JURNALIS industri kendaraan niaga dari 24 negara Eropa telah memilih Mercedes-Benz eActros 600 bertenaga baterai untuk menerima penghargaan “Global Truk of the Year 2025”. Itu merupakan penghargaan terpenting pada industri kendaraan niaga.
Para juri mengapresiasi konsep teknologi inovatif secara keseluruhan dari truk heavy-duty jarak jauh ini. Truk dengan teknologi penggerak modern ini dinilai memiliki efisiensi energi tinggi dan mampu menempuh jarak 500 kilometer tanpa pengisian daya perantara.
Hal tersebut dibuktikan pada program eActros 600 European Testing Tour 2024”. Itu adalah program perjalanan pengembangan dan pengujian elektrik sepanjang lebih dari 15.000 kilometer melewati total 22 negara, dengan membawa massa kombinasi kotor 40 ton.
Baca juga : PT Alun Indah Sabet Gelar Mercedes-Benz Commercial Vehicles Dealer of the Year 2023
Pada berbagai tahapan harian perjalanan, secara teoritis truk Mercedes-Benz eActros 600 memungkinkan capaian jarak tempuh lebih dari 600 kilometer tanpa pengisian daya perantara. Di sepanjang rute, kedua truk jarak jauh ini juga mencoba pengisian daya secara eksklusif di titik pengisian daya umum. Tujuannya untuk membuktikan kesinambungannya dengan kesiapan ekosistem.
CEO Mercedes-Benz Trucks Karin Rådström menerima penghargaan tersebut pada acara IAA Transportation 2024 di Hanover, Jerman, dari Ketua Juri International Truck of the Year (ITotY) Gianenrico Griffini.
“Sejak awal, Mercedes-Benz Trucks merancang eActros 600 sebagai truk listrik. Hasilnya adalah kendaraan baterai-listrik canggih dan mahir dalam berbagai aplikasi jarak jauh,” ungkap Gianenrico Griffini dalam keterangannya, Kamis (19/9).
Baca juga : PT Panji Rama Otomotif – Gandaria Sabet Mercedes-Benz Dealer of the Year 2022
Karin Rådström menyebut pihaknya bangga dan bahagia karena juri memilih eActros 600 sebagai International Truck of the Year 2025.
“Dekat semua anggota dewan juri telah menghabiskan waktu di belakang kemudi, menguji eActros 600 di jalan-jalan di seluruh Eropa sehingga mereka memiliki kesempatan untuk merasakan sendiri kemampuan truk ini. Hari ini adalah hari yang membanggakan bagi semua tim yang telah bekerja keras dalam beberapa tahun terakhir, untuk membuat truk ini menjadi pemimpin di pasar,” kata dia.
Menurut peraturan juri, gelar ini diberikan setiap tahun kepada truk yang telah memberikan kontribusi terbesar pada inovasi transportasi jalan raya dalam hal efisiensi, emisi, keselamatan, dinamika kendaraan, dan kenyamanan.
Baca juga : PT Gambaran Karya Pranata Bandung Sabet Gelar Mercedes-Benz Truck dan Bus Dealer of the Year 2022
Sejak diperkenalkannya penghargaan International Truck of the Year pada tahun 1977, Mercedes-Benz Trucks kini telah memenangkan gelar tersebut sebanyak sepuluh kali. Pahamn ini, Mercedes-Benz Trucks juga membuat para juri terkesan untuk pertama kalinya dengan kendaraan baterai-listrik.
Banyak jurnalis ITotY yang ikut serta dalam program eActros 600 European Testing Tour 2024 oleh Mercedes-Benz Trucks memuji aerodinamika canggih dari kabin pengemudi ProCabin yang baru.
Aerodinamika yang lebih baik sangat penting untuk pengangkutan jarak jauh truk baterai-listrik, karena hambatan udara adalah salah satu faktor utama yang memengaruhi konsumsi energi. Selain itu, lebih banyak energi yang dapat juga dipulihkan karena berkurangnya hambatan udara, yang akhirnya mempengaruhi jarak tempuh yang lebih jauh.
Baca juga : DCVI Standarkan Diler Truk Mercedes-Benz Terbaik
Performa powertrain yang maksimal, akselerasi yang mulus dan area kemudi yang bebas getaran dengan berbagai fitur baru juga dinilai positif oleh para jurnalis ITotY.
Mercedes-Benz Trucks telah mengembangkan gandar elektrik baru, yang dirancang untuk 800 volt dengan dua motor listrik dan transmisi empat kecepatan, khusus untuk digunakan dalam pengangkutan jarak jauh. Motor listrik menghasilkan luaran energi secara berkelanjutan sebesar 400 kW, serta capaian puncak 600 kW.
Selain itu, eActros 600 dilengkapi dengan fitur kontrol Predictive Powertrain Control (PPC) dan sistem kontrol transmisi, yang secara eksplisit disesuaikan dengan penggerak listrik. Predictive Powertrain Control secara otomatis memperhitungkan topografi, tata letak jalan, dan rambu-rambu lalu lintas untuk mendapatkan gaya mengemudi yang paling efisien. (H-2)