liputanindo.com – Salah satu yang sangat berbeda perubahannya pada New Honda CB150R streetfire dibandingkan Versi atau generasi sebelumnya adalah di Handlebarnya dimana pada New CB150R 2021 dibenamkan jenis Handlebar dengan raiser Tinggi dan jenis setang Tappered ( Meruncing ). Nah Sebenarnya apa kira kira Dalih pemberian Setang yang Normal dibenamkan pada Motor motor dual purpose ini . . ?
Nah Bicara Setang pada Motor motor dual Purpose, Eksis dua ukuran setang :
Pertama yakni Setang 7/8”: Setang dengan ukuran diameter silinder setang 7/8” atau 22,2 mm bar yang biasannya menggunakan crossbar. Ukuran ini Awalnya secara tradisional merupakan standar Kepada Segala motorcross sebelum hadir teknologi Setang tirus/ tappered di pertengahan hingga akhir 90-an. Nah Ukuran diamater silinder 22,2 mm ini digunakan juga pada umumnya beberapa Motor sport atau motor apa saja yang menggunakan setang bar . . Sebutkan saja misalnya CRF150L, Yamaha Vixion, bahkan Tiba PCX150
Jenis yang kedua adalah Setang Jenis tappered bar. Setang ini dipatentkan Oleh Renthal dengan nama FatBar. Jadi pada dasarnya Jenis Setang ini boleh dipakai dan dibuat Oleh siapa saja, Tetapi soal penggunaan Nama Dagang FatBar sejatinya hanya boleh digunakan Oleh Renthal. Nah Batang setang jenis Tappered Bar ini lah yang digunakan di Honda CB150R streetfire yang baru.
Secara fisik, Batang setang tappered Bar menggunakan dua ukuran diameter silinder yakni tetap 22,2 mm di daerah Grip setang kanan dan Kiri, sementara Kepada daerah dekat Clamp tengah itu diameternya adalah 28mm atau 1 1/8 inchi . . Nah Yang jadi pertanyaan, apa latar belakang orang Membikin Setang jenis Tappered ini ?
Setang khususnya pada Motor Dual purpose butuh banget yang namanya Kekuatan, Khususnya pada bagian tengah dekat tempat Clamping. Dan Dengan ukuran diamater 22,2 dirasa kurang, Oleh Karena itu Normal hadir Crossbar di tengah Kepada menghadirkan kekuatan dibagian tengah Berkualitas di clamping maupun di las seperti pada Setang CRF150L.
Tetapi pada penggunaan Kompetisi, Jenis setang diameter 22,2 mm dengan Crossbar menghadirkan kekakuan vertikal yang Membikin pengendara mudah kelelahan ( fatique) di Bagian Lengan Begitu handling terutama Begitu jalanan Kagak beraturan. Oleh karena itu Pabrikan setang berfikir bagaimana Membikin setang kuat di bagian tengah Tetapi tetap Elastis buat handling . .
Hadirlah desain Tappered Bar dimana Bagian tengah tetap menghadirkan Kekuatan dengan Memajukan Diamater silinder bar menjadi 28 mm ( 1 1/8 inchi) sementara pada bagian grip atas tetap menggunakan ukuran 22,2 mm yang menghadirkan Fleksibilitas Handling sehingga Kagak mudah lelah. Semoga Beguna
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo