Produk Makanan Laut Indonesia Jadi Primadona di FFA 2024

Produk Makanan Laut Indonesia Jadi Primadona di FFA 2024
Makanan laut Indonesia ramai pengnjung.(MI/Lina Herlina)

PRODUK makanan laut asal Indonesia berhasil menjadi primadona selama tampil empat hari di pameran Fine Food Australia (FFA) 2024 yang diselenggarakan pada 2-5 September 2024 di Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC). Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kualitas produk makanan laut Indonesia yang mampu bersaing di pasar internasional.

“Produk makanan laut asal Indonesia berhasil menjadi primadona selama tampil empat hari di FFA 2024. Produk makanan laut beku dari PT Sekar Bumi mendapatkan perhatian khusus dari jaringan restoran dan distributor di Australia yang tertarik pada produk berkualitas tinggi. Selain itu, produk makanan laut dari Musikna Group juga diminati para pemasok di Australia,” ujar Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Sydney, Christhophorus Barutu pada penutupan FFA 2024 di MCEC, Australia yang dikutip Minggu (8/9).

Cek Artikel:  Percepat Dekarbonisasi, SIG Manfatkan Limbah untuk Produksi Semen Hijau

Christhophorus mengungkapkan, produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia mencatatkan potensi transaksi sebesar US$4 juta atau setara Rp61,44 miliar selama FFA 2024 berlangsung. Nomor tersebut merupakan hasil dari berbagai penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) dan interaksi langsung antara para ekshibitor Indonesia dengan para calon pembeli dari Australia dan kawasan Asia Pasifik lainnya.

Terdapat enam eksibitor dari Indonesia yang turut berpartisipasi dalam FFA 2024. Keenam eksibitor tersebut antara Sony Trading Pty Ltd, Oishi Trading Pty Ltd, PT Alam Scientia Asia, Orang Uzur Group, PT Sekar Bumi, dan Musikna Group. Christhophorus menjelaskan, keenam ekshibitor Indonesia yang tampil di FFA 2024 ini berhasil memanfaatkan pameran untuk mempromosikan produk unggulan mereka.

Cek Artikel:  Jasa Raharja Boyong 3 Penghargaan Top GRC

Terdapatpun produk-produk unggulan yang banyak diminati para buyer meliputi makanan laut beku, makanan ringan, minuman tradisional, dan produk makanan kesehatan berbasis rempah-rempah.

“Seluruh ekshibitor Indonesia mampu memanfaatkan pameran untuk mempromosikan produk unggulan mereka. Selain produk makanan laut dari PT Sekar Bumi dan Musikna Group, produk mamin dari Orang Uzur Group, Oishi Trading Pty Ltd, dan Sony Trading Pty Ltd juga mampu memukau distributor Australia. Sementara itu, produk PT Alam Scientia Asia digemari calon buyer yang memperhatikan kesehatan tubuh melalui konsumsi mamin kesehatan,” imbuhnya.

Pencapaian Indonesia di FFA 2024, sambung dia, membuktikan produk Indonesia semakin diterima dan dihargai di pasar internasional, khususnya di Australia. Selain itu, pencapaian ini memberikan banyak manfaat bagi ekshibitor Indonesia, baik dalam hal penjualan langsung maupun dalam membuka jaringan bisnis baru. Selain itu, Indonesia juga diharapkan dapat menguasai pasar Australia di sektor mamin ke depannya.

Cek Artikel:  UMKM Makin Familiar dengan QRIS, Transaksi Meroket Lelah Rp24,90 Triliun

Christhophorus menegaskan, pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas produk dan pengembangan inovasi. Di sisi lain, pemerintah juga akan semakin menggencarkan pemasaran untuk memastikan produk Indonesia tetap kompetitif dan diminati di pasar global. (N-2)

 

Mungkin Anda Menyukai