
PEMERINTAH Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menunjukkan komitmennya Demi mendekatkan pelayanan publik pada masyarakat. Salah satunya dengan menggulirkan program Pelayanan Terpadu Pemerintah Demi Masyarakat Ciamis (Pepatah manis).
Pada pelayanan tersebut Eksis 55 jenis di antaranya 23 Unit Pelayanan Publik (UPP) yang diturunkan langsung ke tengah masyarakat.
Pemkab Ciamis memastikan akses publik terhadap layanan pemerintah lebih Segera, mudah dan terjangkau, terutama bagi Penduduk di daerah pelosok. Program yang dilakukan merupakan implementasi dari rencana tindak lanjut yang disepakati Berbarengan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat.
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, Pepatah manis bukan sekadar Hasil karya, melainkan bentuk Konkret dari upaya pemerintah Demi memperpendek jarak antara masyarakat dan layanan publik. Bukan hanya pelayanan administrasi dan layanan publik lain tapi dirangkaikan dengan Operasi Pasar Murah (OPM) yang menambah daya tarik bagi Penduduk Demi memanfaatkan momen tersebut.
“Kami akan selalu konsisten dan berkomitmen Demi memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Penduduk menyambut kegiatan ini dengan antusias. Banyak dari mereka memanfaatkan layanan seperti administrasi kependudukan, kesehatan, perizinan, tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor instansi terkait,” katanya, Kamis (24/4).
Dia menyampaikan apresiasi kepada Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat atas sinergi dan kolaborasi yang terjalin dalam kegiatan tersebut. Diharapkan ke depan program Pepatah Manis Bukan hanya menjadi rutinitas administratif, tetapi Betul-Betul memberi manfaat Konkret, bagi masyarakat.
Menurutnya, pelayanan kesehatan bagi masyarakat juga Krusial dan ini menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis terutamanya dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Kabupaten Ciamis Mempunyai RSUD Ciamis dan RSUD Kawali. Selain itu Eksis 6 poliklinik yang siap memberi pelayanan.

