Penggunaan Transaksi Digital Meningkat, BPD DKI ini Diganjar Penghargaan

Liputanindo.id JAKARTA – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah. Penghargaan itu diserahkan langsung pada gelaran 5th Anniversary Indonesia Best CEO Awards 2024, yang diselenggarakan di Jakarta pada Kamis (21/3/2024) silam.

Direktur Teknologi dan Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Istimewa Bank DKI, Amirul Wicaksono melalui keterangan Formal, mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang diterima dan turut mendedikasikannya kepada seluruh tim Manajemen dan insan karyawan Bank DKI yang Lalu memberikan kinerja terbaik bagi Perseroan.

“Penghargaan yang diraih pastinya menjadi dorongan bagi Bank DKI Buat Lalu meningkatkan kinerja sehingga Bisa meraih visi menjadi bank pilihan masyarakat dan berimplikasi terhadap perekonomian Jakarta,” ucap Amirul.

Penghargaan Indonesia Best 50 CEO Awards 2023 merupakan bentuk apresiasi kepada para Chief Executive Officer (CEO) dan pemimpin lembaga pemerintahan/publik pilihan panelis dan The Iconomics dari berbagai sektor, Berkualitas BUMN, BUMD, swasta nasional dan Dunia.

Penilaian dilakukan melalui riset dengan beberapa kriteria, diantaranya (1) Popularity, (2) Competency, (3) Personality, dan (4) Crisis Leadership. Riset dilakukan terhadap 10.000 responden dan CEO yang meraih penghargaan merupakan peraih nilai tertinggi pada masing-masing industri atau minimal memenuhi skor 3,00 dari skala 4,00.

Cek Artikel:  Bale Jadi Transformasi Digital Super Apps BTN

Founder & CEO The Iconomics, Bram S Putro pada Demi membuka acara penghargaan mengatakan, bahwa Indonesia Best 50 CEO 2024 (Employees Choice) merupakan rangkaian acara dari Indonesia Popular CEO, dan Indonesia Public Leader 2024.

“Indonesia Best 50 CEO 2024 yang digelar setiap tahun ini telah memasuki tahun kelima, penghargaan ini adalah penghargaan yang sangat bergengsi Buat para pemimpin di Indonesia,” imbuh Bram.

Adapun Bank DKI Lalu menginisiasi pengembangan dan Penemuan produk dan layanan berbasis digital Buat perluasan aksesibilitas, diantaranya pengembangan JakOne Mobile, pembayaran elektronik berbasis kartu JakCard, dukungan UMKM dengan sistem keagenan JakOne Abank, termasuk berbagai upaya kolaborasi misalnya elektronifikasi pembayaran terintegrasi pada moda transportasi, tempat wisata kelolaan Pemprov DKI, digitalisasi pembayaran pasar kelolaan Perumda Pasar Jaya, hingga berbagai kolaborasi digital dengan BPD, BUMD dan entitas lainnya.

Cek Artikel:  Percepat Digitalisasi UMKM, Kemenkominfo Lakukan Tiga Pendekatan Ini

Jumlah pengguna aplikasi JakOne Mobile mobile banking Bank DKI periode Q4 2023 mencapai 2,23 juta orang, tumbuh 12,11% (YoY) dibanding periode yang sama pada Q4 2022, dengan volume transaksi sebesar 29,62 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp30,63 triliun.

Jumlah pengguna aplikasi JakOne Abank, yang merupakan layanan perbankan sistem keagenan dengan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS) pada Q4 2023 mencapai 4,99 ribu agen, tumbuh 170,42% (YoY) dibanding periode Q4 2022, dengan volume transaksi sebesar 3,18 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp1,72 triliun.

Sedangkan pengguna JakOne Merchant yang menyediakan layanan pembayaran secara real time dengan menggunakan QRIS pada periode Q4 2023 mencapai 31,47 ribu merchant, tumbuh 101,39% (YoY) dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, dengan volume transaksi sebesar 3,25 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp533,55 miliar.

Terbaru, di penghujung tahun 2023, Bank DKI memperkenalkan Jakarta Tourist Pass yang merupakan solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard Bank DKI) dan aplikasi (JakOne Pay Bank DKI) yang dapat digunakan Buat mempermudah wisatawan dalam mengakses layanan pariwisata di Jakarta.

Cek Artikel:  Wartsila Berbagi Langkah Letih Sasaran Emisi Nihil di Electricity Connect

JakOne Mobile – Jakarta Tourist Pass Mempunyai sejumlah fitur, yakni Maps yang menyajikan daftar Posisi destinasi wisata, fitur Event yang digunakan sebagai sumber Surat keterangan Posisi, waktu dan harga tiket destinasi wisata di Jakarta, fitur pembayaran dengan metode scan to pay, update balance, hingga Top Up JakCard.

Sedangkan kebutuhan tiket elektronik transportasi terintegrasi di Jakarta seperti KRL Commuter Line, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga LRT Jabodebek, dapat diakses dengan JakCard Bank DKI.

Senada dengan itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan bahwa Bank DKI Lalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dan inovatif demi kenyamanan transaksi, serta mendukung sinergi dengan berbagai pihak dalam mewujudkan Jakarta sebagai Kota Mendunia.

“Produk dan layanan Bank DKI akan Lalu diperluas seiring dengan visi Bank DKI Buat mendukung pertumbuhan Jakarta melalui pengembangan UMKM, kemudahan bertransaksi dan mewujudkan sistem transaksi non-Kontan,” tutup Arie. (DID)

Mungkin Anda Menyukai