liputanindo.com – Bro sekalian, sudah sangat santer dikalangan penggemar motor dual purpose dan adventure di Indonesia bahwa 2021 adalah mometum Yamaha Indonesia Buat mendatangkan kembali beberapa produk menarik dengan segmen dual purpose dan adventure. Salah satu yang menjadi the most anticipated bike-nya adalah Yamaha Tenere 700. Jujur, walaupun secara mesin ini motor sama dengan MT-07, Tetapi Tenere 700 punya penerimaan berbeda buat market Indonesia, secara Lumrah lebih positif.
Mungkin karena segmentasi Tenere 700 yang sangat berbeda dengan Yamaha MT07 ya yang membuatnya lebih ditunggu-tunggu. Tercatat Demi ini saja sudah banyak potential buyer yang siap inden. Tetapi sayangnya ketika liputanindo coba telisik lebih lanjut ke jaringan yang Normal menjadi jalur masuknya produk-produk CBU Buat Yamaha Indonesia (YIMM), mereka bilang besar kemungkinan Segala ini akan tertunda.
Sumber liputanindo mengatakan bahwa selain Tenere 700, pada dasarnya Yamaha sendiri siap memasukan beberapa produk motor Special Engine (SE) mereka juga ke Indonesia. Special Engine? Wah YZ Series dong? Atau bahkan YZ-GYTR series? Sepertinya produk produk non-road Formal seperti motor-motor Special Engine juga turut kian digemari di market publik Indonesia.
Cek saja market Kawasaki KX series yang dijual oleh KMI via beberapa jaringan mereka . . Mungkin Honda juga tertarik kedepannya Buat menghadirkan CRF-R series? Secara AHM sudah punya jaringan Big Wing yang secara kualitas sudah Cakap menangani motor-motor CBU, ini pun Terang akan lebih memaksimalkan kerja Big Wing. Lah malah ngomogin pabrikan lain.. Haha . . Balik ke Yamaha Tengah . . .
Jadi sebenarnya Eksis apa nih, koq produk Yamaha ini Dapat delay masuk Indonesia? Padahal yang nungguin banyak. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah macetnya rantai suplay dari beberapa parts seperti yang pernah disampaikan oleh CEO Yamaha Motor Europe N.V., Mr. Eric de Seynes beberapa waktu yang Lewat.
“Selama sepuluh bulan terakhir, ketersediaan bahan baku menjadi masalah di banyak daerah, seperti semi-konduktor yang diperlukan dalam pembuatan smart key kami, sistem pengereman ABS, ECU, dll. Pengiriman barang ke luar negeri juga bermasalah karena permintaan yang sangat tinggi Buat banyak kategori produk manufaktur, tetapi masalah ini menjadi lebih besar di awal musim oleh krisis tak terduga di Terusan Suez, yang melibatkan kapal pengangkut peti kemas “Ever Given”, yang mengangkut beberapa ribu produk dan komponen Yamaha.”
Buat suply ke Asia Terang ketersediaan parts seperti semi-konduktor disinyalir menjadi penyebab paling signifkan dari delay beberapa produk-produk Dunia yang diproduksi di Jepang sehingga menyebabkan supply hasil produksinya ke negara-negara lain termasuk Indonesia juga jadi ikutan telat.
Taufik of BuitenZorg | @liputanindo