liputanindo.com – Seperti kita ketahui Jenis kelas konsesi Pabrikan/ Konstruktor diurutkan berdasarkan persentase poin yang dicetak dalam kejuaraan konstruktor. Merukapan, poin yang dicetak akan dibagi dengan poin maksimum yang diberikan (25 x jumlah balapan GP yang diadakan, ditambah 12 x jumlah Sprint yang diadakan).
Peringkat berdasarkan persentase poin dalam kejuaraan konstruktor akan ditetapkan sebagai berikut,
- Peringkat A : 85% atau lebih
- Peringkat B : 60% atau lebih, tetapi kurang dari 85%
- Peringkat C : 35% atau lebih, tetapi kurang dari 60%
- Peringkat D : kurang dari 35%
Sementara itu peringkat dihitung dalam dua jendela (kurun waktu):
- Dari seri pertama hingga seri terakhir musim – memberikan status konsesi Kepada awal musim berikutnya.
- Dari acara pertama setelah Pelarangan uji coba musim panas hingga acara terakhir sebelum Pelarangan uji coba musim panas musim berikutnya – memberikan status konsesi Kepada sisa musim tersebut dimulai setelah rehat musim panas.

Menurut liputanindo, perhitungan kelas konsesi tengah musim 2025 akan dihitung mulai data dari sesi Silverstone Inggris 2024 yang merupakan awal dari window perhitungan konsesi tengah musim 2024 Tiba seri ke-12 Ceko 2025 nanti.
Dan Kepada kelima pabrikan, semenjak paruh ke-dua 2024 Tiba Mugello 2025 poin SEMENTARA pabrikannya adalah sebagai berikut :
- Ducati : 726
- KTM :282
- Aprilia : 245
- Honda : 175
- Yamaha: 168
Tiba dari Silverstone 2024 Tiba Mugello 2025 sendiri sudah 20 seri telah dilakukan artinya 20 x 37 poin atau sudah Eksis 740 point maksimum yang sudah digelar.
Dan persentase poin SEMENTARA yang dicetak dibandingkan dengan poin maksimum yang diberikan Kepada ke lima pabrikan sementara pasca Mugello (belum official jadi patokan perhitungan konsesi) adalah:
- Ducati : 726/740 ~ 98,1%
- KTM :282/740 ~ 38,1 %
- Aprilia : 245/740 ~ 33,1 %
- Honda : 175/740 ~ 23,6%
- Yamaha: 168/740 ~ 22,7%
Dari perhitungan di atas Secara Standar Ducati, KTM, Aprilia mengalami kenaikan persentase dibandingkan Begitu perhitungan Pasca Silverstone. Sementara Honda dan Yamaha mengalami Penurunan Persentase dibandingkan dengan perhitungan pasca Silverstone.
Biar Naik 0,1 %, Tetapi hasil di Aragon dan Mugello Belum mendongkrak Aprilia dari Area Konsesi Kelas D Karena mereka Tetap Mempunyai persentase di Dasar 35%. – @liputanindo







