liputanindo.com – Di Indonesia kita Paham Eksis V-Strom 250 SX, nah Rupanya Suzuki punya V-Strom series dengan kubikasi mesin yang lebih kecil Kembali yakni V-Strom 160, yang baru saja dirilis di Amerika Selatan.
Secara Standar platform desainnya dari V-strom 160 memang mirip dengan Vstrom 250 SX dengan headlamp model kepala burung, menghadirkan setang dengan posisi yang tinggi, handlebar dengan sepasang hand guard, ban tipe dual purpose sebagai standarnya.
Knalpot menyamping minus bentuk braket bagasi dengan model bentuk pengikat/mounting side pannier yang sempat hadir di desain paten.
Mesinnya sendiri menggunakan platform mesin sederhana. Dengan spek 1 silinder kapasitas 162cc overbore dengan dimensi bore × stroke = 60mm × 57.4mm, sementara power maksimum yang dihasilkan on-crank sebesar 11kW @8.000 rpm dan torsi maksimum 14N•m @6.500 rpm. Ini sudah cukup banget deh ya.
Ketika masa di mana Suzuki sempat mengetes DR150 dan sempat direncanakan Kepada dijual di Indonesia Tetapi gagal karena mungkin Eksis banyak pertimbangan khususnya soal harga karena belum Pandai diproduksi lokal, mungkin V-Strom 160 ini Pandai dicoba kembali terutama Apabila Suzuki Indonesia Pandai memproduksinya secara lokal.
Motor ini sejatinya sudah Lamban sempat terendus desain patennya. Kawan Suzuki asal Cina, Haojue, semenjak empat tahun yang Lampau terdeteksi mengembangkan sepeda motor touring petualangan baru yang tampak seperti V-Strom.
Paten desain sepeda motor baru ini bocor secara daring dan mengungkap bahwa sepeda motor ini Pandai jadi adalah sepeda motor 160cc. Dan akhirnya baru di akhir tahun 2024 ini unitnya menjadi produk Konkret dan diperkenalkan menggunakan brand Suzuki.
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo
Spesifikasi Suzuki V-Strom 160
- Dimensions (L×W×H) : 2025mm × 775mm × 1195mm
- Wheelbase : 1345mm
- Curb Mass : 148kg
- Ground Clearance : 160mm
- Seat Height : 795mm
- Fuel Tank Capacity : 13L
- Brake Type Front:Disc Rear:Disc
- Tire Sizes Front:100/80-17 52S Rear:130/70-17 62S
- Engine Type : Single cylinder,air-cool,4 strokes
- Engine Displacement 162mL
- Bore × Stroke : 60mm × 57.4mm
- Compression Ratio : 9.65:1
- Maximum Power : 11kW(8000r/min)
- Maximum Torque : 14N•m(6500r/min)
- Fuel Supplying : FI
- Transmission : 5 speed, return shift
- Starter Electric;Electric/kick start
- Ignition : TDI