Melalui Specta, Nana Sudjana Ajak Masyarakat Asmara Produk dan Pariwisata Dalam Negeri

Melalui Specta, Nana Sudjana Ajak Masyarakat Cinta Produk dan Pariwisata Dalam Negeri
Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat mengikuti Specta EMTB Adventure-Race 2024(MI/HO)

PEMERINTAH Provinsi Jawa Tengah gencar menggelar kegiatan Sport Tourism Event (Specta) pada 2024. Hingga kini sudah terselanggara 11 event dari 14 agenda yang direncanakan. 

Dalam setiap penyelenggaraan, panitia selalu melibatkan usaha kecil mikro menegah (UMKM) untuk turut memeriahkan acara. Teranyar, Specta EMTB Adventure-Race 2024 dihelat di kawasan hutan Tinjomoyo, Kabupaten Semarang, pada 16-19 Agustus 2024.

Program tersebut sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang tengah digaungkan pemerintah pusat. 

Baca juga : Kado Letihan Kinerja Pemprov Jateng: Ekonomi Tumbuh hingga Kemiskinan Menurun

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan banyak potensi wisata dan produk lokal yang bisa dibanggakan. Selain Candi Borobudur, banyak potensi wisata yang lain menarik. 

Cek Artikel:  Rawan Kecelakaan, Jalur Arteri Jadi Perhatian Spesifik selama Libur Nataru

“Ke depan, kita bersama-sama masyarakat, supaya pariwisata di Indonesia, khususnya di Jateng, akan semakin berkembang,” kata Nana saat memberikan sambutan pada Opening Ceremony Peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jateng di Kampus 3 UIN Salatiga, Minggu (18/8).

Dalam kegiatan itu, Nana sekaligus mencanangkan Gerakan BBWI dan BBI  bersama Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary.

Baca juga : Nana Sudjana Luncurkan Jersey, Bank Jateng Tour de Borobudur Segera  Digelar

Nana berharap, pencanangan BBWI dan BBI mampu meningkatkan kemauan masyarakat Jateng dalam membanggakan  bangga produk lokal. Apalagi, produk-produk lokal tidak kalah dengan produk luar negeri.

Ia mencontohkan, hingga kini, produk Naruna Ceramic asal Kota  Salatiga telah menguasai pasar ekspor keramik dunia. Bahkan produknya sudah tembus di 13 negara. Perjalanan Naruna Ceramic itu, mendapatkan apresiasi UMKM Champion Harvesting Gernas BBI dan BBWI kategori craft.

Cek Artikel:  Hujan Deras, Ruas Jalan di Kota dan Kabupaten Kupang Banjir

“Jadi kita harus betul-betul mencintai produk-produk Indonesia, yang memang tidak kalah dengan produk luar negeri,” tegasnya.

Baca juga : Rayakan Hari Jadi Provinsi Jateng, Nana Sudjana Lari Bareng Ribuan Penduduk di Salatiga

Nana menambahkan, keindahan alam juga mesti dikembangkan dengan kreatifitas dan inovasi. Ia meyakini, dengan berbagai inovasi kegiatan, maka dapat meningkatkan daya tarik masyarakat berwisata di dalam negeri, khususnya di Jateng.

Salah satu peserta kompetisi Specta E-MTB Adventure-Race 2024 asal Bolovia, Amerika Selatan, Yara mengaku terkesan melihat rute E-MTB, yang menyajikan keindahan alam di setiap rutenya. Menurutnya, E-MTB di Salatiga menjadi kompetisi yang indah. 

“Ini adalah cara yang sangat indah dan menyenangkan untuk menjelajahi alam di luar kota, bahkan mampu menghubungkan dengan orang-orang,” kata dia. 

Cek Artikel:  Aturan Baru, Mendaki Gunung Semeru Kini Wajib Guna Pendamping

Yara yang baru pertama kali datang ke Indonesia mengaku terkejut dan senang, sebab masyarakat setempat terbuka menerima orang asing. (RO/Z-1)

Mungkin Anda Menyukai