Pelabuhan Global Ferry Batamcenter Terapkan Autogate Keimigrasian

Pelabuhan Internasional Ferry Batamcenter Terapkan Autogate Keimigrasian
PENERAPAN AUTOGATE DI PELABUHAN Global BATAM: Penumpang memindai Paras pada sistem autogate di terminal kedatangan Pelabuhan Global Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (11/10/2022).(ANTARA/Tegar Prihatna)

PELABUHAN Global Ferry Batamcenter menerapkan Ciptaan digital Kepada meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang. Langkah itu diambil Kepada mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang perayaan Tahun Baru 2025.

Direktur Penting Pelabuhan Global Ferry Batamcenter Victor Pujianto mengatakan, pihaknya telah mengimplementasikan sistem autogate keimigrasian sebagai bagian dari transformasi digital pelabuhan.

“Kami telah menambah lima unit autogate di area kedatangan yang dapat mempersingkat waktu pemrosesan penumpang menjadi hanya 15-20 detik,” katanya, Jumat (27/12).

Implementasi sistem autogate ini diproyeksikan dapat meningkatkan efisiensi proses imigrasi hingga 30%-40%. Sebagai bagian dari pengembangan berkelanjutan, pelabuhan berencana menambah lima unit autogate Kembali yang akan beroperasi pada awal Januari 2025, sehingga total akan tersedia sepuluh unit di area keberangkatan dan kedatangan.

Cek Artikel:  Polres Gowa Tangani Kasus Fulus Imitasi yang Dibuat di Salah Satu Kampus, 15 Tersangka Diamankan

Modernisasi fasilitas ini menjadi krusial mengingat prediksi peningkatan volume penumpang sebesar 20%-30% selama periode Natal dan Tahun Baru, dengan Perkiraan mencapai 5.000 hingga 6.000 penumpang per hari. Meski demikian, pengelola pelabuhan memperkirakan arus penumpang akan tetap terkendali karena periode libur Natal dan Tahun Baru Enggak berdekatan.

Selain digitalisasi layanan, pelabuhan juga akan menjalani renovasi komprehensif pada tahun 2025. Renovasi itu akan mencakup pembaruan interior dari Dasar 1 hingga 3 yang bertujuan mengoptimalkan tata ruang dan meningkatkan efisiensi operasional pelabuhan.

“Kami berkomitmen Kepada Lanjut meningkatkan standar pelayanan melalui integrasi teknologi digital dan perbaikan infrastruktur,” ujarnya.

Cek Artikel:  Seekor Lumba Lumba Risso Tewas Terdampar di Pantai Pangandaran

Demi ini, pelabuhan mengoperasikan dua dari tiga dermaga yang tersedia, melayani 140 trip per hari dengan Jarak kedatangan kapal setiap 10 menit.

Melalui kombinasi Ciptaan digital dan peningkatan infrastruktur, Pelabuhan Global Ferry Batamcenter berupaya memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan efisien bagi para penumpang, sekaligus mempersiapkan diri menghadapi pertumbuhan arus penumpang di masa mendatang. (HK/E-2)

Mungkin Anda Menyukai