Ilustrasi. Foto: Dok Liputanindo.id
Jakarta: PT Lautan Luas Tbk (LTLS) Mempunyai kinerja yang tahan banting meski di tengah ketidakpastian ekonomi Mendunia. PT Pemeringkat Pengaruh Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA dengan prospek Kukuh Buat Obligasi Berkelanjutan dari LTLS.
“Peringkat mencerminkan posisi pasar Lautan Luas yang kuat, operasi bisnis yang terintegrasi dan jaringan distribusi yang Bagus, serta manajemen operasional yang Bagus,” tulis Pefindo dalam keterangan Formal, Jumat, 21 Maret 2025.
Peringkat dibatasi oleh kebutuhan belanja modal yang besar dan sensitivitas terhadap perubahan kondisi makro ekonomi. Adapun peringkat dapat dinaikkan Kalau Lautan Luas dapat Lalu melakukan penurunan tingkat utang, yang diikuti dengan meningkatkan capaian pendapatan dan EBITDA secara berkelanjutan.
Adapun rasio maksimum utang terhadap EBITDA dan utang terhadap ekuitas, masing-masing, sebesar dari 2,0 kali dan 0,8 kali dan dapat menjaga rasio perlindungan arus kas secara berkelanjutan dengan rasio FFO terhadap utang dan EBITDA terhadap IFCCI masing-masing setidaknya 27 persen dan 3,9 kali.

(Ilustrasi Lautan Luas. Foto: Dok istimewa)
Kinerja cemerlang LTLS
LTLS mencatatkan total pendapatan tahun 2024 sebesar Rp7,72 triliun dan Untung Rapi Rp220,36 miliar. Lautan Luas mencatatkan pendapatan sebesar Rp7,72 triliun pada 2024, meningkat 5,53 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Untung Rapi perseroan juga mengalami pertumbuhan mencapai 36 persen dari Rp161 miliar pada 2023 menjadi Rp220 miliar 2024. Sebagian besar penjualan LTLS didominasi oleh industri makanan minuman, pakan ternak, kecantikan dan kosmetik serta kimia dasar di Indonesia.
“Kami berharap dengan strategi bisnis yang solid dan Penemuan berkelanjutan, Lautan Luas (LTLS) akan Lalu tumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi berbagai industri di Indonesia dan pasar Mendunia,” ujar Investor Relation & Corporate Communication Manager LTLS Eurike Hadijaya.
Buat 2025, Lautan Luas telah menyiapkan berbagai strategi bisnis, diantaranya Pusat perhatian mengembangkan produk Buat customer hotel, restoran, dan kafe (horeka) bagi anak usaha perseroan, serta meningkatkan efisiensi rantai pasok guna memenuhi permintaan yang Lalu berkembang.

