
PERKEMBANGAN teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berjalan sangat Segera telah memicu munculnya perubahan sistem pembelajaran di sekolah. Guru yang awalnya menggunakan pembelajaran konvensional, yang pada Begitu ini dinilai kurang menarik dan Bukan relevan Tengah bagi peserta didik. Karena Lagi menjadikan guru sebagai aktor Istimewa dalam pembelajaran sehingga kurangnya peran aktif peserta didik dalam membangun pengetahuan, sikap dan perilaku selama proses pembelajaran berlangsung.
Hal terpenting dalam proses pembelajaran adalah munculnya interaksi belajar antara guru dan peserta didik. Dari interaksi belajar tersebut terjadi transfer pengetahuan antara keduanya. Penyampaian ilmu pengetahuan dapat disampaikan dengan menggunakan berbagai model, metode, strategi dan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran sangat membantu aktivitas proses pembelajaran terutama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media terjadi komunikasi dalam penyampaian informasi dari guru kepada peserta didik. Pemanfaatan media pembelajaran dapat menjadikan pelajaran lebih menarik perhatian peserta didik, bahan pelajaran akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik, metode mengajar akan lebih bervariasi dan peserta didik akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan semakin marak ditandai dengan munculnya Variasi aplikasi pendukung yang banyak digunakan dalam pembelajaran. Sebagai seorang pendidik, guru dituntut Demi dapat menjadi perencana pembelajaran yang Pandai Demi merancang pembelajaran, memanfaatkan berbagai jenis media dan sumber belajar yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan. Tujuannya agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi Begitu ini mulai banyak dikembangkan oleh para pengembang dalam dunia pendidikan karena menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan efektif.
Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat membantu peserta didik dalam memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Media pembelajaran interaktif dapat mewakili apa yang belum Pandai disampaikan guru dan proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif dan efisien. salah satu aplikasi yang dapat digunakan Adalah lectora inspire. Melalui aplikasi lectora inspire, guru dapat dengan mudah mengembangkan media pembelajaran interaktif sendiri, sehingga pemberian materi dapat disesuaikan dengan kondisi belajar peserta didik.
Bagi sebagian kalangan guru yang Ingin serba instan, aplikasi tersebut Benar, efektif, efisien Demi menjawab tantangan tersebut. Program aplikasi ini yang dapat digunakan Demi Membangun presentasi maupun media pembelajaran, yang dikembangkan oleh Trivantis Corporation yang merupakan authoring tool Demi pengembangan konten e-learning. Aplikasi ini dapat digunakan Demi menggabungkan flash, merekam video, menggabungkan gambar dan screen capture.
Bagi guru pemula, penggunaan lectora inspire Demi dijadikan sebagai media pembelajaran tidaklah sulit, karena didesain Spesifik bagi pemula, sehingga guru yang Bukan terlalu mahir mengoperasikan komputer akan dengan mudah menggunakan aplikasi ini.
Dengan menggunakan program aplikasi tersebut guru dapat menggunakannya dalam menyiapkan media pembelajaran bagi peserta didik. Lectora inspire merupakan aplikasi pengembangan belajar elektronik (e-learning) yang efektif membantu dalam pembuatan media pembelajaran dengan jenis media interaktif. Lectora inspire mudah diaplikasikan atau diterapkan karena Bukan memerlukan pemahaman bahasa pemograman yang canggih dan Mempunyai tampilan antar muka yang familiar karena mirip dengan aplikasi power point.
Guru pun akan lebih mudah Demi memberikan penilaian kepada peserta didiknya. Lectora inspire Mempunyai beberapa fungsi seperti; (1) Guru dapat Membangun dan menyajikan materi ajar dengan atau tanpa harus melakukan programming. (2) Guru dapat melakukan pengujian terhadap materi ajar yang diberikan dalam berbagai Jenis bentuk tes seperti pilihan ganda (multiple choice), Betul/salah (true/ false), mencocokkan (matching), tarik dan tempatkan (drag and drop), isian singkat (fill in the blank) dan isian singkat (hot spot).
(3) Guru dan peserta didik dapat mengakses materi ajar yang dibutuhkan Bagus secara offline maupun online. (4) Pandai menggunakan teks, Bunyi, video, animasi dalam suatu kesatuan; (5) Pandai memvisualisasikan materi yang abstrak. (6) Membawa objek yang sangat besar atau berbahaya dalam lingkungan kelas. (7) Menampilkan objek yang Bukan Pandai dilihat oleh mata telanjang.
Kelebihan lectora inspire dibandingkan dengan aplikasi serupanya seperti power point seperti; (1) Mempunyai template yang lebih Variasi dibandingkan power point yang hanya Mempunyai template yang sederhana. (2) Pandai diconvert ke dalam format e learning sedangkan power point biasanya hanya Pandai diubah ke dalam format pdf. (3) Menyediakan template kuis atau tes yang Variasi sedangkan power point Bukan memilikinya. (4) Ketika menginstall aplikasi ini, aplikasi pendukung seperti flypaper, camtasia atau snagit akan ikut terinstall Mekanis.

