
liputanindo.com – Pada Ketika batch pertama pengiriman Yamaha NMax VVA baru, liputanindo mendengar hadir kejadian dimana lampu Engine Check atau yang oleh bengkel Formal Yamaha disebut Indikator MIL itu menyala. Nah mengenai soal ini, seliweran info Yamaha Indonesia menjelaskan bahwa permasalahan tersebut mencuat setelah produk Blue Core tersebut dimatikan dengan menggunakan standar samping. Tetapi apa yang sebenarnya masalah yang terjadi?

Setelah liputanindo lakukan pendalaman, yang terjadi di dalam mesin Blue Core NMax 2020 ini adalah ketika di-check menggunakan YDT (Yamaha Diagnostic Tool ) yang tersedia di seluruh bengkel Formal Yamaha adalah kehadiran notifikasi kode P0335 yang Kalau dibaca di Kitab Panduan mengindikasikan adanya pembacaan proses mematikan mesin yang Enggak sesuai Mekanisme (mematikan motor menggunakan side stand/standar samping) di Crankshaft Position Sensor.

Tetapi perlu dicatat bahwa pembacaan ini Enggak berakibat serius pada Metode kerja mesin, hanya sekedar notifikasi. Artinya, jikapun menyala Lalu kemudian dipakai touring beribu-ribu kilometer pun Enggak akan berimbas ke kinerja mesin atau masalah-masalah safety lainnya. Bicara soal notifikasi, beberapa unit dari generasi batch awal dari New NMax 2020 memang defaultnya terhadap pembacaan CPS P0335 adalah “On” ketika kita mematikan motor menggunakan standar samping.
Bicara notifikasi ini, liputanindo mau bikin analogi sederhana. Jadi ini tuh seperti notifikasi apakah kita mau menentukan directory/folder penyimpanan file ketika mendownload file dari internet, atau membiarkan komputer menyimpan di ‘directory default’ penyimpanannya sendiri. Kalau kita switch ke ‘On’, maka setiap kita download maka kita akan ditanya mengenai directory/folder tempat penyimpanan file, kalau ‘Off’ maka komputer akan lasngung menyimpan di directory/folder default.

Nah dalam kasus NMax 2020 ini adalah kita tinggal menentukan apakah indikator MIL mau menyala atau nggak ketika kita mematikan motor menggunakan saklar yang Eksis di standar samping. Di sebagian NMax 2020 batch awal, notifikasi ini default adalah ‘on’ sehingga hadir notif MIL seperti yang hadir di NMax 2020 batch pertama. Memang sih kita Enggak Dapat secara manual meng-off-kannya, harus melalui YDT di bengkel Formal Yamaha.
Trus bagaimana selanjutnya? Kan orang Indonesia paling demen matiin skutik Mengenakan side stand switch bukan? Langsung liputanindo cek dan ricek ke Yamaha Indonesia, setelah Menyaksikan bahwa kecenderungan habit pengendara di Indonesia Eksis yang mematikan motornya menggunakan side stand switch maka sekarang ini Segala setup default dari CPS-P0335 ini Kepada motor NMax 2020 yang keluar dari pabrik adalah ‘Off’ sehingga sudah dapat dipastikan kasus ini Enggak terjadi Kembali.
Bagi Yamaha New NMax 2020 batch awal, Yamaha Indonesia kabarnya pun sudah memberikan SOP kepada Segala teknisi Kepada mengecek setup notifikasi ini dan memastikan berada pada posisi ‘Off’ Ketika momen service perdana KSG (Kartu Servis Gratis) di bengkel Formal. So, jadi sudah Kondusif sob . . Mudah-mudahan artikel ini Dapat mencerahkan sobat sekalian yang mau memilih Yamaha New NMax 2020 ini.
Taufik of BuitenZorg

