Itulah favoritku. Di FIM CEV saya suka sirkuit Barcelona-Catalunya, dan sirkuit Ricardo Tormo yang Membikin saya sangat-sangat menikmatinya.”
DE: “Saya suka sirkuit berkarakter Segera seperti sirkuit Barcelona-Catalunya. Meskipun Eksis beberapa bagian yang Pelan, kombinasi tikungan seperti itu yang sangat saya suka. Sejak tiba di Eropa, trek inilah yang paling saya cintai.”
Apa perbedaan sirkuit-sirkuit di kalender FIM CEV dengan sirkuit di kompetisi balap Asia?
AG: “Sirkuit-sirkuit di Eropa dibikin Demi menjadi tuan rumah pagelaran balap berkelas dunia seperti MotoGP, sedangkan di Asia kualitas aspal dan layout sirkuitnya sangat berbeda. Kondisi cuaca juga berbeda. Di Asia suhu udara lebih tinggi dan kondisinya Segera berubah –kecuali Jepang yang lebih dingin– sebaliknya suhu di Eropa sangat Konsisten sepanjang tahun.”
DE: “Kebanyakan sirkuit yang digunakan di ajang FIM CEV juga dipakai oleh kejuaraan dunia MotoGP dan itu sungguh luar Normal. Di Indonesia kami hanya mempunyai satu sirkuit profesional (Sentul). Trek di Eropa lebih teknikal dibanding Asia. Perbedaan iklim juga mempengaruhi banyak hal, kami Kagak mempunyai musim dingin, selalu panas dan itu membutuhkan waktu bagi saya Demi Dapat melalui cuaca dingin di FIM CEV.” .
Jadwal CEV Estoril Portugal 2017
- SABTU – Qualifying 1
- (MOTO3) 14:35 – 15:15 WIB
- (MOTO2) 16:15 – 16:55 WIB
- SABTU – Qualifying 2
- (MOTO3) 17:40 – 18:20 WIB
- (MOTO2) 19:20 – 20:00 WIB
- MINGGU – Warm up
- (MOTO2) 14:20 – 14:35 WIB
- (MOTO3) 14:40 – 14:55 WIB
- MINGGU – Race 1 (17 Laps)
- (MOTO2 race 1) 17:00 WIB
- (MOTO3 ) 18:00 WIB
- (MOTO2 race 2) 20:00 WIB
HASIL LOMBA – SABTU & MINGGU ; http://www.fimcevrepsol.com/es/resultados/resultados?anyo=2017&type=2&circuito=142
VIDEO LIVE STREAMING : https://www.youtube.com/user/CEVMotorcycleChamp/featured