Pemecatan STY Harus Dilihat Secara Jernih, Football Institute: Terdapat Gerakan TSM Sudutkan Erick Thohir

JAKARTA – Gerakan perlawanan muncul atas keputusan Ketua Standar PSSI Erick Thohir memecat Instruktur Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Boleh disebut perlawanan yang dibangun dengan menggiring opini masyarakat terhadap STY sebagai Instruktur paling berkualitas dan paling berjasa itu Jernih terlihat secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

Perlawanan atas keputusan itu cenderung bukan hanya membully tindakan Erick Thohir tetapi juga berupaya memicu antipati masyarakat terhadap Menteri BUMN tersebut agar meninggalkan jabatannya. Padahal, secara fakta di Rendah kepemimpinan Erick Thohir, prestasi sepakbola Indonesia mengalami peningkatan dengan program naturalisasinya.

Founder Football Institute Budi Setiawan yang dihubungi di Jakarta, Selasa (7/1/2025), meminta masyarakat Menyantap secara jernih keputusan Erick Thohir mengganti posisi STY. “Niscaya Terdapat sesuatu yang Membikin Erick Thohir berani mengambil keputusan itu. Dan, saya Pasti Niscaya Terdapat kepentingan lebih besar buat negara dibalik keputusan tersebut,” jelasnya.

Menurut Budi Setiawan, fenomena gerakan dan desakan agar PSSI mencabut keputusan pemecatan tersebut dan meminta Erick Thohir mundur sudah bukan Tengah murni gerakan sepakbola. Tetapi, menjurus gerakan sosial dari Kaum Korsel Kepada ‘memaksa’ Indonesia mempertahankan STY sebagai Instruktur.

“Dugaan saya, Terdapat kekuatan agency STY di balik fenomena ini, dimana pemilik agency tempat STY bernaung adalah orang besar di balik industri hiburan K-Pop. Apalagi, Selebriti K-Pop juga ikut berbicara Kepada meminta STY tetap dipertahankan,” ungkapnya. 

Secara rinci Budi Setiawan menceritakan, tentang adanya Gerakan Korea Wave/Hallyu yang mulai marak di awal tahun 2000-an. Hal ini didukung secara serius oleh pemerintah Korea Selatan (Korsel) yang pada tahun 2008 dengan membentuk departemen Spesifik promosi K-Pop ke dunia Dunia di Rendah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata. 

Gerakan Korea Wave ini menjadi salah satu pilar devisa negara Korea Selatan. Menurut Forbes, Tahun 2017, industri K-Pop menyumbang Sekeliling US$5 miliar atau setara Rp72 triliun. 

Kontribusi ini setara dua kali lipat jumlah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang diterima Indonesia dari sektor mineral dan batu bara yang nilainya Rp40 triliun Tahun 2020 US$ 10,9 miliar. Tahun 2021 US$ 11,7 miliar. Naik 7,34%.

Pada 2020, ekspor besi dan baja Indonesia bernilai US$ 10,85 miliar dan berada peringkat ketiga, hanya kalah dari lemak dan minyak hewan/nabati (US$ 20,72 miliar) dan bahan bakar mineral (US$ 17,29=7 miliar). Artinya, sumbangsih BTS, BLACKPINK, Tiba drakor Penthouse setara dengan hasil yang diperoleh Indonesia dari penjualan besi dan baja dalam setahun.

Setelah K-Pop dan Drakor, Korean Wave menjamah Sportainment Korsel mulai menunjukkan bahwa olahraga unggulan mereka adalah sepakbola, yang pada tahun 2002 mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia. Setelah itu mulailah, sepakbola Korsel membuktikan diri mereka memang Mempunyai kemampuan bukan sekadar menjadi tuan rumah saja tetapi membuka mata dunia dengan mengalahkan Jerman 2-0 pada Piala Dunia 2018. Meskipun Korsel gagal lolos ke babak 16 besar Tetapi prestasi tersebut menjadi kebanggaan tersendiri mengingat mereka Pandai menyingkirkan Jerman.

Cek Artikel:  Ketua NOC Apresiasi Sikap Tegas PSSI Tunda Perserikatan 1 Demi Olimpiade 2024 Paris

Adalah Shin Tae-yong yang menjadi Instruktur Pandai membawa Korsel mengalahkan german. Tetapi karena gagal melangkah ke babak fase gugur Piala Dunia 2018, skuat Timnas Korsel dilempari telur dan guling Union Jack oleh penggemar Korea Selatan karena gagal mencapai Sasaran melangkah ke babak gugur Piala Dunia 2018 setelah menempati peringkat ketiga klasemen Grup F hasil sekali menang dan dua kali kalah.

Setelah gagal mencapai Sasaran STY dipecat oleh Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) melalui Kim Pan-gon, Kepala Komite Pemilihan Instruktur KFA. Lantas, STY berlabuh ke Indonesia sebagai Instruktur kepala Timnas Garuda senior pada 2019. Bukan banyak yang Dapat dilakukan STY tahun 2019-2020 karena pandemi covid yang melanda dunia. 

Pasca covid tersebut, STY bukannya Konsentrasi menangani Timnas Indonesia, Malah sibuk bermain iklan. Tercatat Terdapat 5 kontrak iklan yang dijalankan oleh STY sejak 2022-2024. Jumlah ini lebih banyak dari jumlah trophy yang diberikan STY Kepada Timnas Indonesia.

Masifnya STY menjadi talent iklan ini setelah menandatangani kontrak Spesial dengan perusahaan agency Selebriti Korsel yang bernama ADG Company. Agency ini dimiliki oleh Lee Kyung Gyu yang merupakan actor, MC, Komedian dan Produser Sinema Korsel.

Lee Kyung Gyu tercatat sebagai Selebriti dengan bayaran tertinggi di Agensi KBS pada tahun 2010 dengan nilai 535 millar won atau setara dengan Rp6 triliun. Dan, dia dikenal sebagai Godfather di industri hiburan Korsel.

Kontrak antara ADG Company dengan STY adalah kontrak Spesial yang menggabungkan antara sport dan erntertainment. Ini menunjukkan bahwa Korean Wave sedang menuju arah baru dengan pangsa pasar tertentu. Sekaligus menunjukkan bahwa STY adalah aset bagi ADG Company yang harus dijaga reputasi dan pemberitaannya.

Menyantap fenomena Korean Wave yang didukung oleh pemerintah Korsel, Jernih Budi Setiawan, Dapat ditarik garis linier bahwa STY telah didaulat menjadi duta Korsel Kepada olahraga. Yang sebelumnya Terdapat BTS & Blackpink Kepada musik serta drama Korea Kepada budaya.

Dari sektor pariwisata Korsel sukses mendatangkan turis mancanegara khususnya Indonesia yang datang karena mereka Ingin Menyantap Posisi syuting drakor yang sering mereka tonton dan menyaksikan konser musik K-Pop.

Dari data CNBC Indonesia Tahun 2023, wisatawan Indonesia ke Kosel berjumlah 220.000, tahun 2024 ditargetkan naik menjadi 300.000 atau naik 30%. Melalui budaya korea sukses meningkatkan sektor pariwisata.

Kini, Korsel memulai project sport entertainment melalui sepakbola dengan pangsa pasar yang sangat spesifik Ialah Indonesia. Dengan STY sebagai Instruktur Timnas Indonesia itu memudahkan sales mission Korsel melalukan penetrasi dengan penduduk Indonesia yang berjumlah 270 juta dimana 70% masyarakatnya menyukai sepakbola. 

Cek Artikel:  Mengapa Antony Absen di Pertandingan MU vs Bournemouth?

STY lebih kental sebagai Selebriti K-Pop ketimbang figur sepakbola. Gaya komunikasi STY sangat berubah ketika dia ditangani oleh ADG Company tahun 2022. Dia lebih artikulatif dan Pandai memainkan perasaan serta emosi publik.

Tahun 2019 – 2021, STY Bukan Pandai mengartikulasikan kemampuan komunikasinya, Segala berubah setelah Terdapat ADG Company yang  sangat memikirkan Imej dan publikasi STY sebagai duta olahraga Korean Wave. Tentu ADG Company sebagai pihak yang mencarikan iklan Kepada STY Mempunyai kepentingan agar Imej dan pemberitaannya positif sehingga Bukan merusak Imej brand yang melekat. 

Meskipun indonesia dapat lolos babak 16 besar piala asia Tetapi kelolosan itu dibantu oleh Kyrgistan yang Pandai menang melawan Oman, dan membawa indonesia menjadi salah 1 peringkat 3 terbaik. 

Anehnya menjelang pertandingan Rival Jepang muncul desakan kepada PSSI di sosial media agar STY tetap dipertahankan, padahal bertanding melawan Jepang pun belum. Ini seperti mengkondisikan bahwa jikapun Indonesia gagal lolos 16 besar STY tetap harus dipertahankan. 

Siapakah yang berkepentingan? Ya tentu saja sty dan adg company. Mengapa? Karena kontrak 

terbaru sty dengan tsb korea perusahaan metaverse yang menjual avatar STY dengan menggunakan property Timnas Indonesia seperti jersey timnas, burung garuda dan batik Indonesia Mempunyai kepentingan Kepada pasar di Indonesia. Sehingga mereka butuh waktu Tengah Kepada melakukan penetrasi pasar.

Pertanyaannya apakah PSSI mengetahui hal ini? Apakah dalam kontrak PSSI memperbolehkan Kepada STY melakukan aktivitas komersial dengan pihak lain? Tentu ini harus dijelaskan oleh PSSI.

Penjualan avatar ini tentunya akan menjadi devisa negara bagi Korsel dan bukan Kepada Indonesia, dan tentunya Bukan Terdapat pajak yang dibayar ke pemerintah Indonesia. Dengan nilai kontrak yang fantastis dengan Timnas Indonesia, Rupanya STY tetap menyukai profesinya  sebagai bintang iklan.

“Jadi Kalau dibilang pihak STY Bukan punya kepentingan selain sepakbola, maka kita perlu Menyantap kembali data di atas betapa industri Korean Wave ini sudah menjadi pilar sumber pemasukan negara yang sangat potensial

Kinerja STY Kepada Produk Iklan Korsel

Sementara itu di lain pihak STY Malah memberikan Dampak Konkret kepada brand dimana ia menjadi bintang iklannya. Penjualan produk dimana STY menjadi talent Cocok-Cocok melonjak secara Bukan terduga.

Dampak STY ke Perusahaan Mobil Korea Hyundai. Tahun 2022, STY mengikat kontrak Kepada menjadi talent/model iklan di perusahaan mobil Korea Hyundai. Menurut Chief Operating Officer atau COO HMID, Makmur mengatakan Tahun 2020 Hyundai menjual 200 unit mobil, 2021 naik menjadi 3 ribuan unit, tahun 2022 naik menjadi 30 ribuan lebih. [detik oto tanggal 17 Januari 2023] 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima oleh Bisnis, Hyundai mencatatkan penjualan mobil sebanyak 2.709 unit secara wholesales sepanjang semester I/2023 dengan pangsa pasar 3,6 persen. 

Cek Artikel:  Mees Hilgers Tampil Gemilang, FC Twente Sukses Curi Poin di Kandang MU - Liputanindo.id

Chief Operation Officer (COO) Hyundai Motors Indonesia Makmur mengatakan penjualan mobil tercatat positif hingga Juni 2023 dengan adanya pertumbuhan secara penjualan ritel atau retail sales meningkat Nyaris dua kali lipat secara YoY.

“Sepanjang semester I/2023, HMID berhasil meraih pertumbuhan retail sales Nyaris dua kali lipat dibanding Semester I/2022,” ujar Makmur [bisniscom 14 Juli 2023].

Mobil Hyundai yang paling laku adalah Stargazer, Creta dan Ioniq 5. Yang secara linier STY adalah model iklan Kepada Hyundai dengan jenis mobil Hyundai Creta. Video komersial dengan durasi 18 menit itu sudah diunggah di youtube sejak Pelan dengan viewers yang Bukan sedikit. 

STY Menjadi Model Iklan Hyundai Creta yang sudah ditonton 2 juta kali

https://www.youtube.com/watch?v=41PLWH8vF5M

https://otomotif.bisnis.com/read/20230714/275/1674926/penjualan-mobil-hyundai-naik-Nyaris-dua-kali-lipat-semester-i2023

https://otomotif.antaranews.com/Informasi/3902412/penjualan-hyundai-motor-naik-69-persen-pada-2023

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/05/penjualan-mobil-hyundai-naik-32-pada-agustus-2023-ditopang-model-suv

Dampak STY ke Bank Korea Hana Bank

Kemudian, STY menjadi talent iklan hana bank sejak tahun 2022 dan banyak membintangi iklan dari Hana Bank. Setelah itu Hana Bank mencatat lebih dari 22 juta transaksi atau naik 2x lipat. Fitur pinjaman LINE Bank by Hana Bank juga telah memproses lebih dari 1 juta pengajuan pinjaman di tahun itu. LINE by Hana Bank adalah iklan komersial dimana STY menjadi talent (Kontancoid 15 Maret 2022)

https://onefootball.com/fr/news/jelang-piala-dunia-u-20-indonesia-pundi-pundi-Fulus-shin-tae-yong-bertambah-kok-Dapat-37021858

https://www.Bunyi.com/bisnis/2023/09/05/161428/bank-asal-korea-selatan-ini-incar-nasabah-milenial-ri

Bukan hanya itu saja, manuver STY juga berdampak ke Perusahaan Makanan Korea Nongshim Bulgogi Nongshim sebagai sebuah brand mie instan asal Korea Selatan melakukan penetrasi pasar di Indonesia. 

Jenny Liliyanty, Brand Manager PT. Sukanda Djaya mengatakan Kepada mempromosikan produk makanan yang telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI ini, Perseroan menggandeng Shin Tae-Yong. Dia merupakan Instruktur sepakbola tim nasional Indonesia. 

Shin Tae-Yong dipilih sebagai talent dalam memperkenalkan produk ini karena dia merupakan public figure Korsel yang cukup dikenal di Indonesia sehingga Dapat mewakili Nongshim Indonesia dalam berbagai aspek seperti kultur dan misi brand.

“Dengan perpaduan ini kami Pasti cita rasa Nongshim Bulgogi Dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat Indonesia sehingga penetrasi ke pasar di Indonesia Dapat lebih luas Tengah,” Jenny dalam keterangan tertulisnya (sindonews 12 Januari 2023)

https://ekbis.sindonews.com/read/994215/34/mi-instan-asal-korea-penetrasi-pasar-indonesia-1673532106

Video STY Kepada produk iklan mie instan korea selatan ini ditonton 7,5 juta kali sejak tayang di awal 2023.

https://www.youtube.com/watch?v=dxBKySOQTdM

Konklusi: Mayoritas iklan STY adalah perusahaan Korea Selatan yang melakukan usaha di Indonesia, seperti Hyundai, Hana Bank dan Mie Instand Korea Selatan. Tujuannya sangat Jernih, Ialah menggunakan STY yang Terkenal sebagai Instruktur Timnas Indonesia Kepada memperluas dan melakukan penetrasi pasar di indonesia dengan tujuan akhir meningkatkan penjualan dan profit produk Korsel.

STY Bukan mungkin menjadi bintang iklan brand-brand tersebut Kalau dia Bukan menjadi Instruktur Timnas Indonesia. Artinya Terdapat keuntungan pribadi yang diperoleh oleh STY karena posisinya sebagai Instruktur Timnas Indonesia.  ***

Mungkin Anda Menyukai