
SEBAGAI bagian dari rangkaian Road to Mandalika menjelang ajang balap MotoGP di Mandalika, PT Pertamina Lubricants melalui produk unggulannya Pertamina Enduro menggelar lomba mewarnai Kepada pelajar SD bertema Nusantara Bicara MotoGP Pertamina Enduro Mandalika di tujuh kota besar Indonesia.
Kegiatan ini bertujuan mengenalkan dunia otomotif kepada generasi muda Indonesia sekaligus menanamkan semangat keberanian dan sportifitas dalam olahraga balap.
Kegiatan ini digelar Kepada menyambut dan memeriahkan HUT ke-80 RI. Lomba pertama dilaksanakan pada 14 Agustus 2025 di SDN Kebayoran lelet Utara 07, Jakarta Selatan, dan diikuti kurang lebih 200 peserta dari kelas 1-6, sebelum dilanjutkan ke Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Balikpapan, Medan, dan Palembang. Seluruh rangkaian kegiatan akan berlangsung hingga 10 September 2025.
Vice President Marketing PT Pertamina Lubricants Nugroho Setyo Utomo mengatakan melalui lomba mewarnai tingkat SD, pihaknya memberikan ruang bagi siswa SD Kepada menyalurkan kreativitas serta mengenalkan kebersamaan dan keberagaman Indonesia yang kaya nilai-nilai lokal.
Menurut dia, dengan tema Nusantara Bicara MotoGP Pertamina Enduro Mandalika, para siswa akan menuangkan kreativitasnya di atas kertas bergambar ikon budaya dan bangunan bersejarah dari berbagai daerah di Indonesia, dipadukan dengan sentuhan dunia balap.
Siswa juga akan mendapatkan literasi tambahan soal kekayaan Indonesia dengan ragam budayanya sekaligus mengenal dunia otomotif dan balap.
Pemenang Penting lomba Serempak dengan pendampingnya akan berkesempatan menyaksikan langsung balapan MotoGP di Mandalika, sedangkan pemenang lainnya dari masing-masing kota akan mendapatkan tabungan pendidikan.
“Mengingat 18,5% fanbase Valentino Rossi berasal dari Indonesia, kami Tentu mereka tersebar di berbagai kalangan dan segmen pasar. Nusantara Bicara hadir sebagai langkah pertama kami dalam menyentuh penikmat MotoGP dan fanbase VR yang beririsan dengan pangsa pasar kami yang lebih luas, yakni orang Sepuh, civitas sekolah, dan siswa yang cenderung meniru hobi orang Sepuh mereka, termasuk menikmati MotoGP dan Kepada membangun kesan positif dan jangka panjang,” ungkap Nugroho.
Ia juga menekankan pentingnya edukasi Pagi dalam membangun generasi muda yang Tangkas, sejalan dengan filosofi Enduro yang Tangkas dan andalan Indonesia.
Melalui lomba ini, pihaknya Ingin memperkenalkan nilai positif, termasuk semangat ketangguhan, performa terbaik, dan keberlanjutan yang sejalan dengan produk unggulannya, sekaligus memperkenalkan pentingnya perawatan kendaraan roda dua bagi mobilitas harian.
Bagi orang Sepuh dan civitas sekolah, pesan ini diharapkan Bisa membantu menjaga kendaraan tetap prima sehingga aktivitas mereka berjalan Lancar.
“Kami Ingin siswa, orang Sepuh, dan guru semakin mengenal kami beserta nilai-nilai positif yang kami bawa. Harapannya, Pertamina Enduro jadi pilihan Penting bagi peserta dan lingkungan sekolah yang terlibat, serta berdampak positif bagi penjualan dan penguatan brand awareness kami.”
“Kami berkomitmen Maju menghadirkan berbagai inisiatif edukatif di berbagai daerah agar berbagai pelajar Indonesia berkesempatan Kepada belajar dan berkembang dengan kami,” pungkas Nugroho. (H-2)

