SEKUYA dan Gamecomm Indonesia mengumumkan peluncuran karakter kolaborasi bernama Ziva di acara Indonesia Technology & Innovation 2024 (INTI) yang diselenggarakan di JI-Expo Kemayoran, 12-14 Agustus 2024.
Ziva, yang memiliki nama lengkap Zivana, sangat spesial karena mengusung tema budaya dengan unsur Batik Gorga Batak dan Batik Parang, serta elemen Pancasila dan kesatuan Bhinneka Tunggal Ika, yang mencerminkan nilai-nilai luhur Indonesia.
Sekuya dan Gamecomm Indonesia berkomitmen mempromosikan budaya dan nilai-nilai luhur Indonesia melalui gim. Melalui inisiatif ini, bersama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Gamecomm Indonesia goes to School memperkenalkan gim sebagai media edukatif dan alat untuk meningkatkan keterampilan digital di kalangan pelajar.
Baca juga : Gim Sekuya Saga Dibuat dengan Sokongan Veteran dari World of Warcraft dan Vainglory
Di acara INTI, sebanyak 40 sekolah dan lebih dari 500 siswa dari daerah Jabodetabek turut hadir untuk melihat karya-karya gim anak bangsa.
Gamecomm Indonesia juga akan menyelaraskan kurikulum Satuan Pendidikan Vokasi yang mendukung visi pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM dan game lokal.
Data dari Kemenparekraf menunjukkan lebih dari 170 juta pemain gim di Indonesia dan mayoritas memainkan gim karya luar negeri.
Baca juga : Gim Anime MOBA Sekuya Saga akan Dirilis pada Akhir 2024
Program ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan anak muda Indonesia dengan membawa game yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar global.
Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Liz Zeny Merry, dalam sambutannya, menyampaikan, “Kita harus terus mengembangkan kecintaan kita pada produk gim Indonesia, sehingga talenta Indonesia semakin bersemangat menciptakan gim berkualitas. seperti Sekuya Saga yang akan diluncurkan di akhir 2024 ini. Kita dukung terus bersama.”
Co-founder & CEO Gamecomm Indonesia Sere Kalina menambahkan, “Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan membuka peluang baru dan inovatif bagi ekosistem esports dan pendidikan di Indonesia. Watak Zivana adalah simbol dari nilai-nilai budaya kita yang kaya, dan kami berharap ini akan menginspirasi generasi muda untuk lebih mencintai dan menghargai warisan budaya mereka.”
Baca juga : Gandeng Perusahaan Inggris, Agate Rilis Gim Celestia: Chain of Fate
Di Acara INTI 2024, Sekuya juga mengumumkan peluncuran perdana Sekuya Labs, inisiatif baru yang bertujuan menjadi rumah bagi komunitas, brand, dan creator.
Platform ini memungkinkan setiap pegiat komunitas mampu berinteraksi dan memberikan pengalaman baru bagi komunitas yang juga terhubung langsung dengan gim Sekuya Saga.
Ketika ini, beberapa brand telah bergabung di Sekuya Labs dan juga langsung menciptakan aktivitas gim bertema Sekuya Generation di acara INTI 2024, yaitu Radical Motorsport Indonesia, Andrometa, dan Khuga.
Berbarengan dengan Radical Motorsport Indonesia, Sekuya juga mengadakan Racer Hunt di acara INTI 2024 untuk menemukan talenta muda Indonesia yang dapat berkarir dan bergabung di tim balap Sekuya.
Kolaborasi antara Sekuya dan Gamecomm Indonesia di INTI 2024 tidak hanya akan membawa inovasi baru tetapi juga memperkuat fondasi ekosistem esports dan pendidikan di Indonesia. (Z-1)