
Ban Westlake, melalui fasilitas manufakturnya, PT Surya Tire Indonesia (MTI) yang berlokasi di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah, memperkerjakan sedikitnya 1.800 orang, dan menyerap total 3.000 orang pada tahun ini.
Pabrik yang memproduksi ban Demi truk ringan, truk dan bus, hingga radial mobil penumpang ini diproyeksikan memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun Global. MTI beroperasi sejak 2024 dan menjadi bagian dari Zhongce Rubber Group, perusahaan ban asal Tiongkok ini masuk ke pasar Indonesia sejak 2014 melalui agen tunggal dan distributor Formal, PT Lam Seng Hang Resin and Rubber Indonesia.
Produk Westlake telah dipasarkan di lebih dari 120 negara, menempati peringkat 9 Dunia dan pertama di Tiongkok. Di Indonesia, fokusnya adalah segmen truk ringan, truk & bus, off-the-road, agriculture, dan industrial.
“Industri pertambangan, logistik, dan transportasi di Indonesia Lanjut bertumbuh, keperluan ini menuntut produk berkualitas tinggi dengan daya tahan optimal di medan berat dan ekstrem,” kata Senior Regional Sales Manager PT Lam Seng Hang Resin and Rubber Indonesia Andy dalam pameran Mining Indonesia di JIEXPO Kemayoran, Westlake.
Optimisme Westlake menjadi bagian dari pertumbuhan Sasaran penjualan para peserta pameran IEE Series, pameran yang menaungi Mining Indonesia yang tahun ini mencapai 20% dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp7,4 triliun.
Westlake juga mengimplementasikan pendekatan konsultatif, mencakup pemilihan ban sesuai kebutuhan spesifik, pendampingan teknis di lapangan, serta pelatihan penggunaan dan perawatan. Salah satunya, Metode membaca kode ban mobil yang terdiri dari lebar tapak ban, aspek rasio atau tinggi dinding samping, Pembangunan bannya dan diameter pelek.
Pada truk, misalnya terdapat kode 10.00 – 20 16PR. 10.00 menyatakan lebar dalam inci, – menandakan Pembangunan bias, 20 diameter dalam inci dan 16PR kekuatan dari memikul muatan. Satuan 16PR itu berarti, kekuatan lembar kawat baja pada ban setara dengan 16 lapis benang nylon.
Ke depannya, Westlake juga akan merambah pasar passenger car radial. Sorotan tahun ini lainnya adalah teknologi terbaru pre-strain contour theory yang Pandai memaksimalkan usia Mengenakan ban. Teknologi ini memastikan tapak ban lebih Kukuh dan meminimalisir deformasi bentuk, sehingga meningkatkan performa serta efisiensi operasional. Jaringan Tempat simpan yang telah dibuka terletak di Jakarta, Surabaya, Semarang, Balikpapan, serta menyusul Sumatra. (X-8)

