Staf Spesifik Menteri BUMN Arya Sinulingga memberikan paparan tentang pentingnya optimalisasi pemanfaatan teknologi digital dan AI sesuai dengan Asta Cita Presiden Prabowo. Foto: dok SIG.
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan perhatiannya akan peningkatan kompetensi komunikasi karyawan BUMN dalam hal pemanfaatan teknologi digital dan Artificial Intelligence (AI), dengan menggelar workshop bertema “Navigating the Future of Social Media with AI Technology“.
Acara yang digelar pada 3-4 Januari 2025 ini menjadi ajang berbagi ilmu dan inspirasi, mengupas tren terkini dalam dunia media sosial yang kini semakin dipengaruhi oleh teknologi AI. Sebanyak lebih dari 100 peserta dari seluruh BUMN secara antusias mengikuti workshop tersebut.
Staf Spesifik Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan pentingnya mengikuti perkembangan Era, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. “Hari ini kita dimudahkan dengan hadirnya AI, mempercepat kita dalam bekerja. Buat itu, mulai tahun ini kita akan banyak belajar dengan teknologi, diharapkan Seluruh BUMN dapat mengglorifikasi apa saja yang menjadi program pemerintah, Asta Cita Presiden,” ungkap dia, dikutip Jumat, 10 Januari 2025.
Arya Sinulingga menyampaikan pentingnya membangun narasi dalam berkomunikasi, membangun campaign secara efektif dan efisien, guna mewujudkan Cita-cita masyarakat akan pembangunan yang berkelanjutan.
“Sebagai komunikator Buat memajukan BUMN, Mitra-Mitra paham bagaimana programnya, mana yang butuh promosi, mana yang perlu Ciptaan. Kita cari angle-angle Buat membangun komunikasinya dengan tujuan akhirnya meningkatkan ekonomi Indonesia,” tambah dia.
Kota Padang dipilih sebagai kota pertama dalam rangkaian workshop. Bertempat di The ZHM Premiere, acara tersebut terwujud melalui kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan PLN, Pertamina, KAI, BTN, Danareksa, SIG dan Pupuk Indonesia. Sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terdepan di Indonesia yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mendukung inisiatif Kementerian BUMN Buat mewujudkan Asta Cita Presiden Prabowo melalui pemanfaatan teknologi komunikasi berbasis AI. SIG Group mengikutsertakan tujuh karyawan dalam kegiatan workshop tersebut.
Danang Prakoso (paling kanan), narasumber dari Mediatics Digital Indonesia, memberikan insight kepada peserta bagaimana AI dapat mengubah Metode content creator dan brand berinteraksi dengan audiens dalam sharing session sebagai rangkaian kegiatan Workshop Influencer BUMN di The ZHM Premiere, Padang, Sumatra Barat, Sabtu, 4 Januari 2025.
Teknologi AI bawa manfaat ke perusahaan
Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengapresiasi Kementerian BUMN yang telah menginisiasi kegiatan workshop pemanfaatan digital dan AI dalam komunikasi media sosial bagi karyawan BUMN. SIG menyadari kehadiran teknologi AI Bisa membawa manfaat besar Buat mendukung Gambaran positif Perusahaan yang pada akhirnya berkontribusi terhadap kinerja.
“Teknologi AI telah membawa perubahan yang cukup signifikan dalam berbagai aspek kehidupan di era modern Demi ini. Khususnya di bidang komunikasi, teknologi AI dapat dimanfaatkan sebagai alat yang efektif Buat menyampaikan pesan positif tentang Perusahaan ke publik dan pemangku kepentingan, bahkan membantu optimalisasi kegiatan pemasaran melalui saluran digital. Semoga kegiatan workshop ini membawa Akibat besar bagi peningkatan skill berkomunikasi karyawan BUMN di media sosial,” ujar Vita Mahreyni.
Kegiatan workshop itu terdiri dari beberapa sesi, salah satunya berupa sharing session oleh Danang Prakoso dari Mediatics Digital Indonesia, yang mengupas bagaimana AI mengubah Metode content creator dan brand berinteraksi dengan audiens, mulai dari penyusunan ide hingga naskah. Siti Nur Aisyah dan Vira Enjella juga berbagi tentang bagaimana meningkatkan engagement dan manajemen SDM (Sumber Daya Insan) yang selama ini diterapkan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam tajuk BRI Creator Hub.
Selama dua hari, peserta Tak hanya mendapatkan ilmu secara teori, Tetapi juga langsung mengimplementasikan Variasi materi yang diberikan narasumber melalui workshop task Golongan dan individu. Selain itu peserta juga diajak mengunjungi aset pembangkit Punya PLN Indonesia Power, UBP Teluk Sirih.
Memperhatikan secara langsung bagaimana keandalan UBP Teluk Sirih dalam sistem kelistrikan Sumatra serta Ciptaan-Ciptaan yang dilakukan Buat mendukung program pemerintah. Mulai dari Ciptaan co-firing transisi Daya hijau menuju swasembada Daya, pemanfaatan FABA (Fly Ash Bottom Ash) Buat ekonomi kerakyatan hingga dukungan terhadap ketersediaan listrik Satuan Pelayanan Gizi.
Acara ini dihadiri General Manager PLN UID Sumatra Barat Ajrun Karim, Manager Angkutan Barang KAI Divre II Sumatra Barat Eko Tjahjono, Kepala Humas KAI Divre II Sumatra Barat M. As’ad Habibudin, Corporate Secretary Semen Padang Iskandar Z. Lubis, SM Communication Semen Padang Nur Anita Rahmawati, dan influencer BUMN se-Sumatra Barat, Riau dan Kepulauan Riau.
Acara workshop ditutup dengan ramah tamah makan malam Berbarengan serta pemberian penghargaan kepada karya-karya terbaik dari Group Content dan Individual Content Challenge. Muhammad Ikbal dari Pelindo berhasil menjadi Juara kategori individual content serta Golongan 4 sebagai Juara kategori group content.