liputanindo.com – Suzuki sebenarnya sudah punya mesin 250 cc twin. Tetapi hype Buat kelas motor sport full fairing yang mereka jadikan unit produk GSX-250R kalah dari segi mesin oleh motor bermesin twin lainnya seperti CBR250RR, Ninja 250 dan Yamaha R25. Mungkin salah satunya karena Suzuki agak laen yakni menggunakan mesin SOHC ketimbang ke tiga produk asal Jepang lainnya yang sudah DOHC. Ke depan sempat dirumorkan mereka akan membangun GSX-R250 . . Yesss, berbeda posisi R -nya mengartikan mesin ini nanti akan menjadi mesin DOHC. Ditunggu-tunggu Tiba ratusan bulan purnama, rumor ini tak kunjung jadi Realita. Malah baru-baru ini terlihat Suzuki akan Lalu Konsentrasi di mesin SOHC ini dengan mengahdirkan update produk baru . .
Suzuki berniat benamkan teknologi VVT di mesin motor twin 250 cc! Yesss, bicara produk otomotif Suzuki, kita sudah kenal dengan VVT alias Variable Valve Timing . . Dan sistem ini terlihat pada pendaftaran paten yang dilakukan Suzuki. Dasar-dasar idenya sangat Terang terlihat dimana Eksis camshaft tunggal (SOHC) Mempunyai tiga lobe Buat setiap silinder: satu lobe ex (Buat klep buang) dan dua lobein (Buat klep masuk) yang berbeda, satu profil pengangkatan tinggi dengan durasi panjang, yang lainnya adalah versi pengangkatan rendah dengan durasi pendek.
Mode lobe camshaft in dipilih menggunakan mekanisme penguncian pada rocker-arm menggunakan pin logam bertekanan oli. Pin mengunci kedua bagian rocker-arm Penutup inlet bersamaan ketika profil cam dengan pengangkatan tinggi yang lebih ekstrem (kuning) diperlukan, dan memendek Buat membuka kuncinya guna kembali ke profil cam yang lebih ringan (hijau).
Paten baru Suzuki mencoba-coba detail sistem dan Metode pengoperasian pin, yang bertujuan Buat mengurangi keausan dan membuatnya lebih kompak dibandingkan desain lainnya, tetapi pada dasarnya pengaturannya sama dengan yang digunakan mesin 155 dan 125 cc VVA Yamaha. – @liputanindo