Penumpang KAI Libur Natal 2023 Naik 42%

Liputanindo.id JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat volume penumpang kereta api (KA) pada periode libur Natal 2023 mengalami peningkatan sebesar 42% dibandingkan libur Natal pada 2022.

Pada periode 22-25 Desember 2023, terdapat sebanyak 854.974 penumpang KA jarak jauh dan lokal yang dikelola KAI dibanding periode yang sama di 2022 sebanyak 600.797 penumpang.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan meningkatnya volume pelanggan pada periode libur Natal 2023 dibanding tahun 2022 salah satunya dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang semakin membaik.

“Selain itu, minat pelanggan yang semakin tinggi juga diperkirakan adanya sejumlah peningkatan pelayanan yang KAI lakukan seperti peremajaan sarana dan penambahan KA-KA baru,” kata Joni Martinus dalam keterangannya, Selasa (26/12).

Cek Artikel:  PHK Meningkat, Mensos Kaji Pemberian Bansos

Pada periode libur Natal 2023, KAI mencatat puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (23/12) sebanyak 223.559 penumpang, dengan okupansi 132 persen dari tempat duduk yang disediakan. Nomor 32 persen merupakan penumpang Luwes yang turun naik antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir.

KAI pada Sabtu (23/12) menyediakan sebanyak total 169.727 tempat duduk.

Sedangkan, puncak arus balik periode Natal 2023 diprediksi terjadi pada Selasa (26/12) sebanyak 188.667 tiket telah terjual, dengan okupansi 112 persen dari tempat duduk yang disediakan.

Nomor 12 persen merupakan penumpang Luwes yang turun naik antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir, di mana KAI pada Selasa (26/12) menyediakan sebanyak total 168.854 tempat duduk.

Cek Artikel:  82.000 Koperasi Dibubarkan pada 2014-2019

KAI juga mencatat Rekanan favorit pelanggan KA jarak jauh pada periode Natal 2023, di antaranya Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta- Bandung pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Purwokerto pp, Bandung-Surabaya pp, dan lainnya.

Sementara, Kepada arus mudik libur tahun baru 2024, yakni pada 29-30 Desember 2023, KAI mencatat sebanyak 248.494 tiket telah terjual, dengan okupansi mencapai 73 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 339.188 tempat duduk.

“Dengan semangat melayani, seluruh insan KAI memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan Ciptaan produk yang kami hadirkan. KAI juga berkomitmen bahwa keselamatan merupakan Konsentrasi Esensial selama periode Natal dan tahun baru,” kata Joni.

KAI tetap mengimbau kepada seluruh penumpang agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan Metode rutin mencuci tangan Kepada menjaga diri dari virus-virus yang berpotensi menjangkit seperti COVID-19.

Cek Artikel:  Dirut PGN Niscayakan Pemanfaatan Jargas Rumah Tangga di Sleman Fasih

“Kami juga mengimbau kepada para pelanggan Kepada mengalokasikan waktu yang cukup Kepada Tamat di stasiun keberangkatan. Tujuannya Apabila terjadi kemacetan Demi menuju stasiun, pelanggan Tak tertinggal keretanya,” kata Joni. (HAP)

Mungkin Anda Menyukai