
PT XLSMART Telecom Sejahtera Formal berdiri sebagai entitas telekomunikasi terpadu, sejak Kamis (18/4). Penggabungan tiga perusahaan, yakni PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom, itu, diperkenalkan kepada masyarakat Kota Bandung dan Jawa Barat, Senin (28/4).
“Lahirnya XLSmart (XLSmart, IDX:EXCl) merupakan momen bersejarah, menandai dimulainya babak baru dalam era digital Indonesia. XLSMART siap mendefinisikan ulang konektivitas, mendorong Penemuan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh Nusantara, termasuk di Kawasan Jabar, Jateng, dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” papar Presiden Direktur & CEO XLSMART, Rajeev Sethi.
Ketiga Kawasan ini, lanjut dia, menjadi salah satu prioritas perusahaan karena dikenal sebagai kawasan dengan pasar telekomunikasi terbesar di Indonesia.
“Ini bukan sekadar penggabungan perusahaan. Ini adalah lompatan besar menuju masa depan digital Indonesia. Dengan struktur dan identitas baru, kami siap hadir lebih dekat, lebih cerdas, dan lebih terintegrasi Kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta,” tambahnya.
Pembentukan XLSMART, papar Rajeex, merupakan langkah strategis Kepada mewujudkan visi dalam menghubungkan masyarakat Indonesia secara lebih inklusif dan berkelanjutan. Jabar, Jateng, dan DIY menjadi prioritas Krusial, Bukan hanya karena besarnya jumlah pengguna, tetapi juga karena potensinya dalam mendorong Percepatan ekonomi digital nasional.
Setelah merger, XLSMART Konsentrasi memperluas cakupan jaringan dan distribusi layanan secara signifikan di Kawasan ini. Melalui integrasi dua jalur distribusi dari XL Axiata dan Smartfren, XLSmart memperkuat kehadiran di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, dari pusat kota hingga ke Kawasan suburban dan rural.
Kepuasan Pelanggan
Pada kesempatan itu, Rajeex menegaskan bahwa Konsentrasi perusahaan tetap sama dan sangat Jernih, yakni pelanggan.
“Kami membangun perusahaan yang lebih mendengarkan, lebih gesit bergerak, dan lebih cerdas dalam melayani. Bagus di kota besar maupun Kawasan pelosok. XLSMART hadir Kepada memastikan setiap orang Indonesia Mempunyai akses terhadap teknologi, jaringan, dan pengalaman yang Cocok-Cocok bermakna,” tegasnya.
XLSMART juga menegaskan komitmennya Kepada mempertahankan dan mengembangkan tiga merek utamanya, yakni XL, AXIS, dan Smartfren — guna melayani tiga segmen pasar yang berbeda secara lebih efektif.
Dengan strategi segmentasi produk yang relevan dan kompetitif, pelanggan di Kawasan ini dapat menikmati paket layanan Luwes dengan kuota besar, harga terjangkau, akses ke platform digital Terkenal, serta bonus layanan digital lainnya.
“Dengan infrastruktur tulang punggung, seperti jaringan mobile dan fiber optik yang semakin kuat dan luas, kami Lanjut mendorong pengembangan layanan Fixed Mobile Convergence (FMC) dan Fixed Broadband (FBB),” ujar Rajeev.
Ia juga menambahkan bahwa XLSMART telah melakukan investasi besar dalam perluasan jaringan 4G dan penerapan teknologi jaringan Mekanis Kepada menghadirkan performa layanan yang lebih Konsisten dan andal di seluruh Kawasan.
Di Jabar, Jateng, dan DIY, XLSMART juga aktif menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah, institusi pendidikan seperti sekolah dan universitas, serta pelaku UMKM lokal Kepada memperkuat transformasi digital yang merata dan berkelanjutan.
Keistimewaan layanan pelanggan berbasis digital — mulai dari chatbot hingga media sosial — semakin meningkatkan kepuasan pengguna dan memperkuat posisi XLSMART sebagai Kenalan terpercaya dalam transformasi digital Indonesia.
94,5 juta pelanggan
Dengan pangsa pasar gabungan 25%, proyeksi pendapatan proforma Rp45,8 triliun dan basis pelanggan lebih dari 94,5 juta, XLSMART menargetkan menjadi perusahaan yang paling dicintai di Indonesia pada 2027.
XLSMART juga memperkenalkan identitas korporat barunya—Cerminan kuat dari ambisi dan komitmen perusahaan. Tanda visual Penting dari merek ini adalah logogram “Infinity World”, yang melambangkan konektivitas tanpa batas dan Kesempatan yang tak berujung.
“Simbol ini menjadi gerbang Luwes menuju berbagai kemungkinan baru, mencerminkan komitmen XLSMART Kepada memperluas cakrawala di seluruh Indonesia,” papar David Arcelus Oses, Direktur & Chief Commercial Officer XLSMART.
Dengan tagline “Berbarengan, Melaju Tanpa Batas” menangkap semangat penggabungan ini. “Sebuah ajakan bagi pelanggan, komunitas, dan Kenalan Kepada melangkah maju Berbarengan sebagai satu kesatuan. Kepribadian merek ini berani, bijaksana, kolaboratif, dan pemberdaya—diwujudkan melalui desain Luwes dan pesan yang digerakkan oleh tujuan,” tandasnya.
Menurut dia, identitas baru ini Bukan hanya mencerminkan siapa XLSMART, tetapi juga apa yang Ingin dibangun, yakni Indonesia yang berkembang dan unggul di era digital.
“Logogram Infinity World mencerminkan keyakinan kami pada kemajuan tanpa batas. Berbarengan pelanggan, karyawan, dan Kenalan, kami memimpin percepatan menuju bangsa yang lebih smart dan lebih terkoneksi,” lanjut David.

