Mau Paham Beda Moto3 dengan Asia Talent Cup di Sirkuit Sepang ? . . . Nih data Analisanya sob

460x110a-okt14

r15goldgifLOOP

moto3-vs-atc

Bro sekalian, Selamat Hari Blogger Nasional  . . . jujur banyak yang tanya itu kan Kejuaraan Shell Advance Asia Talent Cup menggunakan motor Honda NSF250R yang merupakan Generasi Pertama dari Motor spesifikasi Moto3 dari Honda,  Nah bedannya apa sih dengan moto3 yang sekarang diadakan juga ? Oke kalo mengenai perbedaan fisik dan spek, liputanindo sedang mendalami data data Official dari Dorna mengenai moto motor ini. liputanindo pengen banget membandingkan antara Honda NSF250R dengan dua motor Moto3 yang sekarang dipakai yakni Honda NSF250RW dan KTM 250 Moto3 . ..  Tetapi kali ini kita membandingkan dulu hasil yang diperoleh  oleh kedua kelas ini. Sebagaimana diketahui Race Terakhir (seri ke 9) dari ATC dilakukan kemarin Ahad persis sebelum Race Moto3, keadaan temperaturnnya mirip, tracknya pun sama, oleh karena itu walaupun mungkin skill pembalap berbeda , Tetapi tetap menarik Demi lihat berapa sih perbedaannya. Cekidot deh, dijamin menarik  . . .

banner-mbtech-tmcblog

Demi Komparasi kali ini liputanindo menggunakan 3 sample data yakni data dari erfan Vasquez – Pemenang seri Moto3 Sepang 2014 ( NFS 250RW) , jack Miller ( KTM 250) yang tahun akan pindah langsung ke MotoGP, Alex Marquez ( NSF250RW) yang memimpin Perolehan point sementara, Takuma Kuminime – Pemenang seri 9 ATC sepang ( NSF 250 ), dan Kaito Toba – Pemenang Musim 2014 ATC ( NSF250) dan data diambil  full Demi ATC ( dari lap 2 Tamat lap ke 13 yakni lap terakhir sedangkan Demi Moto3 siambil dari lap ke dua Tamat ke 13 juga Tetapi bukan lap terkahir ( 19 )   . . . liputanindo kembali melakukan Komparasi dengan metoda yang sama yakni menggelar laptime per sektor ke 5 dari mereka dalam satu grafik . . . mengenai penjelasan sektornnya liputanindo copy dari artikel hari ahad pagi. mari kita mulai . . .

Cek Artikel:  King Fighter Series . . Helm Open Face Rupawan Terbaru dari GM Helmet !!

Sektor 1

sector1-sepang

Sektor satu dimulai adalah terusan Straight terpanjang di sepang Tetapi hati hati . . . ujung dari Straight sepang ini langsung dihadapkan dengan chichane sempit R1 dan R2 yang sangat tricky dan termasuk tikungan paling slow di Sepang . . . setelah R2 Eksis beberapa tikungan Segera menuju R3 dan mantebnya Kembali, layout terrainnya nggak rata tapi menurun menuju R3

moto3-atc-sector1-sepang14

Silahkan Klik Demi memperbesar gambar di atas mas bro . . . terlihat Alex marquez cukup berfluktiatif performanya di sektor ini dan bahkan anak anak ATC seperti Kuminime Dapat menyamai Laptime adik kandung dari Marc Marquez ini di beberapa kesempatan. Tetapi secara Standar, Moto3 dengan segala kelebihan spesifikasi mesin dan skil serta pengalaman ridernnya dibanding dengan anak anak Asia Talent cup Lebih Segera Sekeliling 1 detik-an dengan Asia Talent Cup di sektor ini.

Sektor 2

sector2-sepang

Sektor dua Sirkuit sepang malaysia adalah gabungan satu tikungan lelet di R4 dengan dua tikungan flowing yang butuh rolling speed maksimum di R5 dan R6 . . .Terainnya pun nggak rata mulai dari agak rata di R4 ke R5 Tamat agak menanjak di sport menjelang R6

moto3-atc-sector2-sepang14

Berbeda dengan sektor 1 yang kurang konsisten, Marquez di sektor dua terlihat cukup Segera dengan rata rata lebih Segera dari Vasuez dan Miller. Tetapi juga Sangat Jernih dari data diatas, umumnya dua wakil Asia Talent Cup ( Kuminime-Toba ) yang di hadirkan dalam grafik diatas Mempunyai pace yang 1 detik-an lebih lelet dibanding Vasquez, Miller, maupun Marquez.

Sector 3

sector3-sepang

Secktor 3 Sepang adalah sektor terpanjang dalam MotoG sepang dan melibatkan 7 tikungan Bagus 5 kekanan dan 2 kekiri . . . logis kiranya laptime para riders boleh dibilang yang paling besar di sektor ini  . .. terainnya rata-turun dan naik cukup Berbagai Ragam dan cukup butuh skill track serta memanjakan Bakat rider

Cek Artikel:  Intip Detail Update Yamaha Tracer 7 dan Tracer 7 GT MY2023

moto3-atc-sector3-sepang14

Di sektor terpanjang ini, Rata rata umumnnya Moto3 Dapat lebih Segera Sekeliling 1,5 detik dibandingkan Asia Talent Cup, Tetapi ketika  di Sekeliling lap lap ke 12-13 perbedaan pace kedua jenis kejuaraan ini Dapat berbeda disekitar 0,6 detik-an . . . ini kenceng banget lho beda 0,6 detik dengan moto3

Sector 4

sector4-sepang

Sektor 4 dimulai dengan Tikungan 14  yang diikuti dengan tikungan semi parabolic diujung grandstand yang dilanjut dengan straight menuju finish line . . . Jernih di sektor ini butuh motor dengan perpaduan Percepatan, kestabilan rolling speed di tikungan plus pengereman yang Ahli Tetapi Jernih Demi Kelas Asia talent Cup Tak Eksis perbedaan spek pengereman Tetapi lebih ke keberanian pembalap mengerem lebih telat dan masalah power to weight ratio karena straight biasannya butuh bobot yang ringan Demi Dapat unggul

moto3-atc-sector4-sepang14

Ini Jernih Eksis plus minus kalo membandingkan performa kedua kelas di sektor 4 karena sektor 4 sepang punya dua straight panjang, maka butuh bobot yang ringan dan anak anak ATC umumnya punya Keistimewaan disana- karena umumnnya memang kecil kecil body ridernnya, Tetapi di sisi lain power NSF250R Jernih kalah jauh dengan NSF250RW maupun KTM 250 Moto3 . . . sehingga walaupun dibetot pol gas di dua straight yang sama, perbedaan performance kedua kelas menurut data yang diberikan berkisar umumnnya di Sekeliling 1,4 detik . . .

Top Speed

moto3-atc-top-speed-sepang1

Asia Talent Cup dengan spek Motor NSF250R which is motor generasi pertama Honda Moto3 dengan tuning mesin standar plus muffler akrapofic . . . berapa top speednnya di sepang mas bro? Tercatat oleh alatnya ( bukan speedometer lho ) DORNA, top speed takuma Kuminime 208,4 km/jam sebelum ngerem di ujung straight depan podium  . . . edan kenceng banget ini mas bro, Jernih ini bukan motor sembarangan NSF250R, boleh dibilang lebih ke Motor Prototipe . . .  jangan disamakan dengan Ninja 250, R25 dan CBR250R ya. Gimana bila dibandingkan dengan Honda NS250RW dan KTM 250 Moto3 ? tercatat beberapa kali Alex marquez menorehkan top speed 226 km/jam  . . . artinya Eksis gap top speed Sekeliling 18 km/jam antara Asia Talent Cup dengan moto3 . . .

Cek Artikel:  MARC MARQUEZ Memenangkan Sprint Race MotoGP Qatar 2025

Yang jadi pertanyanya adalah kayak apa perbedaannya Apabila Kaito toba/Takuma Kuminime diberi kesempatan menggunakan NS250RW / KTM Moto3 nya Alex marquez atau Jack Miller dan sebaliknnya Marquez dan Miller menggunakan NSF250R nya ATC?? boleh jadi kedua pembalap moto3 akan tetap lebih kencang karena pengalaman mereka, Tetapi Jernih menarik Demi diketahui . . . ,

Tetapi Konklusi liputanindo adalah performa kombinasi pembalap-Motor dari Asia talent cup pacennya walaupun boleh dibilang kenceng banget Tetapi umumnnya Tetap di Dasar Moto3. Walaupun begitu, Jernih Menyantap pace dan kedekatan riding style antara ATC dan Moto3, Shell Advance Asia Talent Cup Jernih ini merupakan salah satu ajang yang paling Betul Demi Dapat menapaki jenjang menuju Moto3 . . . dan dengar dengar ini merupakan salah satu Teladan BALAP MURAH yang Dapat diperoleh anak anak asia . . . kenapa Dapat murah? kita sambung di artikel berikutnya  . .  nanti liputanindo hadirkan pula pendapat Dovizioso, CEO Sirkuit Sepang, beberapa helper ATC dan sponsor mengenai opini ‘balap murah ATC’ ini  . .. stay tune bro  . . . oke sekian dulu paparan liputanindo silahkan dikunyah kunyah dan semoga Berfaedah . ..  Selamat Hari Blogger Nasional 

Taufik of BuitenZorg

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan liputanindo melalui

Mungkin Anda Menyukai