
PLATFORM Customer Relationship Management (CRM) yang menjadi tulang punggung pengelolaan pelanggan bagi perusahaan besar, sering kali sulit dijangkau UMKM karena mahal.
Guna memenuhi kebutuhan tersebut, OCA Indonesia (https://ocaindonesia.co.id/) dari PT Telkom Indonesia (Telkom) menghadirkan OCA Interaction Lite.
OCA Interaction Lite merupakan platform CRM Demi UMKM dari OCA yang dirancang Spesifik membantu UMKM mengelola interaksi pelanggan. Platform ini membantu UMKM Demi berinteraksi dengan pelanggan secara lebih profesional, dengan biaya dapat disesuaikan kebutuhan.
“OCA Interaction Lite hadir sebagai bukti Konkret komitmen kami mendukung kemajuan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing. Sebagai solusi teknologi yang inklusif, OCA Interaction Lite membantu UMKM mengelola interaksi dengan pelanggan secara lebih efektif, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan mereka. Solusi ini tentunya akan mendorong perkembangan usaha UMKM,” ujar Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business & Technology Telkom, Rabu (23/3).
Menurut dia, OCA Interaction Lite merupakan solusi inklusif yang mempermudah UMKM mengadopsi CRM sehingga UMKM menjadi lebih kompetitif. Melalui pendekatan berbasis add-on, UMKM dapat memanfaatkan OCA Interaction Lite Demi pengelolaan pesan dan komentar di media sosial dalam satu dashboard terpusat.
“Pengelolaan channel komunikasi dan pesan yang terorganisir membantu UMKM Demi memberikan respons yang lebih Segera dan lebih Bagus, sehingga pelayanan kepada pelanggan semakin optimal,” katanya.
Pusat informasi internal
Fitur di OCA Interaction Lite seperti Quick Reply Template, mempermudah UMKM dalam menjawab pertanyaan standar pelanggan, seperti jam operasional atau rincian produk. Platform ini juga dilengkapi Knowledge Base sebagai pusat informasi internal yang mempermudah agen customer service memberikan jawaban konsisten dan Presisi kepada pelanggan.
OCA Interaction Lite juga dilengkapi fitur Label dan Contact Management, guna membantu UMKM mengelompokkan percakapan pelanggan dan menyimpan data pelanggan. Fitur ini menciptakan interaksi yang lebih personal dan terarah.
“Transformasi dengan OCA Interaction Lite ini membuktikan Telkom melalui produk digital unggulannya memberikan kontribusi langsung Demi meningkatkan daya saing bangsa. Penemuan yang dilakukan Telkom mengedepankan kebutuhan UMKM, sehingga membuka Kesempatan bagi pelaku UMKM Demi Bertanding secara profesional dengan investasi yang terjangkau,” tambahnya.
Melalui OCA Interaction Lite, OCA Indonesia membuka pintu bagi bisnis kecil Demi lebih terhubung dengan pelanggan mereka, sehingga membantu mendorong usaha UMKM tumbuh lebih besar dan lebih kuat.

