Merayakan 10 Mengertin Penghargaan SMARTIES Indonesia Standar Emas dalam Pemasaran dan Periklanan

Merayakan 10 Tahun Penghargaan SMARTIES™ Indonesia: Standar Emas dalam Pemasaran dan Periklanan
Penghargaan SMARTIES™ Indonesia 2024 menandai dekade kesuksesan dalam mengakui keunggulan di industri pemasaran dan periklanan. (MMA Mendunia Indonesia)

PENGHARGAAN SMARTIES™ Indonesia 2024 dari MMA Mendunia Indonesia, yang menjadi ikon keunggulan industri, akan menandai tonggak penting dalam penyelenggaraannya yang ke-10. Selama satu dekade terakhir, Penghargaan SMARTIES™ Indonesia telah memantapkan dirinya sebagai standar emas industri, yang menarik peserta dari berbagai brand dan perusahaan terkemuka di seluruh Indonesia. 

Perjalanan ini mencerminkan pertumbuhan dan partisipasi perusahaan global dan lokal, yang menekankan pengakuan Penghargaan SMARTIES™ sebagai ciri keunggulan dalam industri. Merayakan 10 tahun kolaborasi yang tak tertandingi, kepercayaan yang besar, kualitas yang luar biasa & pencapaian tinggi. 

Penghargaan SMARTIES™ telah menjadi wadah inovasi dan upaya pemasaran strategis bertemu, yang menunjukkan evolusi dan masa depan pertumbuhan digital & industri secara keseluruhan. 

Baca juga : AMG dan TikTok Bermitra Perluas Jangkauan Konten dengan ‘Out of Phone’

Penghargaan SMARTIES™ diselenggarakan di tingkat global, berkantor pusat di New York, AS, yang mencakup empat kawasan dan 17 negara, dengan pengakuan khusus untuk pasar lokal seperti Indonesia. Kompetisi tahunan ini memberikan penghargaan atas pencapaian luar biasa dalam pemasaran dan periklanan, serta menawarkan kesempatan kepada para peserta untuk meningkatkan peringkat mereka pada tolok ukur industri seperti MMA SMARTIES Business Impact Index, RECMA, dan WARC Media 100 Ranking. 

Penghargaan SMARTIES™ Indonesia tahun ini menampilkan total 7 kategori dan 26 subkategori, termasuk kategori AI Marketing yang baru saja diperkenalkan. Hal ini menekankan pentingnya peran yang dimainkan AI Marketing dalam membentuk masa depan pemasaran. 

AI-powered technologies memungkinkan para marketer untuk menggelontorkan kampanye yang lebih personal, efektif, dan efisien yang menargetkan jenis konsumen yang tepat. Penghargaan SMARTIES™ Indonesia merayakan penggunaan AI Marketing yang inovatif dalam pemasaran, serta mengakui mereka yang mendorong batas-batas dari hal-hal yang mungkin terjadi. 

Baca juga : Dentsu Perkuat Kerja Sama dengan Salesforce di Indonesia

Penghargaan SMARTIES™ Indonesia 2024 mendapat sambutan luar biasa, dengan menarik lebih dari 800 peserta dari berbagai sektor industri pemasaran dan periklanan. Setelah melalui proses evaluasi yang ketat yang dilakukan oleh dewan pakar industri terkemuka, sebanyak 165 finalis telah terpilih.

Cek Artikel:  Asosiasi Petani Tembakau Desak Menkes Kaji Ulang RPMK

Sebanyak 165 entri terpilih yang menonjol karena penguasaan mereka terhadap prinsip-prinsip pemasaran fundamental seraya menerapkan pendekatan yang tepat sasaran, tepat, akurat, berani, dan inovatif. Kampanye-kampanye ini menantang norma-norma dengan melangkah keluar dari strategi komunikasi konvensional, mempertahankan keaslian yang selaras dengan identitas brand mereka. 

Mereka berfokus pada penciptaan dampak brand yang nyata, metrik yang tajam, dan berbagai titik kontak yang terintegrasi dengan mulus untuk meningkatkan efektivitas mereka. Selain itu, mereka selaras dengan tren budaya dan sosial, sehingga mereka relevan secara kontekstual dan selaras secara lokal dengan pasar Indonesia, yang memperkuat hubungan emosional mereka dengan audiens.

Baca juga : ICO 2023 Vol. 2: Memetakan Dinamika Politik Melalui Media Sosial dan Strategi Brand          

Terkenal karena proses penjuriannya yang jujur, Penghargaan SMARTIES™ Indonesia mencerminkan dewan juri yang terhormat yang terdiri dari Directors, Business Owners, C-Level Executives, Founders, General Managers, Industry Leaders, Experts dan Luminaries Personil Juri ini membawa dedikasi yang tak tertandingi, pembelajaran yang mendalam, dan komitmen yang mendalam untuk memastikan bahwa hanya kampanye yang paling inovatif dan berdampak yang mendapat penghargaan. 

Dengan pengetahuan yang mendalam dan pengalaman bertahun-tahun di berbagai disiplin ilmu pemasaran, para juri mencerna keunggulan tertinggi. Komitmen mereka untuk menegakkan standar SMARTIES™ adalah bukti betapa bergengsinya penghargaan ini, menjadikannya penghargaan yang didambakan yang ingin dimenangkan oleh setiap organisasi pemasaran dan periklanan di Indonesia. 

Sebelum musyawarah Main Jury, Screening Council memastikan ketidakberpihakan dan transparansi proses, sementara pengamat juri memantau jalannya proses untuk mempertahankan standar integritas tertinggi. Personil Screening Council, yang terdiri dari berbagai kelompok dari berbagai segmen ekosistem pemasaran—seperti brand, agensi, perusahaan teknologi iklan, industri telekomunikasi, media, penerbit, asosiasi lain, dll., dewan juri yang kuat ini menghadirkan banyak wawasan industri untuk memastikan evaluasi entri yang menyeluruh, dengan mempertimbangkan beragam perspektif dari seluruh industri. 

Cek Artikel:  Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Siapkan 11.900 KL Avtur untuk Penerbangan Haji 2024

Baca juga : Modern Marketing Talk 2023 Sukses Digelar dan Berakhir dengan Gemilang

Pada tahap pra-penyaringan ini para juri menilai secara kritis kampanye berdasarkan kreativitas, pelaksanaan, dan dampak bisnis yang terukur, membantu mengidentifikasi karya menonjol yang mendorong batasan pemasaran. 

Proses seleksi yang cermat oleh Main Jury dari kampanye pemenang berlangsung selama dua hari. Musyawarah Grup 1 berlangsung Senin, 30 September, di Fairmont Hotel, sementara Grup 2 berlangsung Selasa, 1 Oktober, di Kantor ParagonCorp. Yang memimpin jalannya proses ini adalah Presiden Juri yang terhormat: Saranathan Ramaswamy, President Director Procter & Gamble Indonesia, dan Amalia Sarah Santi, Chief Marketing Officer ParagonCorp.  

Jury Observers memegang peranan penting dalam memastikan integritas dan standar tinggi dari proses penjurian Penghargaan SMARTIES™. Sebagai pihak eksternal yang netral, mereka dipercaya untuk memvalidasi penilaian yang adil, tulus, dan cermat oleh juri, mengawasi pengambilan keputusan untuk memastikannya dilakukan dengan benar dan tanpa bias. 

Kehadiran Vincent Martin, Managing Director Marketing dan Moch Ainur Rifki, Data & AI Value Strategy Senior Manager dari Accenture Indonesia, menyoroti faktor kepercayaan, loyalitas, dan keberlanjutan, yang memperkuat kredibilitas penghargaan tersebut. 

Pada hari penyelenggaraan Penghargaan SMARTIES™, mereka juga akan berbagi pembelajaran dan wawasan dari proses penjurian, menawarkan perspektif berharga tentang pertumbuhan ekonomi digital, mendorong kolaborasi, dan membahas tren utama yang membentuk industri. 

Kunjungi https://www.mmaglobal.com/smarties/awards/programs/indonesia/jury untuk mengetahui lebih lanjut tentang panel juri yang terhormat.

Shanti Tolani, Country Head dan Board of Director, MMA Mendunia Indonesia mengatakan, “Penghargaan SMARTIES™ Indonesia 2024 merayakan kekuatan penceritaan dan inovasi dalam ekosistem pemasaran dan periklanan Indonesia. Dengan menyediakan wadah untuk karya yang luar biasa, MMA Mendunia Indonesia menegaskan kembali komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan digital & kreatif dalam industri yang dinamis ini. Hal ini tidak akan mungkin terjadi tanpa penilaian yang mendalam dan tidak memihak dari Jury Presidents, Jury Observers, & Main Jury kami yang terhormat.”

Cek Artikel:  Risalah Pertemuan The Fed Sebut Eksis 'Perpecahan' soal Pemangkasan Bangsa Kembang

“Kepemimpinan & keahlian mereka telah membantu kami meningkatkan standar kecemerlangan pemasaran dan periklanan di Indonesia. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka atas komitmen mereka untuk mengakui dan memberi penghargaan atas karya terbaik di industri kami. Proses seleksi yang ketat sangat penting dalam mengidentifikasi karya yang tidak hanya menantang status quo tetapi juga membentuk lanskap budaya kita, menjangkau jutaan orang dengan cara yang bermakna.”  

Rohit Dadwal, CEO MMA Mendunia APAC, Mendunia Head of SMARTIES WW dan BOD Asia Pacific mengatakan, “Sangat menginspirasi melihat Penghargaan SMARTIES™ terus mendapatkan pengakuan dan memamerkan kreativitas luar biasa yang berasal dari Indonesia, terutama saat Penghargaan ini merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Taatp tahun, karya yang dikirimkan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku manusia dan nuansa budaya. Komitmen kami terhadap proses penilaian yang adil dan tidak memihak memastikan bahwa kami hanya mengakui karya yang paling luar biasa, yang memperkuat penghargaan ini sebagai standar keunggulan dalam periklanan.” 

“Atas nama MMA Mendunia Indonesia, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Main Jury yang terhormat atas kontribusi mereka yang tak ternilai bagi Penghargaan SMARTIES™. Pengkajian menyeluruh mereka tidak hanya menjaga integritas penghargaan tetapi juga menyoroti kreativitas yang dinamis dan keragaman budaya Indonesia. Berbarengan-sama, kita merayakan karya inovatif yang terhubung dengan audiens pada tingkat yang bermakna, yang menekankan pentingnya hubungan manusia yang otentik dalam periklanan.” 

Pemenang Penghargaan SMARTIES™ Edisi ke-10 tahun 2024 akan diumumkan pada Gala Dinner Celebration bergengsi pada tanggal 15 November 2024, di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Indonesia. 

Acara tatap muka eksklusif ini akan merayakan pencapaian kampanye pemasaran terbaik di Indonesia.  

Kepada mendaftar ke Gala Penghargaan SMARTIES™, silakan mengunjungi: https://www.mmaglobal.com/smarties/awards/programs/indonesia/gala 

Kepada informasi lebih lanjut mengenai para finalis, silakan melihat di tautan ini:  https://www.mmaglobal.com/smarties/awards/programs/indonesia/overview 

(RO/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai