New Yamaha MT-09 MY2024 . . Update Ergonomi Dilengkapi Teknologi Tekini

liputanindo.com – Setelah 1 Dasa warsa sejak peluncuran MT-09 generasi pertama, sosok motor Hyper Naked dari Yamaha ini mengalami update yang cukup banyak dan refreshmment desain body dan juga peningkatan pada ingkat kenyamanan. Dengan tampilan motor yang agresif dan edgy serta spesifikasi premium plus kehadiran banynak fitur serta teknologi terbaru. Kombinasi mesin crossplane CP3 dengan output torsi melimpah dan juga bodywork yang agresif Membikin MT-09 menjadi salah satu motor Yamaha yang sangat Laku di Eropa.

Biasanya kan motor di kelas Hyper Naked Mempunyai banyak perangkat sana sini dan dimensi yang cukup besar, nah berbeda dengan pendekatan Yamaha kepada MT-09 terbaru ini yang Guna filosofi ‘less is more‘, gaya Hyper Naked generasi terbaru Yamaha ini didesain dengan bentuk bodi yang agresif tapi Tetap minimalis. Lampu depan LED projector terbaru sekarang tertutup semacam cover dengan sepasang Daytime Running Light yang malah mirip topeng baju tempur Punya Tony Stark sang Iron Man.

Lampu depan dual LED projector berdimensi mungil ini juga dipakai pada XSR900-GP yang sebelumnya sudah dipamerkan Yamaha. Tetap ngomongin pencahayaan, di bagian belakang terdapat lampu belakang LED baru yang terpisah dari lampu rem dan dilengkapi dengan lensa Dasar dengan mika Rona smoke.

Kepada ergonomi pengendara juga direvisi dengan mengatur ulang bentuk jok yang sekarang melibatkan model terpisah antara rider dan pembonceng Kepada meningkatkan posisi berkendara dan Membikin naik – turun lebih mudah. Desain tangki bahan bakar juga diperbaharui, yang Membikin posisi berkendara yang lebih sigap dan sedikit condong ke depan, dengan tetap mempertahankan estetika yang tajam dan edgy yang identik generasi MT.

Tetap soal riding position, Yamaha merancang ulang footpeg yang posisinya lebih jauh ke belakang sebanyak 30mm sekaligus menaikkannya Dekat 10mm, sementara posisi setang lebih rendah dari model sebelumnya. Selain itu sudut kemudi dibuat lebih besar dari MT-09 sebelumnya berkat bentuk tangki yang baru.

Satu yang Aneh dan ini juga Pandai dikatakan jadi Tanda khas Yamaha, Pada MT-09 baru ini hadir sepasang air intake baru dengan kisi-kisi guna penguat akustik yang terletak di atas tangki bahan bakar Kepada menonjolkan Bunyi induksi frekuensi tinggi Demi udara disedot throttle body masuk ke ruang bakar. Seperti yang juga ditemukan pada MT-10, desain air intake ini tujuannya Kepada menonjolkan Bunyi frekuensi tinggi guna memberikan sensasi berkendara dan Membikin rider Pandai lebih mengerti raungan mesin motor di setiap bukaan throttle. Mirip-mirip ulah Yamaha pada acoustic air intake mobil Lexus LFA ini sih.

Cek Artikel:  Breaking News : Mario Suryo Aji musim 2019 Full di CEV Moto3

Tenaga motor Tetap berasal dari mesin 890cc bertenaga 117 BHP tiga silinder ‘CP3’ yang diperkenalkan pada tahun 2021, tetapi pada model baru ini akan lebih bertenaga. Sudah memenuhi standar Euro 5 dan juga adanya pembaharuan pada injector guna mencapai efisiensi di ruang bakar mesin. Serta Assist & Slipper clutch terbaru guna menyesuaikan output tenaga yang lebih besar pada model terbaru ini.

Kemampuan IMU 6 Axis ditingkatkan, merupakan hasil dari pengembangan pada Yamaha YZF-R1 diturunkan ke MT-09 ini dilengkapi dengan Back Slip Regulator (BSR) atau pengatur gejala selip roda belakang Kepada menambah stabilitas Demi roda belakang terkunci Demi engine brake keras. MT-09 terbaru ini juga Mempunyai cruise control sebagai fitur standar, quickshifter.

Quick Shift System (QSS) generasi ketiga Yamaha yang baru, yang memungkinkan up-shifting / down-shifting Segera dan tanpa menarik kopling dan QSS-nya Mempunyai dua pengaturan. Pengaturan pertama memungkinkan up-shifting Demi berakselerasi dan down-shifting Demi deselerasi. Pengaturan kedua memperluas fungsionalitas di berbagai situasi yang lebih luas dengan mengizinkan down-shifting Demi berakselerasi dan up-shifting Demi deselerasi. Sistem canggih ini Membikin Percepatan penuh menjadi lebih mengasyikkan dan menurunkan gigi lebih Segera dan halus.

MT-09 menawarkan tiga riding mode: Sport, Street, dan Rain, dengan pengaturan yang berbeda Kepada power delivery, traction control, slide control system dan lift control Kepada menyesuaikan dengan situasi yang berbeda. Kepada tahun 2024, MT-09 menambahkan dua mode Spesifik yang dapat diprogram oleh pengendara melalui aplikasi ponsel pintar MyRide Yamaha atau menggunakan switchgear yang telah didesain ulang pada handlebar sebelah kiri.

Cek Artikel:  Berhasil Masuk Q2, Arbi Raih Akan start dari Row 5 di 2 Race JuniorGP Valencia 2023

Fitur lainnya seperti layar TFT 5 inci baru, lebih besar dari model sebelumnya, dengan pilihan empat tema layar yang berbeda Kepada disesuaikan dengan situasi berkendara atau preferensi rider. Layar dinavigasikan melalui tombol-tombol setang yang terintegrasi. Konektivitas yang menjadi standar MT-09 melalui Communication Control Unit (CCU) yang terintegrasi.

Rider Pandai tetap terhubung Demi berkendara dengan menghubungkan smartphone ke motor menggunakan aplikasi Y-Connect gratis dari Yamaha. Selain itu, navigasi turn-by-turn lengkap tersedia melalui aplikasi Garmin StreetCross Kepada mempermudah perjalanan.

Juga hadir fungsi lampu sein baru yang Aneh. Soft click pada sakelar lampu sein, dan rider akan mengedipkan lampu sein yang diinginkan sebanyak tiga kali sebelum lampu sein tersebut Tewas dengan sendirinya. Normal click pada sakelar Kepada pengoperasian lampu sein normal, tetapi lampu sein 2024 MT-09 sekarang sudah Eksis fitur dapat Tewas sendiri. Kalau lampu sein menyala selama lebih dari 15 detik, atau sepeda motor melaju lebih dari 150 meter, lampu sein akan berhenti berkedip dengan sendirinya. Wah, fitur Krusial buat motor di Indonesia nih.

Sektor pengereman juga ditingkatkan dengan master silinder tipe radial dari Brembo yang dipasangkan dengan cakram depan ganda diamter 298mm. Selain itu, tuas kopling baru menyediakan beberapa penyesuaian Kepada mengakomodasi berbagai preferensi dan ukuran tangan. Di roda belakang dibekali carkam tunggal berdiameter 245mm dengan kaliper dua piston dari Nissin.

MT-09 2024 dilengkapi dengan garpu depan KYB diamter as 41 mm yang dapat disesuaikan sepenuhnya dengan travel 5,1 inci. Suspensi belakang menggunakan shock KYB dengan peredaman preload dan rebound yang dapat disesuaikan serta desain linkage baru yang diklaim Yamaha memberikan sensasi yang lebih Elastis, meskipun jarak tempuh 4,6 inci lebih pendek 0,2 inci dari model 2023. MT-09 juga mendapatkan ban Bridgestone Battlax Hypersport S23 M yang baru saja diluncurkan oleh Bridgestone di Jepang. Karet ban membalut sepasang velg alloy dengan proses mutakhir SpinForged dari Yamaha yang memberikan handling dan grip ban yang lebih Berkualitas.

Cek Artikel:  Dimas Ekky Pertontonkan Semangat Luar Lazim di Barcelona

Yamaha akan menjual MT-09 MY2024 ini di berbagai Area pasar di seluruh dunia, dengan pilihn Rona, harga, serta ketersediaannya yang mungkin akan berbeda di setiap Area negara. Kepada Area pasar Amerika Perkumpulan Rona yang tersedia Kepada tahun 2024 (rencananya dijual mulai bulan Maret) adalah Team Yamaha Blue, Midnight Cyan, dan Matte Raven Black. Sedangkan harga MSRP AS Kepada Yamaha MT-09 2024 mulai dari $10.599 atau Sekeliling 170 juta Rupiah (perhitungan harga tanpa biaya shipping ke Indonesia, pajak/bea dan lain-lain). | @liputanindo

2024 MT-09 SPECIFICATIONS
Engine type 4-stroke, Liquid-cooled, DOHC, 4-valves, In-Line Three-Cylinder
Displacement 890cc
Bore x stroke 78,0 × 62,1 mm
Compression ratio 11,5 : 1
Maximum power 87,5 kW (119,0 PS) @ 10.000 rpm
Limited power version A2 version restricted – 35,0 kW (47,6 PS) @ 6.000 rpm

A2 version unrestricted – 70,0 kW (95,2 PS) @ 9.000 rpm

Maximum Torque 93,0 Nm (9,5 kgf-m) @ 7.000 rpm
Lubrication system Wet sump
Clutch Type Wet, Multiple Disc
Ignition system TCI
Starter system Electric
Transmission system Constant Mesh, 6-speed
Final transmission Chain
Fuel consumption 5,0 L/100 km
CO2 emission 116 g/km
Carburettor Electronic Fuel Injection
Frame Diamond
Front suspension system Upside-down telescopic fork, Ø 41 mm
Rear suspension system link suspension, Swingarm
Front brake Hydraulic dual disc, Ø 298 mm
Rear brake Hydraulic single disc, Ø 245 mm
Front tyre 120/70ZR17M/C (58W) Tubeless
Rear tyre 180/55ZR17M/C (73W) Tubeless
Overall length 2.090 mm
Overall width 820 mm
Overall height 1.145 mm
Seat height 825 mm
Wheel base 1.430 mm
Ground clearance 140 mm
Wet weight (oil+fuel) 193 kg
Fuel tank capacity 14 L
Oil tank capacity 3,50 L

 

Mungkin Anda Menyukai