Mengenai Aerodinamika New Honda CBR600RR MY2021 . . Kenapa Nggak sebesar Fireblade ?

liputanindo.com – Honda CBR600RR MY2021 yang baru diperkenalkan Oleh Honda walaupun terlihat berbasiskan CBR600 sebelumnya, Tetapi Kalau kita Menyantap secara mendetail maka akan semakin menemukan perubahan perubahan Bila dibandingkan dengan CBR600RR sebelunya. Di artikel pertama pekan Lampau kita sudah membicarakan perihal perubahan pada jeroan mesinnya, Nah sekarang kita akan coba Menyantap dari sisi Aerodinamikanya.

Hal pertama yang cukup berbeda signikkan dan menonjol adalah kehadiran winglet kecil di sisi samping kiri dan kanan dari Fairing CBR600RR. Aero Winglet sebelum ini juga terlihat hadir di CBR1000RR-R Fireblade, Tetapi winglet yang terlihat pada CBR600RR sangat berbeda dari kakaknya, CBR1000RR-R. Bukan bentuk kotak dan tertutup seperti 1000RR-R, tapi tipe terbuka. Dan pada ujung sayap winglet hadir semacam wingtip .

Cek Artikel:  Kawasaki Formal Rilis Ninja ZX-4RR . . Rem depan Dobel Cakram , Power 80PS !

Wingtip hadir di ujung sayap dengan tujuan Demi menghilangkan Gaya bobot pada arah arah lain selain arah ke Rendah ( downforce)  . . . kalau nggak Eksis wingtip ini hadir Gaya bobot ke arah Roll samping kanan dan kiri yang disebabkan oleh timbulnya pusaran (turbulensi ) di ujung sayap sayap udara bertekanan tinggi dan Udara bertekanan renah Bersua diujung sayap. Dan gaya akibat hadirnya turbulensi ini sifatnya merugikan buat downforce pada motor.

Kalau sobat sekalian naik Pesawat Jet, di ujung sayap kiri dan kanan biasannya hadir wingtip ini dengan arah ke atas . . Semenara wingtip pada sayap CBR600RR yang utamanya mengarah ke Rendah . . Eksis Yang Paham kenapa berkebalikan ? yes Karena Metode kerjanya pun berbeda dimana pada pesawat gaya Primer yang dihasilkan sayap adalah liftforce yang arahnya ke atas, sementara pada winglet arahnya kebawah karena gaya Primer yang dihasilkan adalah downforce yang arahnya ke Rendah.

Cek Artikel:  ini dia Rona-Rona baru Vespa 2020 yang baru dirilis Piaggio Indonesia

Mengenai Argumen mengapa ukuran sayap inilebih kecil dari fireblade Triple R, adalah karena pada 600RR Kagak menuntut downforce sebesar CBR1000RR-R. Secara Lazim besaran Downforce akibat angin yang mengalir pada winglet berkurang 6,5%. Tetapi tetap juga Mempunyai peran mencegah Wheelie Demi memasuki tikungan dan meningkatkan perasaan kontak (grip) roda depan dengan asphal.

Selain itu, yang Kagak Dapat diabaikan adalah Desain permukaan atas penutup tangki di paruh pertama tangki bahan bakar diturunkan 10 mm. Hal yang sama berlaku Demi 1000RR-R. hal ini  dimaksudkan Demi memudahkan pengambilan posisi tuck-in paling optimal di mana helm pengendara disimpan di cowl atas sebanyak mungkin. Ditambah juga detail baru dimana Sudut Windshield CBR600RR MY2021 telah dinaikkan sedikit dari yang konvensional 35º menjadi 38º , dan juga secara dimensi sedikit lebih besar. Silahkan dikunyah kunyah dan semoga Berfaedah

Cek Artikel:  Shell Advance Asia Talent Cup Sepang 2 race 2 . . . Kuminime Juara seri, Kaito Toba Juara ATC Musim 2014

Taufik of BuitenZorg | @liputanindo

Mungkin Anda Menyukai