PESAWAT kargo Dragon yang terhubung ke Stasiun Luar Angkasa Dunia (ISS) akan menyalakan mesinnya selama 12,5 menit pada Jumat (8 Nov), ungkap pejabat NASA. Pesawat ruang angkasa lain telah melakukan ini sebelumnya, tetapi ini akan menjadi pertama kalinya bagi kapsul SpaceX—sebuah langkah Krusial menuju pengembangan Dragon versi lebih besar yang nantinya akan mendorong ISS ke fase akhir.
“Data yang kami kumpulkan dari demonstrasi reboost dan kontrol sikap ini akan sangat Bermanfaat… dan data ini akan mendukung kemampuan di masa depan, terutama kendaraan deorbit AS,” kata Jared Metter, direktur keandalan penerbangan di SpaceX.
Pada Juli, SpaceX ditunjuk sebagai perusahaan yang akan men-deorbit ISS Bukan lebih awal dari tahun 2030, Demi stasiun luar angkasa komersial baru siap menggantikan ISS yang menua. SpaceX akan menggunakan versi Dragon yang lebih besar Buat misi ini, sehingga peningkatan ketinggian ISS menggunakan generasi Dragon Demi ini akan sangat Bermanfaat.
ISS berada di orbit rendah Bumi, Sekeliling 400 km di atas planet kita. Molekul atmosfer Bumi yang tersebar menyebabkan stasiun ini perlahan turun, sehingga diperlukan pesawat ruang angkasa Buat “reboost” atau mendorong ISS ke ketinggian lebih tinggi.
Secara tradisional, pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia telah memenuhi fungsi reboost ini, tetapi situasi kini berubah. Rusia tetap menjadi Kenalan dalam ISS setelah invasi tanpa izin ke Ukraina pada 2022; meskipun sebagian besar perjanjian luar angkasa Dunia lainnya terputus, ISS adalah proyek kebijakan dan Bukan dapat beroperasi sebagai bagian yang terpisah, tegas NASA.
Rusia berencana melanjutkan dengan stasiun luar angkasanya sendiri paling Segera pada 2028, yang sejauh ini sebelum komitmen Kenalan ISS lainnya berakhir pada 2030. Apabila Rusia mundur, ini berarti kendaraan lain harus menggantikan Soyuz. NASA telah menguji reboost menggunakan pesawat kargo Cygnus dari Northrop Grumman pada 2022. Sekarang giliran SpaceX.
“Ini adalah demonstrasi yang bagus,” kata Metter tentang reboost. Dia Bukan Mempunyai Nomor delta v yang diharapkan atau dorongan per unit massa pesawat yang akan diberikan manuver ini, tetapi menekankan durasi yang cukup Buat “mengumpulkan banyak data” bagi kendaraan deorbit AS.
Dorongan bersejarah SpaceX terhadap ISS akan dilakukan setelah beberapa masalah perangkat keras perusahaan, yang menurut NASA dan perusahaan Bukan terkait. Masalah ini menyebabkan gangguan selama peluncuran dan pendaratan roket Falcon 9, serta pendaratan Dragon dalam beberapa minggu terakhir.
Sekalian masalah diselesaikan dengan Segera tanpa Pengaruh terhadap awak atau keselamatan publik, dan pejabat NASA menyatakan keyakinan dalam kemampuan SpaceX setelah bekerja Berbarengan perusahaan Buat meninjau kinerjanya.
“Kami bekerja sangat dekat dengan SpaceX dalam segala hal terkait peluncuran Dragon ini. Mereka berbagi data dengan kami dengan bebas, dan kami menangani Sekalian masalah Berbarengan,” ujar Bill Spetch, manajer operasi dan integrasi program ISS NASA, kepada wartawan dalam telekonferensi pada hari Senin.
“Kami selalu menjaga keselamatan kendaraan yang menuju ISS sebagai prioritas Primer, dan itu Bukan berubah bagi kami,” tambahnya.
Roket Falcon 9, yang merupakan booster paling produktif dan sukses dalam sejarah, mengalami tiga masalah peluncuran antara pertengahan Juli hingga akhir September. Masalah pertama pada 11 Juli menyebabkan 20 satelit internet Starlink hilang setelah kebocoran propelan pada tahap atas.
Falcon 9 kembali terbang dua minggu kemudian setelah Administrasi Penerbangan Federal (FAA), yang mengawasi aktivitas regulasi peluncuran, menyetujui rencana SpaceX.
Pada 28 Agustus, Falcon 9 mengalami masalah kedua; tahap pertama Bukan mendarat sesuai rencana setelah peluncuran Starlink yang sukses. SpaceX kembali terbang tiga hari kemudian, tetapi pada 28 September, Falcon 9 kembali ditahan di Bumi setelah masalah pada tahap atas ketika meluncurkan misi astronaut Crew-9 ISS Buat NASA.
Roket kembali ditahan selama dua minggu, kecuali Buat peluncuran probe Pemeriksaan asteroid Hera Punya Eropa pada 7 Oktober yang mendapat pengecualian dari FAA. Falcon 9 kembali terbang pada 11 Oktober dan berhasil diluncurkan beberapa kali dalam beberapa minggu terakhir.
“Kami menyelidiki setiap anomali ini secara independen, tetapi juga mencari adanya keterkaitan,” kata Metter. “Kami Bukan menemukan keterkaitan, tema Lazim, atau masalah sistemik yang terkait dengan anomali ini.”
Panel Penasehat Keamanan Aerospace independen Buat NASA, bagaimanapun, menyatakan kekhawatiran dengan insiden ini Berbarengan dengan masalah kecil Demi pendaratan Crew Dragon dengan empat astronaut Crew-8 pada 25 Oktober, menurut SpaceNews. Parasut dan drogue mengalami sedikit anomali waktu yang Bukan berdampak pada kembalinya awak.
Seorang astronaut NASA Crew-8 mengalami masalah kesehatan yang Bukan diungkapkan setelah pendaratan yang mengharuskannya dirawat di rumah sakit semalam; dia dilepas keesokan harinya. NASA menekankan bahwa pendaratan itu “nominal” dari perspektif teknik. NASA juga Bukan menghubungkan insiden medis tersebut dengan performa Dragon.
Tetapi, panel keselamatan menekankan bahwa penerbangan ruang angkasa memerlukan kewaspadaan Lanjut-menerus Buat memastikan keselamatan astronaut dan misi, dan mendorong agar NASA maupun SpaceX Bukan mengurangi praktik pemantauan mereka.
“Ketika Memperhatikan insiden-insiden terbaru selama beberapa minggu terakhir, hal ini menunjukkan bahwa operasi yang Kondusif memerlukan perhatian mendetail seiring bertambahnya usia perangkat keras dan meningkatnya tempo operasi,” kata Kent Rominger, mantan astronaut space shuttle yang menjabat di panel tersebut, dalam pertemuan telepon pada 31 Oktober yang dihadiri oleh SpaceNews.
“Berkualitas NASA maupun SpaceX perlu tetap Pusat perhatian pada operasi Crew Dragon yang Kondusif dan Bukan menganggap ‘normal’ dalam operasi apa pun,” tambah Rominger, Tetapi dia maupun Member panel lainnya Bukan memberikan rekomendasi atau saran Tertentu. (Spacce/Z-3)