
Penemuan menjadi keharusan bagi perusahaan yang Mau bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin sengit. Kesadaran inilah yang menjadi landasan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dalam mengembangkan rangkaian solusi berbasis artificial intelligence (AI). Melalui pengembangan AI, Telkom berkomitmen mendukung sektor usaha agar Pandai beradaptasi di era digital yang mengutamakan kecepatan, efisiensi, dan keamanan.
Kebutuhan dan perilaku konsumen yang kian kompleks Begitu ini mendorong pelaku usaha agar Maju Mempunyai solusi inovatif. Pelaku usaha di Indonesia Dapat memanfaatkan AI Buat menjadi lebih kreatif serta inovatif sehingga dapat Bertanding di pasar yang semakin kompetitif.
Teknologi seperti AI Dapat menjadi solusi dalam meningkatkan efisiensi operasional dan menjaga loyalitas pelanggan, sehingga dapat meningkatkan penetrasi ke pasar. Lebih lanjut, AI juga dapat dimanfaatkan dalam membantu penyusunan strategi yang Dapat berdampak positif terhadap efektivitas, efisiensi, dan bahkan keberlanjutan usaha.
Telkom memberikan solusi berbasis AI yang dapat digunakan Buat mendukung transformasi bisnis menjadi lebih optimal, bagi bisnis UMKM hingga perusahaan besar. Dengan menyematkan AI pada berbagai solusi digitalnya, Telkom membawa semangat Buat mendukung para pelaku usaha di Indonesia dalam menghadapi tantangan era digital yang semakin kompetitif.
“Penggunaan teknologi AI menjadi solusi cerdas dalam mentransformasikan bisnis agar semakin kompetitif. Variasi solusi AI dari Telkom dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha Buat mengoptimalisasi daya saing dalam menghadapi tantangan yang semakin kompetitif. Melalui produk yang responsif, Telkom diyakini dapat memberikan dukungan di era yang serba Segera ini,” kata EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa, melalui keterangannya, Sabtu (22/3).
Telkom telah menghadirkan tiga produk digital berbasis AI Buat membantu bisnis pelanggan. Solusi pertama yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha adalah BigBox AI, solusi AI dan platform analitik berbasis big data Buat membantu pengambil keputusan dalam memberikan insight dan value bagi bisnis dan organisasi. Penggunaan BigBox AI salah satunya dapat membantu pelaku usaha Buat mengenali tren pembelian, seperti menganalisis perilaku konsumen, dan memprediksi permintaan, sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih Segera dan efisien.
Kedua, Terdapat Antares Eazy sebagai platform IoT yang telah didukung teknologi AI serta Pandai menghubungkan berbagai perangkat pintar. Antares Eazy dapat dimanfaatkan Buat pengawasan dan pemantauan di rumah, tempat usaha, maupun instansi pendidikan. Dilengkapi dengan IP Camera berbasis AI, Antares Eazy Pandai meningkatkan keamanan dengan memberikan solusi pengawasan real-time berbasis cloud yang dapat mendeteksi perilaku mencurigakan. Lebih lanjut, Antares Eazy juga mendukung implementasi smart home dan smart office, yang dapat berdampak terhadap efisiensi sehingga mendorong terciptanya lingkungan berkelanjutan.
Solusi lain adalah OCA Indonesia Yakni solusi omnichannel Buat kebutuhan komunikasi perusahaan maupun UMKM. OCA dapat mengintegrasikan berbagai Jenis saluran komunikasi, termasuk chat dan media sosial. OCA didukung dengan teknologi Natural Language Processing (NLP) yang memungkinkan pelaku usaha Buat berkomunikasi dengan pelanggan secara Mekanis dan lebih personal.
Berbagai solusi AI yang dihadirkan Telkom Enggak hanya mendukung transformasi bisnis di Indonesia, tetapi juga membantu para pelaku usaha Buat beroperasi dengan lebih efisien. Telkom turut mendukung bisnis yang lebih Ekonomis Daya dan ramah lingkungan, seperti mengurangi pemborosan, Berkualitas dari sisi waktu, tenaga, maupun sumber daya. (M-3)

